Masalah Inflamasi Dapat Diatasi Dengan Jenis Latihan ini Lho

Masalah Inflamasi Dapat Diatasi Dengan Jenis Latihan ini Lho

Masalah Inflamasi Dapat Diatasi Dengan Jenis Latihan ini Lho – Inflamasi atau peradangan adalah respons alami dari sistem imun tubuh terhadap virus, bakteri, jamur, maupun benda asing lain penyebab penyakit, yang datang menyerang. Saat inflamasi terjadi, tubuh akan mengalami berbagai gejala peradangan, seperti nyeri, demam, dan bengkak pada area yang terdampak.

Selain karena paparan zat berbahaya, inflamasi juga bisa dipicu oleh cedera, seperti saat Anda terbentur sesuatu.Pada kasus tertentu, sistem imun juga bisa salah dan menyerang sel-sel yang sehat dan menimbulkan respons inflamasi. Penyakit yang muncul akibat hal ini disebut penyakit autoimun. Pada dasarnya, inflamasi adalah respons alami tubuh untuk membantu tubuh menyembuhkan luka atau melawan serangan benda asing.

Di sisi lain, inflamasi kronis bisa menjadi masalah. Inflamasi kronis sering disebabkan oleh Aplikasi Poker77 pilihan gaya hidup dan merupakan faktor umum dalam banyak penyakit kronis, seperti diabetes, penyakit kardiovaskular, radang sendi, hingga penyakit Alzheimer. Kabar baiknya, olahraga ringan terbukti mampu menurunkan respons inflamasi tubuh. Berikut jenis latihan yang cocok untuk mengatasi masalah inflamasi yang mgkin kamu alami.

1. Jalan-jalan
5 Jenis Latihan yang Ampuh untuk Mengatasi Inflamasi, yuk Coba!

Ketika tubuh mengalami inflamasi, entah itu karena olahraga yang intens atau yang lainnya, jalan-jalan ringan adalah cara terbaik untuk memulihkan diri. Sedikit bersantai dan berjalan-jalan baik dilakukan saat tubuh tidak bisa melakukan olahraga berat.

Jalan kaki adalah cara yang bagus untuk memulihkan otot karena berjalan bisa menurunkan peradangan dengan mengirimkan darah dan oksigen segar ke seluruh tubuh, memompa sistem limfatik untuk membuang limbah, dan dengan lembut memulihkan sistem pencernaan jika terasa tidak enak. Kamu bisa berjalan santai di sekitar rumah atau taman saat cuaca sedang bagus.

2. Mendaki
5 Jenis Latihan yang Ampuh untuk Mengatasi Inflamasi, yuk Coba!

Setingkat lebih tinggi daripada berjalan santai, benamkan dirimu dengan alam dan pergilah mendaki. Temukan jalur yang aman, pergilah bersama teman, dan jalan-jalan santai selama satu jam melintasi bukit atau jalanan lain yang menanjak.

Sama seperti berjalan kaki, mendaki ringan merangsang pemulihan otot dan menghidupkan kembali sistem. Sebagai bonus, mendaki atau menghabiskan waktu untuk berjalan-jalan di jalur yang dikelilingi oleh pepohonan dapat menurunkan respons stres kortisol tubuh yang terkait dengan peradangan.

3. Bersepeda
5 Jenis Latihan yang Ampuh untuk Mengatasi Inflamasi, yuk Coba!

Sepeda merupakan olahraga sederhana yang digemari banyak orang. Kamu juga tidak perlu bersepeda dengan intensitas tinggi untuk melihat manfaatnya. Selain itu, baik kamu ingin bersepeda di luar ataupun memilih sepeda statis, keduanya sama-sama bisa membantu mengurangi peradangan.

Mengendarai sepeda adalah pilihan yang cocok bila kamu punya masalah nyeri sendi dan radang sendi, karena bersepeda merupakan aktivitas fisik berdampak rendah. Ditambah, bersepeda meningkatkan rentang gerak di pinggul dan lutut.

4. Bodyweight exercises
5 Jenis Latihan yang Ampuh untuk Mengatasi Inflamasi, yuk Coba!

Bodyweight ialah latihan yang memanfaatkan berat badan dan merupakan salah satu cara terbaik untuk membangun kekuatan tanpa memberi tekanan tambahan pada persendian. Selain itu, latihan ketahanan ini memperlambat respons peradangan pada orang dewasa yang lebih tua.

Beberapa contoh bodyweight exercise yang baik untuk mengatasi inflamasi adalah squat, push-up, bridges, dan plank. Kamu juga bisa melakukan modifikasi terhadap latihan tersebut agar kamu bisa merasa nyaman. Dalam latihan ini, kuncinya adalah menyesuaikan intensitas relatif dengan kemampuanmu.

5. Yoga
5 Jenis Latihan yang Ampuh untuk Mengatasi Inflamasi, yuk Coba!

Yoga bisa dibilang merupakan meditasi dalam gerakan. Latihan ini melibatkan penggabungan latihan pernapasan dalam dengan gerakan lembut, yang bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah, mengurangi kecemasan, dan bahkan memperbaiki gejala depresi.

Yoga bisa dilakukan di mana saja. Jika kamu menikmati interaksi dengan banyak orang, kamu bisa bergabung dalam komunitas kelas yoga. Jika kamu tidak punya waktu untuk keluar, melakukan yoga di rumah dengan bantuan video tutorial yang banyak sekali pilihannya di YouTube juga sama baiknya. Namun, untuk memulai latihan yoga, sebaiknya pilihlah aliran yoga yang lembut. Selain melalui semua latihan di atas, diet sehat, pijat, dan mandi air hangat juga bisa sangat bermanfaat untuk meringankan inflamasi.

Menurut jurnal ilmiah tentang inflamasi, saat “diserang” oleh bakteri, virus, jamur, atau benda asing, maka secara alami, tubuh akan melakukan respons perlindungan untuk menghindarkan kita dari penyakit.Untuk memberikan perlindungan tersebut, ada banyak zat yang berperan, termasuk hormon histamin dan bradikinin.

Zat-zat yang terlibat itu dinamakan sebagai mediator inflamasi.Zat tersebut lah yang memicu pelebaran pembuluh darah saat peradangan terjadi. Akibatnya, area tubuh yang terkena biasanya warnanya akan berubah menjadi kemerahan dan terasa panas.Aliran darah tadi, datang membawa “pasukan” yang berisi sel-sel imun.