Tips Mudah & Simple Untuk Mengecilkan Perut Tanpa Olahraga

Tips Mudah & Simple Untuk Mengecilkan Perut Tanpa Olahraga

Tips Mudah & Simple Untuk Mengecilkan Perut Tanpa Olahraga – Perut buncit atau perut gendut, dikenal dengan nama klinis obesitas abdominal atau obesitas sentral, adalah kumpulan lemak abdominal berlebih yang terdapat di daerah abdomen. Obesitas abdominal berkaitan erat dengan penyakit kardiovaskular. Bagi sebagian orang, memiliki perut buncit dianggap penampilan yang tidak ideal bahkan dapat mengurangi rasa percaya diri. Tak sedikit orang yang ingin mempunyai perut rata atau bahkan memiliki sixpack.

Sayangnya, berbagai faktor seperti gaya hidup kurang sehat, pola makan tidak teratur, terlalu banyak mengonsumsi gula dan junk food membuat perut justru membesar. Alhasil, banyak lemak yang menumpuk pada perut.

Namun, bagi kamu yang ingin memiliki perut impian, jangan khawatir. Ada langkah-langkah sederhana yang dapat membantu untuk menghilangkan lemak di perut meski tanpa berolahraga.

1. Mengontrol porsi makanan
1. Mengontrol porsi makanan

Mengontrol ukuran porsi makanan di piring berarti menjaga asupan makanan tetap terkendali. Seringkali kita cenderung makan berlebihan yang dapat menyebabkan kelebihan kalori dan penambahan berat badan yang tidak perlu.

Caranya adalah dengan menggunakan piring yang lebih kecil. Hal ini dapat membantu kamu makan lebih sedikit dengan membuat porsinya terlihat lebih besar.

Di sisi lain, piring yang lebih besar dapat membuat penyajian terlihat lebih kecil sehingga menyebabkan kamu menambahkan lebih banyak makanan. Kamu dapat memanfaatkan ini untuk keuntungan sendiri dengan menyajikan makanan sehat di piring yang lebih besar dan makanan yang kurang sehat di piring yang lebih kecil.

2. Kunyah makanan dengan perlahan
2. Kunyah makanan perlahan

Jika ingin menjaga perut tetap terkendali, maka jangan makan berlebihan. Setiap kali kamu makan, ingatlah untuk makan dengan perlahan dan mengunyah makanan dengan benar.

Ini membantu memecah makanan lebih efisien dan membuatnya lebih mudah dicerna di perut. Selain itu, pencernaan yang lebih baik memastikan rasa kenyang yang lebih baik untuk jangka waktu yang lebih lama.

Seberapa cepat kamu menyelesaikan makanan juga dapat memengaruhi berat badan. Sebuah tinjauan dari 23 studi observasional melaporkan bahwa orang yang makan lebih cepat akan lebih cenderung menambah berat badan daripada mereka yang makan yang lebih lambat sehingga orang yang makannya cepat cenderung mengalami obesitas.

3. Hindari stres dan tidur yang cukup
3. Hindari stres tidur cukup

Kurang tidur kerap dapat menghambat proses menghilangkan lemak perut. Penelitian menemukan bahwa kualitas tidur yang buruk dapat menyebabkan kenaikan berat badan yang besar dan membuat lebih sulit untuk mengurangi lemak perut.

Terlalu sedikit waktu tidur dapat menyebabkan stres dan juga menyebabkan kortisol melonjak dan juga meningkatkan keinginan untuk makanan berkalori tinggi. Oleh karena itu, penting untuk memastikan bahwa kamu tidur setidaknya 7-8 jam setiap hari dan juga mengelola stres secara efisien.

Hormon-hormon ini berfluktuasi dapat meningkatkan rasa lapar dan keinginan akan makanan yang tidak sehat yang mengarah ke asupan kalori yang lebih tinggi. Terlebih lagi, kurang tidur dan stres kronis dapat meningkatkan risiko beberapa penyakit termasuk diabetes tipe 2 dan obesitas.

4. Perbaiki postur tubuh
4. Perbaiki postur tubuh

Postur tubuh yang baik adalah langkah awal untuk mengecilkan perut tanpa olahraga. Seringkali duduk dengan postur tubuh yang merosot dan membungkuk akan menonjolkan lemak di perut.

Bisa juga menempatkan bantal di punggung untuk membuat ruang di perut agar lemak tidak bertumpuk.

Ketika sedang bekerja atau melakukan bentuk pekerjaan lain, penting untuk tetap memeriksa postur tubuh. Mengikuti postur yang baik akan membantu melatih otot perut dan daerah perut juga.

5. Minum air putih secara teratur
5. Minum air putih secara teratur

Air adalah bagian penting dari proses penurunan berat badan. Memulai hari dengan minum segelas air atau minum segelas air sebelum makan dapat menghidrasi tubuh serta meningkatkan metabolisme tubuh.

Ini pada akhirnya juga akan memuaskan rasa lapar dan membuat kamu kenyang untuk waktu yang lebih lama. Minum air putih dapat membantu kamu makan lebih sedikit dan menurunkan berat badan, terutama jika kamu meminumnya sebelum makan.

Sebuah studi pada orang dewasa menemukan bahwa minum setengah liter air putih sekitar 30 menit sebelum makan mengurangi rasa lapar dan mengurangi asupan kalori. Peserta yang minum air putih sebelum makan kehilangan 44 % lebih banyak berat badan selama periode 12 minggu dibandingkan dengan mereka yang tidak meminumnya.