Nama-nama yang Masuk Nominasi Direktur Olahraga Terbaik 2021

Nama-nama yang Masuk Nominasi Direktur Olahraga Terbaik 2021

Nama-nama yang Masuk Nominasi Direktur Olahraga Terbaik 2021 – irektur olahraga atau direktur sepak bola sejatinya adalah kata yang asing bagi pencinta Premier League. Namun, bagi penggemar klub sepak bola asal Eropa daratan kata itu bukan sesuatu yang baru. Di dalam dunia sepak bola, terdapat beberapa hal yang mungkin tak banyak orang tahu, salah satunya peran direktur olahraga.

Dalam beberapa tahun terakhir, istilah direktur olahraga mulai terdengar di daratan Inggris. Sesuatu yang tidak lazim apabila membahas sepak bola di Negeri Ratu Elizabeth tersebut. Peran direktur olahraga sendiri sangatlah penting di sebuah klub, seperti menjadi perantara pelatih dengan pemilik klub, hingga membantu pelatih mencari pemain yang diinginkan.

Pada 2021 ini, Globe Soccer merilis nama-nama yang masuk nominasi Direktur Olahraga Terbaik 2021. Beberapa nama di antaranya memang membela klub-klub besar.

1. Piero Ausilio (Inter Milan)
5 Nominasi Direktur Olahraga Terbaik 2021 versi Globe Soccer

Pada 2020/2021 lalu, Inter Milan berhasil mematahkan dominasi Juventus di Serie A. Hal tersebut tak lepas dari Piero Ausilio selaku direktur olahraga Inter Milan yang berhasil menyukseskan beberapa transfer penting dalam 2 musim terakhir. Selain itu, dia sendiri merupakan sosok yang sangat loyal terhadap Inter Milan.

Bagaimana tidak, dia sudah bekerja untuk Inter Milan sejak 2014. Baru-baru ini, Piero Ausilio diketahui hampir sepakat untuk memperpanjang kontraknya di Inter Milan hingga 2024 mendatang.

2. Luís Campos (LOSC Lille)
5 Nominasi Direktur Olahraga Terbaik 2021 versi Globe Soccer

Musim lalu, LOSC Lille berhasil memberikan kejutan dengan menjuarai Ligue 1. Hal tersebut tak lepas dari peran Luís Campos selaku direktur olahraga LOSC Lille. Pria asal Portugal itu sudah mengabdi kepada LOSC Lille sejak 2017, setelah menjadi direktur teknik di AS Monaco.

Namanya masuk dalam nominasi Direktur Olahraga Terbaik 2021 versi Globe Soccer untuk pertama kalinya. Prestasinya bersama LOSC Lille selama 2021 membuat namanya sempat dirumorkan menuju Newcastle United beberapa waktu lalu.

3. Roberto Olabe (Real Sociedad)
5 Nominasi Direktur Olahraga Terbaik 2021 versi Globe Soccer

Musim ini, Real Sociedad berhasil memberikan kejutan di LaLiga. Klub tersebut berada di posisi tiga besar klasemen sementara di bawah Real Madrid dan Atletico Madrid. Roberto Olabe diyakini sebagai salah satu sosok penting di balik keberhasilan Real Sociedad sejauh ini.

Olabe menjabat sebagai direktur olahraga Real Sociedad sejak 2018. Dia sendiri merupakan mantan pesepak bola yang memutuskan pensiun di Real Sociedad pada 1999, setelah 4 tahun membela klub tersebut. Pada tahun ini, namanya masuk dalam nominasi Direktur Olahraga Terbaik 2021 versi Globe Soccer.

4. Marc Overmars (Ajax)
5 Nominasi Direktur Olahraga Terbaik 2021 versi Globe Soccer

Ajax tampil meyakinkan di Liga Champions musim ini dengan menjuarai fase grup. Marc Overmars diyakini menjadi salah satu sosok penting, selain Eric ten Hag, atas keberhasilan Ajax tersebut. Marc Overmars juga diketahui menjadi sosok yang sangat loyal di Ajax.

Bagaimana tidak, dia mengabdi kepada Ajax sejak 2011 dengan menjadi pelatih teknis untuk tim U-19. Tahun berikutnya, dia baru ditunjuk menjadi direktur olahraga.

5. Txiki Begiristain (Manchester City)
5 Nominasi Direktur Olahraga Terbaik 2021 versi Globe Soccer

Txiki Begiristain merupakan direktur olahraga Manchester City sejak 2012. Dia merupakan sosok penting yang membuat Manchester City menjelma sebagai klub raksasa Eropa. Dia berhasil membawa Manchester City menjuarai Premier League dan Carabao Cup sekaligus masuk ke final Liga Champions untuk pertama kalinya dalam sejarah.

Pada tahun ini, dia juga menyukseskan transfer Jack Grealish dan Kayky yang diyakini sebagai transfer jangka panjang yang menjanjikan. Tak heran jika dia dipercaya menjadi salah satu kandidat terkuat dalam meraih penghargaan Direktur Olahraga Terbaik 2021 versi Globe Soccer.