Timnas Basket Indonesia Mendapatkan Keistimewaan Dari FIBA

Timnas Basket Indonesia Mendapatkan Keistimewaan Dari FIBA

Timnas Basket Indonesia Mendapatkan Keistimewaan Dari FIBA – Sama seperti cabang olahraga lain, bola basket juga memiliki induk organisasi. Induk organisasi bola basket tingkat internasional adalah Federasi Bola Basket Internasional atau FIBA. Bola basket merupakan salah satu cabang olahraga paling populer di dunia. Banyak orang bermain basket, baik sekadar hobi atau menjadi atlet basket profesional. Bola basket mulai dipertandingkan di Olimpiade musim panas pada 1936 untuk kategori pria.

Sementara itu, untuk bola basket wanita mulai masuk Olimpiade pada 1976. Di pentas dunia, kompetisi bola basket yang paling terkenal adalah National Basketball Association (NBA) yang merupakan liga basket profesional di Amerika Utara (Amerika Serikat dan Kanada). Adapun, kompetisi bola basket yang ada di Indonesia saat ini adalah Indonesian Basketball League (IBL).

Timnas Basket Indonesia mendapatkan keistimewaan dari FIBA. Mereka dipastikan akan bertanding di FIBA Asia Cup 2021 tanpa harus ikut play-off yang rencananya dihelat pada 12 hingga 14 Agustus 2021 kelak. Di FIBA Asia Cup 2021 nanti, Indonesia dibebaskan dari idn poker app play-off karena berstatus sebagai tuan rumah. Hal ini dikonfirmasi langsung oleh Manajer Timnas Basket Indonesia, Fahreza Tamrella.

1. Skuad Indonesia tetap memeras keringat
Daftar Skuat Pemain Timnas Indonesia di IBL 2020

Meski dipastikan tidak ikut play-off, Timnas Basket Indonesia tetap akan memeras keringat sebelum FIBA Asia Cup 2021. Mereka akan menggelar uji coba sebelum play-off mulai. Rencananya, lawan untuk uji coba nanti adalah satu di antara lima negara peserta play-off.

“Diharapkan, Timnas bisa uji tanding dengan negara-negara peserta play-off. Di antara lima negara peserta play-off, mana saja yang memungkinkan untuk hadir di Jakarta lebih dahulu dan ini subjek persetujuan FIBA tentunya,” terang Fahreza.

2. Timnas Basket Indonesia sempat direncanakan ikut play-off
Kevin Bikin Bangga Perbasi Kalsel, Ikut Andil Bawa Indonesia Raih Perak di  SEA Games 2017 - Banjarmasin Post

Sebelumnya, Timnas Basket Indonesia sempat direncanakan ikut play-off karena posisinya di kualifikasi. Di babak tersebut, Indonesia finis di posisi ketiga Grup A.

Sesuai aturan FIBA, ada empat tiket sisa putaran final yang diperebutkan oleh peringkat ketiga dari masing-masing grup. Di play-off, Indonesia rencananya masuk dalam Grup A bersama Guam dan Taiwan.

3. Perbasi minta skuad Timnas tetap fokus
Timnas Basket Indonesia Dipastikan Terjun di FIBA Asia Cup 2021

Sekjen Perbasi, Nirmala Dewi, meminta para penggawa Timnas untuk tetap fokus kendati tidak ikut play-off. Skuad Indonesia tetap akan mendapat kesempatan menambah jam terbang dengan uji coba melawan tim yang sepadan.

“Jadi tetap semangat, berlatih dengan giat demi bawa bangga Indonesia. Kami yakin Timnas Indonesia bisa memberikan yang terbaik di FIBA Asia Cup 2021 nanti,” tutur Nirmala.

Menatap FIBA Asia Cup 2021, skuad Timnas Basket Indonesia sedang mengadakan pemusatan di Breeze, BSD Serpong, Tangerang Selatan. Terbaru, ada pemain yang dipanggil untuk ikut pemusatan latihan. Dia adalah Sandy Ibrahim.

FIBA, akronim dari Federation Internationale de Basketball dalam bahasa Perancis, merupakan asosiasi yang mengatur olahraga bola basket di seluruh dunia. Mengutip laman resmi FIBA, asosiasi ini didirikan di Jenewa, Swiss, pada 18 Juni 1932. FIBA didirikan dua tahun setelah olahraga bola basket resmi diakui oleh Komite Olimpiade Internasional (IOC). Nama asli asosiasi tersebut adalah Federation Internationale de Basketball Amateur. Delapan negara pendiri FIBA adalah Argentina, Cekoslowakia, Yunani, Italia, Latvia, Portugal, Romania, dan Swiss.