Kejuaraan Bulutangkis Beregu Putra & Putri Eropa 2022 Batal

Kejuaraan Bulutangkis Beregu Putra & Putri Eropa 2022 Batal

Kejuaraan Bulutangkis Beregu Putra & Putri Eropa 2022 Batal

Kejuaraan Bulutangkis Beregu Putra & Putri Eropa 2022 Batal – Bulu tangkis  adalah suatu olahraga yang menggunakan alat yang berbentuk bulat dengan memiliki rongga-rongga di bagian pemukulnya. Dan memiliki gagang. Alat ini dikenal dengan nama raket yang dimainkan oleh dua orang (untuk tunggal) atau dua pasangan (untuk ganda) yang saling berlawanan.

Kejuaraan Bulu Tangkis Beregu Eropa Putra dan Putri 2022 yang rencananya digelar di Lahti, Finlandia, pada 15-20 Februari 2022, dibatalkan karena jumlah kasus Omicron yang semakin meningkat. Finlandia sebelumnya telah menggelar secara aman dua Kejuaraan Eropa tahun lalu, termasuk Piala Sudirman, meski masih dalam situasi pandemi Covid-19.

Namun situasi Covid-19 di Eropa saat ini terus mengganas terutama sejak munculnya varian Omicron. Akibatnya, Badminton Europe dan Badminton Finlandia tidak mau mengambil risiko terus menggelar turnamen, apalagi Kejuaraan Beregu Putra dan Putri merupakan ajang yang lebih besar dalam jumlah peserta, ofisial, dan relawan.

Kesehatan semua pihak jadi prioritas
Kejuaraan Bulu Tangkis Beregu Eropa Batal Gegara Omicron

Badminton Eropa mengatakan, Finlandia selama ini telah menjamu dua kejuaraan Eropa dengan aman dan sukses selama masa pandemik COVID-19. Namun, kejuaraan beregu putra dan putri disebut terbilang lebih besar dari kejuaraan yang sebelumnya bergulir.

Banyaknya jumlah orang yang diperlukan untuk berpartisipasi dalam kejuaraan ini, dengan kondisi izin khusus memasuki Finlandia di tengah pandemik COVID-19 yang kembali meningkat, membuat penyelenggaraan ajang ini jadi makin sulit. Kesehatan dan keselamatan seluruh pihak jadi prioritas Badminton Eropa.

Kejuaraan Eropa 2022 jadi sorotan Badminton Eropa
Kejuaraan Bulu Tangkis Beregu Eropa Batal Gegara Omicron

Situasi COVID-19 di Eropa semakin memburuk sejak adanya varian Omicron. Badminton Eropa menyoroti soal ajang Kejuaraan Eropa 2022 yang akan berlangsung di Vantaa, Finlandia.

Kejuaraan Eropa 2022 rencananya berlangsung pada 25-30 April 2022. Diharapkan kondisi COVID-19 sudah menjadi lebih baik di waktu tersebut, sehingga ajang besar Eropa ini tak perlu ikut dibatalkan.

Musim 2022 dibuka dengan turnamen di India
Kejuaraan Bulu Tangkis Beregu Eropa Batal Gegara Omicron

Membuka musim 2022, Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) akan menggelar dua ajang pertamanya di India. BWF Super 500 India Open 2022 akan berlangsung di New Delhi pada 11-16 Januari 2022. Sepekan setelahnya, turnamen akan dilanjutkan dengan ajang BWF Super 300 Syed Modi India International 2022 di Lucknow pada 18-23 Januari 2022.

Tingginya angka COVID-19 di India masih menjadi ancaman gelaran ini akan dibatalkan. Hingga saat ini, kedua turnamen masih belum dicoret dari agenda resmi BWF. Finlandia ditetapkan sebagai tuan rumah Kejuaraan Bulu Tangkis Beregu Eropa Putra dan Putri 2022 seperti tertuang dalam kesepakatan bersama bahwa Kejuaraan Eropa 2022 akan dimainkan pada pekan ke-17 tahun ini.

Dengan pembatalan karena Omicron ini maka kepastian tuan rumah Kejuaraan Eropa 2022 yang dijadwalkan pada April di Vantaa, Finlandia, perlu dilakukan negosiasi ulang. Meski dalam situasi pandemi covid-19, Finlandia sejatinya sempat menggelar secara aman dua Kejuaraan Eropa pada tahun lalu, termasuk Piala Sudirman. Namun, situasi covid-19 di Eropa saat ini kian mengganas, khususnya sejak muncul varian Omicron.

Badminton Europe dan Badminton Finlandia tidak mau mengambil risiko untuk tetap menggelar turnamen dengan situasi tersebut. Apalagi Kejuaraan Beregu Putra dan Putri merupakan ajang yang lebih besar dalam jumlah peserta, ofisial, dan relawan.