Lima Direktur Olahraga Sepakbola yang Pandai Bernegoisasi

Lima Direktur Olahraga Sepakbola yang Pandai Bernegoisasi

Lima Direktur Olahraga Sepakbola yang Pandai Bernegoisasi – Direktur olahraga atau direktur sepak bola sejatinya adalah kata yang asing bagi pencinta Premier League. Namun, bagi penggemar klub sepak bola asal Eropa daratan kata itu bukan sesuatu yang baru. Direktur olahraga memiliki peran yang sangat penting bagi sebuah klub.

Dalam beberapa tahun terakhir, istilah direktur olahraga mulai terdengar di daratan Inggris. Sesuatu yang tidak lazim apabila membahas sepak bola di Negeri Ratu Elizabeth tersebut. Lantas, apa sih, sebenarnya tugas seorang direktur olahraga? Tugasnya mengawasi seluruh aktivitas yang dilakukan klub selain dari melatih. Direktur olahraga juga menjembatani komunikasi antara pelatih dengan pemilik klub.

Perkembangan sebuah klub sangat bergantung pada kinerja direktur olahraga. Kinerja yang baik sering kali berujung prestasi bagi sebuah klub. Banyak klub besar di Eropa berlomba-lomba untuk merekrut direktur olahraga terbaik. Berikut 5 direktur olahraga sepakbola terbaik di Eropa.

1. Ralf Rangnick
5 Direktur Olahraga Klub Sepak Bola Terbaik di Eropa, Jago Negosiasi!

Ralf Rangnick merupakan salah satu direktur olahraga terbaik di Eropa. Ia menjadi sosok penting di balik terus menanjaknya performa RB Leipzig. Kinerjanya membuat RB Lepizig menjadi salah satu klub terbaik di Bundesliga.

Ralf Rangnick memiliki kemampuan untuk melihat potensi dari pelatih dan pemain. Berkat dirinya RB Leipzig pernah memiliki pemain bertalenta seperti Sadio Mane, Timo Werner, dan Dayot Upamecano. Julian Nagelsmann juga pernah melatih RB Leipzig karena dipilih oleh Ralf Rangnick.

2. Michael Zorc 
5 Direktur Olahraga Klub Sepak Bola Terbaik di Eropa, Jago Negosiasi!

Masih dari Bundesliga, ada nama Michael Zorc. Kinerjanya di Borussia Dortmund tidak dapat diremehkan. Michael Zorc berhasil mendatangkan sejumlah pemain muda bertalenta.

Ada nama Ousmane Dembele, Jadon Sancho, dan Erling Braut Haaland. Berkat kemampuan Michael Zorc, Borrusia Dormund sukses menjadi klub yang banyak mencetak pemain muda sebagai calon bintang di masa depan.

3. Michael Edwards 
5 Direktur Olahraga Klub Sepak Bola Terbaik di Eropa, Jago Negosiasi!

Selanjutnya ada Michael Edwards di Liverpool. Michael Edwards berperan penting dalam kebangkitan Liverpool. Berkatnya, Liverpool sukses mendatangkan banyak pemain hebat.

Michael Edwards berhasil memboyong Fabinho, Sadio Mane, dan Mohamed Salah ke Anfield. Transfer tersebut sangat sukses dan membuat Liverpool kembali berjaya.

4. Luis Campos
5 Direktur Olahraga Klub Sepak Bola Terbaik di Eropa, Jago Negosiasi!

Luis Campos sukses di Prancis. Keberhasilan Lille menjuarai Ligue 1 musim lalu tidak lain karena kinerja yang baik dari Luis Campos. Dirinya sukses mendatangkan sejumlah pemain yang menjadi kunci bagi Lille.

Bersama Lille, Luis Campos mendatangkan Sven Botman, Boubakary Soumare, Jonathan David, dan Renato Sanches. Para pemain tersebut menjadi kunci kesuksesan Lille menjuarai Ligue 1 musim lalu.

5. Marina Granovskaia
5 Direktur Olahraga Klub Sepak Bola Terbaik di Eropa, Jago Negosiasi!

Terakhir ada Marina Granovskaia yang sukses bersama Chelsea. Marina Granovskaia merupakan sosok yang sangat penting bagi Chelsea. Kemampuannya dalam bernegoisasi membuatnya berhasil mendatangkan sejumlah pemain bintang.

Kemampuan Marina Granovskaia dalam memanfaatkan kekayaan yang dimiliki Chelsea patut dipuji. Berkatnya Chelsea sukses mendatangkan Thiago Silva, Kai Havertz, dan Romelu Lukaku.

Kesuksesan sebuah klub tidak lepas dari peran direktur olahraga. Keberhasilan direktur olahraga dalam mendatangkan pemain yang tepat menjadi salah satu kunci bagi prestasi sebuah klub.