Inilah Tips & Trik Berarung Jeram Bagi Pecinta Tantangan

Inilah Tips & Trik Berarung Jeram Bagi Pecinta Tantangan

Inilah Tips & Trik Berarung Jeram Bagi Pecinta Tantangan – Arung jeram  merupakan kegiatan mengarungi jeram-jeram sungai yang sangat menantang. Rafting memiliki sejarah yang cukup panjang sejak abad ke-19 yang di pelopori John Macgregor seorang pramuka asal Paman Sam (amerika) yang waktu itu memimpin sebuah ekspedisi di sungai Colorado.

Perkembangan seiring waktu membawa olahraga arungj jeram ke Indonesia  dan berkembang sampai saat ini. Arung jeram atau rafting merupakan salah satu olahraga yang paling digemari banyak orang. Seru dan menyenangkan adalah kata yang bisa menggambarkannya.

Dulu, olahraga ini terbilang ekstrem, karena dilakukan di Download Live22 APK arus sungai yang deras. Tetapi, tidak dengan sekarang. Para pemula pun bisa melakukannya dengan baik, asal persiapannya dilakukan sebaik-baiknya.

1. Saat merencanakan arung jeram
Tips dan Trik Berarung Jeram, Olahraga Ekstrem yang Seru Banget

Ketika merencanakan arung jeram, ada beberapa hal yang harus kamu ketahui terlebih dulu. Berikut di antaranya:

  1. Persiapkan fisik dengan baik. Meski menyenangkan, rafting adalah olahraga yang melelahkan, karena kamu harus mendayung seluruh otot tubuh untuk aktif bergerak. Kamu harus menyiapkan fisik dulu sebelum rafting, minimal tujuh hari sebelumnya. Latihan otot pun juga sangat dianjurkan, seperti pushup, pullup, situp, dan backup.
  2. Ketahui klasifikasi dari sungai yang dijadikan tempat rafting. Sungai diklasifikasikan menjadi enam kelas. Semakin besar kelas, maka risikonya juga makin besar. Kalau kamu baru pertama kali, cobalah dulu sungai di kelas II atau III.
  3. Kenali karakter dari sungai. Biasanya sebagian sungai jadi lebih ekstrem saat musim hujan, karena debit air meningkat. Tetapi, sebagian juga malah hampir jadi tidak berjeram, karena bebatuan tertutup air. Ini pentingnya mengenali karakter sungai, untuk meminimalisir risiko.
2. Persiapan sebelum arung jeram
Tips dan Trik Berarung Jeram, Olahraga Ekstrem yang Seru Banget

Ketika hari-H, ada beberapa persiapan yang bisa kamu lakukan, terutama hal teknis. Untuk itu, berikut beberapa tips sebelum kamu melakukan rafting:

  1. Lakukan pemanasan terlebih dahulu. Lemaskan otot-otot pada bagian leher, bahu, lengan, pergelangan tangan, pinggang, dan paha. Lebih mudah lagi kalau sudah biasa berolahraga.
  2. Kenakan perlengkapan pengaman dengan benar. Pastikan sebelum berada di perahu, semua perlengkapanmu sudah terpasang. Periksa helm dan pelampung, jangan terlalu longgar atau terlalu sesak. Peganglah dayung dengan benar. Kalau belum tahu, tanyalah kepada guide di perahumu.
  3. Dapatkan arahan tentang teknis saat pengarungan. Kalau kamu tidak tahu atau ragu, jangan sungkan bertanya. Berbincanglah dengan guide mengenai keamanan dan teknis ketika sudah berada di sungai, termasuk apa yang harus dilakukan ketika jatuh ke sungai.
3. Ketika pengarungan sungai
Tips dan Trik Berarung Jeram, Olahraga Ekstrem yang Seru Banget

Inilah yang paling krusial. Ketika pengarungan sungai dimulai, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan:

  1. Jadi pendengar yang baik. Kamu harus selalu mendengarkan arahan dan komando dari guide. Hal ini sangat penting. Jika tidak fokus, bisa-bisa perahu kamu terbalik.
  2. Duduklah dengan posisi paling nyaman dan tepat. Duduklah dengan benar dan memegang dayung seerat mungkin. Sesuaikan penempatan tempat duduk berdasarkan berat badan, kedua sisi harus seimbang. Keseimbangan akan mempengaruhi tenaga dalam menjalankan perahu.
  3. Kalau terjatuh, hanyutlah dengan posisi kaki di depan. Jangan panik kalau tiba-tiba perahumu terbalik atau terjatuh. Usahakan naik kembali ke perahu. Kalau gak bisa, mengapunglah dengan posisi kaki di depan. Hal tersebut bertujuan supaya kaki melindungi kepala dan badan jika menabrak bebatuan.

Itu dia beberapa tips seputar arung jeram yang seru dan memacu adrenalin. Olahraga ini setidaknya harus kamu coba sekali dalam seumur hidup. Semoga dengan tips di atas, kamu gak perlu bingung lagi ya.