Jenis Olahraga yang Bisa Dilakukan Setelah Operasi Caesar

Jenis Olahraga yang Bisa Dilakukan Setelah Operasi Caesar

Jenis Olahraga yang Bisa Dilakukan Setelah Operasi Caesar – Operasi caesar, juga dikenal sebagai operasi caesar, atau operasi caesar, adalah prosedur pembedahan dimana satu atau lebih bayi dilahirkan melalui sayatan di perut ibu, Mama yang melahirkan melalui operasi caesar biasanya membutuhkan waktu lebih lama untuk pulih sepenuhnya dibandingkan dengan ibu yang melahirkan secara normal.

Alasan untuk operasi termasuk persalinan macet, kehamilan kembar, tekanan darah tinggi pada ibu, kelahiran sungsang, dan masalah dengan plasenta atau tali pusat. Lamanya proses pemulihan untuk setiap Mama memang berbeda-beda. Namun pada umumnya Mama membutuhkan istirahat selama 6-8 minggu hingga jahitan akhirnya sembuh dan siap melanjutkan aktivitas, termasuk berolahraga.

Tentunya sebelum berolahraga, Mama harus berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter ya. Jika memang sudah disetujui oleh dokter, Mama bisa memulai kembali olahraga, meski begitu jenis olahraga yang bisa dilakukan usai operasi caesar sebaiknya tidak terlalu berat. Berikut jenis olahraga yang bisa dilakukan setelah operasi caesar. Disimak ya!

1. Peregangan untuk mengembalikan kelenturan
1. Peregangan mengembalikan kelenturan

Untuk menghilangkan stres dan mengembalikan kelenturan, Mama bisa mencoba senam peregangan kurang dari sepuluh kali sehari. Setiap setengah jam, tarik napas dalam 2-3 kali. Setelah itu, duduk tegak dan putar bahu ke depan dan ke belakang sebanyak 20 kali.

Hal ini bisa dilakukan setiap jam untuk meregangkan persendian dan membuat badan terasa lebih rileks, Mama juga bisa berdiri bersandar di dinding untuk sedikit peregangan.

Regangkan dan perlahan angkat tangan mama ke atas sampai merasakan otot perut ditarik. Tahan selama lima detik, kemudian lemaskan dan ulangi 5-10 kali untuk meningkatkan kelenturan di sekitar area bekas jahitan.

2. Pernapasan perut untuk merelaksasi tubuh
2. Pernapasan perut merelaksasi tubuh

Latihan ini bisa dilakukan di tempat tidur atau di depan TV lho, Ma. Triknya adalah dengan berbaring di sofa atau tempat tidur. Lemaskan tubuh dan letakkan tangan mama di perut. Tarik napas melalui hidung dan rasakan perut mengembang dengan tangan mama.

Buang napas melalui mulut untuk mengempiskan perut. Tahan selama 3 detik. Ulangi tindakan di atas 5-10 kali dalam waktu 3 kali sehari. Latihan ini ringan lho Ma, dan bagus untuk relaksasi, serta dapat membantu melatih otot perut.

3. Senam kegel sambil duduk untuk mengencangkan dasar panggul
3. Senam kegel sambil duduk mengencangkan dasar panggul

Senam kegel merupakan senam untuk mengaktifkan dan mengencangkan dasar panggul, dan juga dapat membantu Mama mengontrol urin setelah melahirkan. Mama bisa duduk di tepi kursi dengan kaki yang menapak di lantai, lalu kencangkan otot di bagian bawah panggul seolah ingin menahan buang air kecil.

Tahan selama mungkin, mulai dari 5 detik, lalu secara bertahap durasinya bisa ditingkatkan menjadi 10 detik. Tarik napas dalam-dalam. Mama bisa mencoba latihan ini sambil berdiri atau berbaring miring. Ulangi 8-12 kali, jeda selama 2 menit.

4. Peregangan kaki untuk melatih otot perut
4. Peregangan kaki melatih otot perut

Mama bisa berbaring telentang dengan lutut ditekuk dan telapak kaki yang menyentuh tanah. Gunakan handuk atau kaus kaki agar kaki mama lebih mudah bergerak di lantai atau tempat tidur. Tarik napas, lalu buang napas. Saat Mama menghembuskan napas, tarik napas dan kencangkan perut mama, tetapi jaga punggung tetap lurus.

Lalu, tarik kaki menjauh dari tubuh secara perlahan hingga benar-benar terpisah. Kemudian kembali ke posisi awal. Ulangi 10 kali secara bergantian di setiap kaki. Mama bisa berlatih sekali sehari. Latihan ini membantu melatih otot perut dan disarankan hanya dilakukan ketika nyeri akibat operasi sudah pulih.

5. Squat dinding untuk melatih otot paha dan punggung bawah
5. Squat dinding melatih otot paha punggung bawah

Untuk yang satu ini Mama diharuskan untuk berdiri ebih dekat ke dinding. Tekuk lutut dan perlahan sandarkan punggung ke dinding sehingga tubuh mama dalam postur seperti duduk di dinding. Pastikan lutut dan paha memiliki sudut 90 derajat.

Tarik napas dalam-dalam, lalu sandarkan perut ke dinding saat Mama mengeluarkan napas. Dalam posisi ini, Mama juga bisa melakukan senam kegel. Tahan selama satu menit dan ulangi lima kali. Jenis senam ini bagus untuk melatih berbagai otot tubuh, seperti otot dasar panggul, paha, betis, dan punggung bawah lho, Ma.