Olahraga Gym Memang Efektif, Namun Buruk Di Mental?

Olahraga di gym sudah menjadi salah satu yang paling pouler di berbagai kalangan dan dikenal bisa memberikan banyak manfaat. Di Gym, setiap orang dapat melakukan olahraga apa saja secara spesifik.

Mulai dari sekedar olahraga kardio seperti jalan cepat, jogging, sprint , climbing serta latihan pembentukan otot, menunjang program diet dan menaik berat badan. Peneliti di departemen kinesiologi dan nutrisi di University of Illinois, Elizabeth C Schroeder menemukan fakta bahwa anggota gym 14 kali lebih aktif secara fisik dibanding orang yang yang berolahraga di luar ruangan.

Belum lagi berkali lipat lebih tinggi jika dibandingkan dengan orang yang tak aktif berolahraga. Namun nyatanya, seperti yang dikutip dari berbagai sumber ternyata olahraga di gym juga memiliki sifat buruk bagi kesehatan mental seseorang.

Peneliti dari School of Biological Sciences, University of Essex, Colchester, UK membuktikan terlalu sering olahraga di gym tak cukup sehat secara mental.

Hal itu disebabkan terlalu seringnya beraktifitas berat di dalam ruangan dapat menyebabkan timbulnya rasa jenuh.

Rasa jenuh tersebut dapat berdampak buruk bagi kesehatan mental seseorang meskipun dapat membuat badan sangat bugar.

Oleh karena itu, cara menyiasatinya ialah dengan sesekali melakukan olahraga di luar ruangan pada jadwal mingguan latihan di gym.

Olahraga di luar ruangan dapat meningkatkan kadar vitamin D, mengurangi ketegangan dan depresi, dan membuat anda merasa lebih positif tentang kehidupan.

Secara perlahan, menyempatkan berolahraga di luar ruangan pada jadwal latihan gym dapat menyehatkan mental, terutama karena sering melihat ruang terbuka.

Lima menit pertama olahraga di luar ruangan dengan paparan sinar matahari pagi, sangat efektif membuat perasaan lebih baik.

Peneliti menekankan, bersatu dengan alam akan memberikan banyak manfaat untuk kesehatan manusia karena adanya keberagaman alam luar.

Lagipula, selama bertahun-tahun adanya ruang terbuka hijau telah dianggap sebagai hal yang menguntungkan bagi kesehatan manusia.