Lima Aktivitas Olahraga yang Aman untuk Penderita Asma

Lima Aktivitas Olahraga yang Aman untuk Penderita Asma

Lima Aktivitas Olahraga yang Aman untuk Penderita Asma – Asma adalah salah satu jenis penyakit yang ditandai dengan penyempitan dan peradangan saluran pernapasan yang mengakibatkan sesak (sulit bernapas). Memiliki riwayat penyakit asma bukan berarti tidak bisa melakukan aktivitas fisik seperti olahraga. Meski tidak bisa disembuhkan, asma masih dikendalikan dengan pola hidup yang sehat dan seimbang.

Selain membuat pengidapnya sulit bernapas, asma juga bisa menimbulkan gejala lainnya seperti mengi, batuk-batuk, dan nyeri dada. Oleh sebab itu, penderita asma memiliki kualifikasi khusus dalam memilih gerakan olahraga. Hal tersebut, agar menghindari penderita asma dari risiko serangan gangguan pernapasan ataupun gejala yang memicu terjadinya kambuh.

Saluran pernapasan pada pengidap asma lebih sensitif dibandingkan dengan orang lain tanpa asma. Pada dasarnya, Dirangkum dari cara download idn poker di iphone olahraga memberikan dampak yang baik bagi tubuh, diantaranya mengembalikan kekebalan tubuh, membantu menurunkan berat badan sampai mengelola stress.

1. Yoga
5 Olahraga yang Aman untuk Penderita Asma

Yoga berarti “penyatuan”, yang bermakna “penyatuan dengan alam” atau “penyatuan dengan Sang Pencipta”. Yoga merupakan salah satu dari enam ajaran dalam filsafat Hindu, yang menitikberatkan pada aktivitas meditasi atau tapa di mana seseorang memusatkan seluruh pikiran untuk mengontrol panca indranya dan tubuhnya secara keseluruhan.

Sesuai dengan tujuan utamanya. Olahraga yoga mampu melatih pernapasan yang lebih baik bagi penderita asma. Tak hanya itu, beberapa gerakan seperti savasana yakni pose relaksasi terbaik untuk bernapas. Sukasana adalah pose yang berfokus pada pernapasan dengan menyilangkan kedua kaki. Ada juga Sethu Bandhasana yaitu gerakan mengangkat pinggul ke atas untuk membuka paru-paru serta menciptakan ruang untuk pasokan oksigen.

2. Jalan Kaki
5 Olahraga yang Aman untuk Penderita Asma

Berjalan adalah salah satu cara berpindah tempat yang dilakukan oleh hewan darat yang berkaki. Berjalan biasanya lebih lambat dibandingkan berlari dan gaya jalan lainnya.

Olahraga yang satu ini hanya butuh satu hal yakni niat. Penderita asma disarankan untuk melakukan jalan kaki sekiranya tiga kali dalam seminggu. Dengan durasi 20-45 menit. Namun, buat para pemula, cukup berjalan kaki selama 10 menit saja kok.

3. Tenis meja
5 Olahraga yang Aman untuk Penderita Asma

Tenis meja, atau ping pong, adalah suatu olahraga raket yang dimainkan oleh dua orang (untuk tunggal) atau dua pasangan (untuk ganda) yang berlawanan. Di Republik Rakyat Tiongkok, nama resmi olahraga ini ialah “bola ping pong”

Permainan tenis meja juga direkomendasikan untuk penderita asma. Karena gerakan tenis meja memberikan waktu yang cukup bagi penderita asma untuk mengatur nafasnya. Permainan ini juga terbilang aman, karena dimainkan lebih dari satu orang. Sehingga bila terjadi sesuatu yang buruk bisa langsung tertangani.

4. Bersepeda
5 Olahraga yang Aman untuk Penderita Asma

Bersepeda adalah sebuah kegiatan rekreasi atau olahraga, serta merupakan salah satu moda transportasi darat yang menggunakan sepeda. Sepeda pertama kali diperkenalkan pada abad ke-19 Masehi.

Penderita asma tak boleh melewatkan tren serunya bermain sepeda. Kamu bisa memilih berkeliling sepeda di jalanan datar atau menggunakan sepeda statis. Kayuhan kaki akan berkoordinasi pada nafas sehingga mendapatkan irama nafas yang ideal.

5. Renang
5 Olahraga yang Aman untuk Penderita Asma

Berenang adalah gerakan sewaktu bergerak di air. Berenang biasanya dilakukan tanpa perlengkapan buatan. Kegiatan ini dapat dimanfaatkan untuk rekreasi dan olahraga.

Renang menjadi salah satu pilihan olahraga ideal bagi penderita asma. Pasalnya, saat berenang paru-paru terbuka dan mendapatkan oksigen lebih banyak dari biasanya. Hal ini membuat penderita asma merasakan nafas yang lebih hangat.