PBSI Menarik Skuad Garuda Dari Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis

PBSI Menarik Skuad Garuda Dari Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis

PBSI Menarik Skuad Garuda Dari Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis – Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) memastikan tim bulu tangkis Indonesia tidak akan berpartisipasi pada Kejuaraan Dunia 2021 di Huelva, Spanyol. PBSI sejatinya akan memberangkatkan 13 atlet pelatnas pada turnamen yang akan berlangsung pada 12-19 Desember 2021.

Keputusan ini tentu mengagetkan banyak pihak. Keputusan Pengurus Besar Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia menarik keikutsertaan skuad Garuda dari Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2021 membuat geger. Bahkan, warganet sampai berkomentar terkait keputusan PBSI.

Banyak yang menyayangkan keputusan PBSI buat menarik diri dari Kejuaraan Dunia. Mereka bingung, dengan alasan ingin melindungi para atlet karena varian omicron yang mengancam, padahal baru saja menggelar Indonesia Badminton Festival dengan aman.

1. Suara riuh dari warganet
Warganet Sedih Indonesia Mundur dari Kejuaraan Dunia BWF

Topik mengenai PBSI jadi sempat trending di Twitter. Emosi warganet tampak tak bisa dipendam usai keputusan PBSI menarik Indonesia dari Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2021. Beberapa menyayangkan alasan PBSI untuk mundur. Tap, lainnya tetap mendukung para atlet Indonesia. Sebagian membahas bagaimana Greysia Polii berpotensi pensiun tanpa sempat menikmati turnamen Kejuaraan Dunia terakhirnya.

2. Bintang Denmark kecewa Indonesia mundur
Warganet Sedih Indonesia Mundur dari Kejuaraan Dunia BWF

Dua bintang Denmark angkat bicara soal keputusan skuad Indonesia mundur dari Kejuaraan Dunia. Anders Antonsen dalam akun Instagramnya, @anders_antonsen, menyebut kabar mundurnya wakil Indonesia sebagai berita menyedihkan.

Hans Kristian Solberg Vittinghus juga mengutarakan hal serupa. “Wow ini berita menyedihkan! Tidak ada Indonesia di Kejuaraan Dunia,” ujar Vittinghus.

3. Indonesia resmi mundur dari Kejuaraan Dunia
Warganet Sedih Indonesia Mundur dari Kejuaraan Dunia BWF

Tim bulu tangkis Indonesia dipastikan mundur dari ajang Kejuaraan Dunia 2021, yang akan berlangsung di Huelva, Spanyol pada 12 hingga 19 Desember 2021. Keputusan ini diambil oleh Ketua Umum PP PBSI Agung Firman Sampurna.

Keselamatan para atlet, pelatih, dan ofisial, menjadi perhatian utama PBSI dalam mengambil keputusan ini. Penyebaran COVID-19 varian Omicron yang tidak menentu menjadi alasan utamanya.

“Penyebaran varian Omicron yang cepat sehingga perubahan protokol kesehatan tidak menentu membuat kami memutuskan untuk mundur dari Kejuaraan Dunia 2021,” kata Rionny Mainaky, Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI dalam keterangan tertulis

Setelah menorehkan tinta emas pada Olimpiade Tokyo 2020 dan Thomas Cup 2020, wakil tanah air diharapkan bisa kembali berprestasi pada Kejuaraan Dunia. Para pemain pun masih menyinggung rencana tampil pada Kejuaraan Dunia 2021 di sela-sela BWF World Tour Finals pada pekan lalu. Kabid Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI, Rionny Mainaky, menyebut keputusan mundur dari Kejuaraan Dunia 2021 telah mendapatkan persetujuan atlet.