Olahraga Sederhana yang Bisa Dilakukan Bersama Anak di Rumah

Olahraga Sederhana yang Bisa Dilakukan Bersama Anak di Rumah

Olahraga Sederhana yang Bisa Dilakukan Bersama Anak di RumahOlahraga merupakan suatu kegiatan jasmani yang dilakukan untuk memelihara kesehatan dan memperkuat otot – otot tubuh. Olahraga adalah cara alami menjaga kesehatan dan mencegah penyakit.

Selama pandemi, hampir seluruh kegiatan anak dilakukan di rumah. Anak yang awalnya beraktifitas lebih banyak di sekolah atau bermain dengan teman-temannya, kini juga disarankan untuk lebih banyak melakukan aktivitas di rumah saja.

Tentunya dengan tujuan untuk menghindari kerumunan yang sangat berpotensi menjadi sarana penyebaran virus Covid-19. Namun hal ini justru mengurangi aktivitas fisik anak, ia justru menjadi semakin jarang bergerak apalagi berolahraga.

Maka dari itu, Mama perlu memperhatikan kesehatan fisik dan mental anak selama berkegiatan di rumah. Salah satu cara yang dapat Mama lakukan untuk menjaga anak tetap sehat dan bugar selama di rumah adalah berolahraga bersama.

Kira-kira apa saja ya rekomendasi olahraga menyenangkan di rumah bersama anak? Kali ini Daftar Live22 akan membahas olahraga apa saja yang bisa Mama coba bersama anak di rumah, rekomendasi ini berdasarkan informasi dari dr. Irma Lydia sebagai tim kesehatan dari Jovee.

Simak daftarnya di bawah ini yuk!

Manfaat Olahraga Bersama Anak
Manfaat Olahraga Bersama Anak

Selain untuk kesehatan dan kebugaran, ada beberapa manfaat lainnya yang bisa Mama rasakan ketika mengajak anak berolahraga bersama. Salah satunya adalah mempererat hubungan antara orangtua dengan anak.

Terkadang sulit menemukan aktivitas yang sama-sama disukai anak dan orangtua. Oleh karena itu, olahraga bisa jadi pilihan aktivitas yang bisa dilakukan bersama. Selain itu, manfaat kesehatan pun juga dapat dirasakan.

Jika anak mama termasuk sangat sibuk dan aktif, olahraga bersama adalah cara yang tepat untuk menemukan kesamaan dan cara untuk menjalin ikatan, terutama dengan anak laki-laki yang lebih banyak aktivitas di luar.

Berolahraga bersama dengan anak juga dapat menjadi momen bagi Mama untuk mengajarkan anak bahwa olahraga adalah kegiatan yang menyenangkan. Anak dapat menyalurkan energi yang dimiliki dengan bebas sambil menjaga kebugaran tubuh.

Bukan rahasia umum jika anak senang meniru apa yang dilakukan orangtua. Hasil dari sebuah penelitian yang dipublikasikan di International Journal of Behavioral Nutrition and Physical Activity, menyimpulkan bahwa ada hubungan positif antara kebiasaan orangtua, termasuk kebiasaan olahraga, dengan aktivitas fisik anak.

Cara Mengajak Anak untuk Olahraga Bersama
Cara Mengajak Anak Olahraga Bersama

Perlunya pendekatan dan cara olahraga yang berbeda pada setiap tingkatan umur anak. Ketika Mama ingin berolahraga dengan bayi, Mama bisa menjadikan mereka sebagai “barbel” ekstra dalam berolahraga.

Lain halnya ketika berolahraga dengan balita. Memasuki usia balita, si Kecil pasti senang untuk berlarian kesana kemari, memanjat, dan menari. Nah itulah waktu yang pas untuk menyalurkan energinya.

Mama juga bisa melakukan berbagai hal yang diinginkannya sebagai sarana olahraga bersama. Pilih lagu favoritnya dan mulai menari dan bergerak bersama dengan anak. Memasuki usia sekolah, anak akan mulai mengerti apa itu olahraga.

Pada usianya tersebut, adalah waktu tepat untuk menanamkan kebiasaan baik dengan menjadikan olahraga sebagai bagian yang menyenangkan dari aktivitas keluarga.

6 Olahraga yang Dapat Dilakukan Bersama Anak di Rumah

Setelah mengetahui apa saja manfaat dan pendekatan olahraga dengan anak, Mama tidak perlu ragu lagi untuk mengajak anak rutin berolahraga, bukan? Sekarang yuk simak olahraga apa yang bisa dilakukan bersama anak di rumah!

1. Push Up
1. Push Up

Sebagai catatan, sesuaikan jenis olahraga sesuai dengan kemampuan anak. Ketika Mama melakukan push-up dengan posisi jari-jari kaki di lantai, siku ditekuk dengan kaki dan punggung lurus, anak mama juga bisa melakukan hal yang sama, namun sesuai dengan kekuatannya, seperti dengan posisi berbaring tengkurap dan meluruskan tangannya.

2. Sit Up
2. Sit Up

Salah satu olahraga sederhana yang bisa dilakukan Mama bersama dengan anak adalah sit up. Olahraga yang satu ini tidak membutuhkan banyak alat. Cukup duduk berhadapan dengan anak, kemudian atur posisi kaki dilipat ke arah dalam badan, dan mulai angkat badan.

Mama juga bisa meminta bantuan anak untuk memegang kaki Mama selama melakukan sit up.

3. Buat area olahraga di halaman rumah
3. Buat area olahraga halaman rumah

Walaupun di rumah saja, jangan kehabisan ide untuk melakukan olahraga bersama dengan anak. Manfaatkan area-area yang ada di rumah seperti halaman rumah.

Mama dapat membuat beberapa lintasan rintangan dari pot bunga yang bisa melatih ketangkasan dan kecepatan anak dalam bergerak. Mama juga bisa membuat dua rintangan yang sama dan Mama bisa ikut berlomba dengan anak.

4. Zumba for Kids
4. Zumba for Kids

Mama bisa melakukan gerakan zumba bersama dengan anak di rumah. Dengan durasi sekitar dua menit setiap variasi gerakan, Mama bisa menggabungkan beberapa variasi gerakan sesuai dengan kekuatan anak. Sebagai permulaan, Mama dapat melihat referensi video zumba kids yang ada di internet.

5. Yoga
5. Yoga

Arahkan anak untuk melakukan beberapa gaya yoga yang sederhana seperti meregangkan kaki dan tangan atau berputar.

Masih dalam tahap perkembangan membuat anak cenderung lebih lentur dalam melakukan berbagai gaya yoga. Selain itu, jangan lupa berikan semangat dan apresiasi kepada anak ketika ia bersemangat dan berhasil melakukan gerakan yoga.

6. Hip-Hop untuk anak
6. Hip-Hop anak

Jika anak memiliki selera ritme dan suka bermain musik, olahraga hip-hop untuk anak adalah pilihan yang tepat. Bahkan jika anak belum terlalu terkoordinasi, dia masih akan bersenang-senang menari-nari.

Nah itulah beberapa rekomendasi olahraga menyenangkan bersama anak di rumah. Walaupun aktivitas mungkin lebih terbatas, bukan berarti Mama dapat mengabaikan aktivitas fisik anak dan diri sendiri ya! Yuk mulai lakukan aktivitas fisik untuk meningkatkan kesehatan dan kebugaran tubuh!