Olahraga yang Bisa Dilakukan untuk Tingkatkan Kesejahteraan

Olahraga yang Bisa Dilakukan untuk Tingkatkan Kesejahteraan

Olahraga yang Bisa Dilakukan untuk Tingkatkan KesejahteraanKesejahteraan hidup (well being) adalah sebuah kondisi dimana individu memiliki sikap yang positif terhadap diri sendiri dan orang lain, dapat membuat keputusan sendiri dan mengatur tingkah lakunya sendiri, Ya jadi well-being itu berhubungan dengan kondisi baik yang bisa menunjang kehidupan kita ke arah kesejahteraan. 

Dapat menciptakan dan mengatur lingkungan yang kompatibel dengan kebutuhannya, memiliki tujuan hidup dan membuat hidup mereka lebih bermakna, serta berusaha mengeksplorasi dan mengembangkan dirinya. Menurut kamus American Psychological Association (APA), well-being adalah keadaan pada individu yang digambarkan dengan adanya rasa bahagia, kepuasan, tingkat stres yang rendah, sehat secara fisik dan mental, serta kualitas hidup yang baik.

Pantas saja, itu dapat menunjang kesejahteraan seseorang ya Ma. Nah, punya informasi mengenai olahraga yang bisa kamu lakukan di rumah guna meningkatkan kesejahteraan hidup. Simak ya.

1. Olahraga diperlukan tubuh untuk keseimbangan banyak hal di kehidupan
1. Olahraga diperlukan tubuh keseimbangan banyak hal kehidupan

Dalan siaran pers yang digagas produsen susu Grenfields, sejak tahun 1948, 9 September memang diperingati sebagai Hari Olahraga Nasional (Haornas).

Hal ini mengingatkan masyarakat Indonesia tentang manfaat berolahraga untuk menjaga kesehatan.

Olahraga adalah kegiatan yang sangat penting dilakukan, terutama di masa ini di mana setiap orang perlu tetap menjaga kekebalan tubuh mereka, dan olahraga adalah salah satu cara untuk membantu melakukannya.

Riset gabungan susunan beberapa pakar menunjukkan bahwa olahraga menentukan efek biologis dan psikologis yang mempengaruhi otak dan fungsi kognitif serta mendukung kondisi well-being yang baik.

Oh iya Ma, olahraga juga berperan penting dalam melawan penuaan normal dan patologis lho Ma.

“Olahraga secara teratur terbukti dapat meningkatkan suasana hati dan mengurangi stres, kecemasan, dan bahkan kesedihan selama masa-masa sulit ini. Selain itu, olahraga mencegah penambahan berat badan dan dapat meningkatkan kekebalan tubuh yang membantu melawan infeksi, termasuk COVID-19 dan flu,” Allison Casciato, MD Scripps Coastal Medical Center Jefferson di Oceanside, California, AS.

Nah, bagi yang biasa berolahraga di pusat kebugaran atau yang gemar olahraga seperti basket dan sepakbola, mungkin saat ini kamu belum bisa melakukannya secara rutin, mengingat banyak tempat olahraga belum buka dikarenakan situasi pandemi yang masih berlangsung.

Namun hal ini bukan berarti kamu tidak menggerakkan badan untuk tetap bugar. Sebagai pengganti, kamu bisa berolahraga di rumah dan di daerah sekeliling rumah. Tapi ingat, kalau misalnya berolahraga di taman kompleks, jangan lupa untuk tetap menjaga protokol kesehatan ya.

Listikel berikutnya kami punya olahraga yang bisa kamu lakukan di rumah untuk menunjang daya sejahtera yang kamu miliki.

2. Kelas menari online
2. Kelas menari online

Selama masa PPKM, banyak lho Ma pusat kebugaran yang menawarkan kelas menari online. Kamu bisa belajar menari di rumah dengan mengikuti kelas menari seperti Zumba, modern dance, senam, dan balet.

Selain seru tentunya, mengikuti kelas menari juga membantumu menggerakan badan dan membakar kalori, sama seperti berolahraga.

3. Yoga
3. Yoga

Yoga adalah jenis yang memberimu banyak ketenangan, tapi tahukah kamu, bahwa yoga juga bermanfaat untuk membantu memperbaiki postur, keseimbangan, serta koordinasi Ma.

Walaupun gerakannya tidak intens seperti olahraga lainnya, ada tantangan sendiri saat melakukan gerakan-gerakan yoga.

Ada juga gerakan yoga sedernaha untuk pemula kalau sebelumnya kamu belum pernah mencoba yoga.

4. High Intensity Interval Training (HIIT)
4. High Intensity Interval Training (HIIT)

HIIT adalah metode latihan kardio yang bisa dilakukan dalam waktu yang singkat, kurang lebih 10-30 menit dalam satu kali Latihan.

Ini adalah olahraga kardio yang bertujuan untuk memperkuat detak jantung dan memperkuat pernapasan serta membakar kalori yang banyak. HIIT bisa menjadi solusi untuk kamu yang masih work from home (WFH),karena dilakukan dirumah tanpa memerlukan alat-alat olahraga atau ruangan yang luas.