Jenis Olahraga Ini yang Sebaiknya Dihindari saat Malam Hari

Jenis Olahraga Ini yang Sebaiknya Dihindari saat Malam Hari

Jenis Olahraga Ini yang Sebaiknya Dihindari saat Malam HariOlahraga adalah aktivitas untuk melatih tubuh/jasmani seseorang, maupun mental (misalkan catur). Olahraga dapat dilakukan secara individual maupun beregu.

Beberapa orang memilih untuk berolahraga juga di malam hari, termasuk menjelang tidur. punya jenis olahraga yang sebaiknya tidak dilakukan saat malam.

Mungkin kamu beranggapan, dengan lelah berolahraga sebelum tidur, maka bisa memudahkan proses tidur dan lelap. Padahal, ini bisa mengganggu jam tidur dan juga membuat tubuh bingung.

Daripada salah, yuk ketahui Club388 Indonesia olahraga apa saja yang sebaiknya dihindari saat malam, dan apa yang baik dilakukan.

Penasaran?

1. Hindari kardio di malam hari
1. Hindari kardio malam hari

Seorang psikolog klinis dan ahli tidur bersertifikat, Michael Breus mengatakan, latihan kardio bisa membantu tidur asal dilakukan di waktu yang tepat.

Kardio sangat baik dilakukan setidaknya 4 jam sebelum waktu tidur kamu. Saat melakukan di waktu yang tepat, tubuh akan mengeluarkan hormon melatonin yang diproduksi di otak.

Hormon ini membantu kamu tidur lebih cepat dan nyenyak. Namun jika dilakukan dekat dengan waktu tidur, maka malah bisa membuatmu sulit tidur meski tubuh sudah lelah.

2. Olahraga intensitas tinggi
2. Olahraga intensitas tinggi

Ada kalanya kamu memang ingin olahraga saja sebelum tidur. Alhasil, menengok video olahraga HIIT dan mengikutinya.

Menurut pelatih fitness profesional di California, AS,  Keith Hodges, olahraga intensitas tinggi malah membuatmu makin terjaga. Bayangkan jika dilakukan sesaat sebelum tidur? Wah, bahaya, nih!

Endorfin yang terbentuk saat latihan membuat otak melepaskan perasaan semangat dan keinginan untuk lebih aktif setelah melakukan olahraganya.

Hal ini tentu bisa menghilangkan keinginan tidurmu. Padahal, malam semakin larut saja.

3. Hindari juga melakukan burpee
3. Hindari juga melakukan burpee

Olahraga dengan gerakan burpee bisa membantu tubuh kamu lebih peka terhadap sekitar. Sehingga, jika kamu butuh terjaga di malam hari, baiknya melakukan gerakan-gerakan burpee.

Kamu bisa melakukan squat, menendang, dan sejenisnya, untuk menghidupkan kembali sensor-sensor di tubuh.

Nah, baiknya kamu menghindari olahraga jenis ini jika memang ingin tidur cepat. Jika tidak, maka tubuhmu akan selalu ingin bergerak dan lebih bersemangat.

4. Lebih baik lakukan olahraga angkat beban
4. Lebih baik lakukan olahraga angkat beban

Jika ingin tetap berolahraga pada malam hari sebelum tidur, pilihlah yang fokus pada kekuatan. Seperti contoh, angkat beban atau menggunakan barbel.

Saat melakukan olahraga angkat beban, saraf pusat akan tepicu untuk membuat tubuh lelah namun tidak bersemangat berlebihan. Kemudian, tubuh akan lebih cepat tenang dan rileks.

Dengan begitu kamu bisa lebih mudah tidur nyenyak.

5. Tutup hari dengan yoga
5. Tutup hari yoga

Satu lagi pilihan yang bisa dicoba untuk olahraga sebelum tidur adalah yoga.

Olahraga yang satu ini bisa membantu meningkatkan pikiran agar lebih fokus dan menenangkan tubuh. Pilih gerakan seperti child’s pose yang bisa membantu tidur kamu lebih nyenyak dan lama.

Itu dia beberapa olahraga yang sebaiknya dihindari sebelum tidur beserta alternatif yang lebih bermanfaat dilakukan. Selamat mencoba!