Inilah Olahraga yang Bisa Membantu Fungsi Pernapasan

Inilah Olahraga yang Bisa Membantu Fungsi Pernapasan

Inilah Olahraga yang Bisa Membantu Fungsi Pernapasan – Sistem pernapasan  atau sistem respirasi adalah sistem biologis yang terdiri dari organ dan struktur-struktur lain yang digunakan untuk pertukaran gas pada hewan dan tumbuhan. Olahraga yang membantu meningkatkan pernapasan adalah yang mampu memgoptimalkan kapasitas paru-paru. Kemampuan ini umumnya akan menurun seiring dengan bertambahnya usia. Usia puncak kemampuan ini biasanya ketika manusia mencapai 20-an tahun.

Anatomi dan fisiologi makhluk hidup yang mewujudkan pertukaran gas ini sangat bervariasi, bergantung pada ukuran tubuhnya, lingkungan tempat hidupnya, dan riwayat evolusinya. Selain usia, kondisi tertentu juga bisa membuat seseorang memiliki kapasitas paru-paru di bawah standar. Penyakit tertentu juga bisa bisa membuat kapasitas dan fungsi paru-paru menurun signifikan. Salah satu tanda yang mungkin muncul adalah kesulitan bernapas dan sesak napas.

Untuk mereka yang mengalami penurunan fungsi paru-paru atau ingin menjaga organ ini tetap optimal, berikut olahraga yang bisa dilakukan:

1. Jalan kaki

8 Manfaat Berjalan Kaki Selama 15 Menit Setiap Harinya!

Pilihan paling mudah untuk olahraga yang membantu meningkatkan pernapasan adalah jalan kaki. Olahraga ini bisa dilakukan di mana saja oleh semua orang, termasuk yang memiliki penyakit paru obstruktif kronik.Jalan kaki juga bagus dijadikan pilihan bagi yang ingin memulai aktivitas olahraga setelah lama tidak melakukannya.

2. Sepeda statis

Sigi Wimala Latihan Sepeda Statis, Berapa Kalori yang Bisa Dibakar? :  Okezone Lifestyle

Pilihan olahraga yang membantu meningkatkan pernapasan lain adalah sepeda statis. Namun pastikan Anda melakukannya sesuai dengan kemampuan dan kondisi tubuh.Jika perlu, konsultasikan dengan instruktur profesional agar tidak terjadi cedera. Jika sudah mahir, lakukan peningkatan intensitas secara bertahap dan hentikan latihan bila muncul sesak napas.

3. Berenang

16 Manfaat Renang, Bentuk Otot hingga Redakan Stres

Olahraga yang juga bagus untuk melatih paru-paru adalah berenang. Kegiatan ini mengajari tubuh menggunakan oksigen dengan lebih efisien. Misalnya, dengan melihat dari penurunan detak jantung dan laju pernapasan saat berolahraga.Olahraga renang juga bagus untuk meningkatkan kekuatan dan kelenturan otot, serta minim risiko cedera.

4. Lompat tali

Aktivitas lompat tali juga dianggap bagus untuk paru-paru karena tergolong latihan kardio. Jika dilakukan dengan teratur, olahraga dapat membuat kinerja paru-paru dan jantung menjadi lebih efisien.

olahraga yang membantu meningkatkan pernapasan berikutnya adalah taichi

Taichi juga termasuk olahraga yang membantu meningkatkan pernapasan

5. Angkat beban

Tidak Normal, Orang ini Sukses Angkat Beban Seberat 500KG! - Semua Halaman  - Bolasport.com

Pilihan lain yang bisa dijadikan sebagai olahraga yang membantu meningkatkan pernapasan adalah angkat beban. Latihan fisik ini merupakan salah satu kegiatan untuk melatih kekuatan otot, yang juga berguna dalam menguatkan otot pernapasan.

6. Pilates

19 Pilates Benefits Backed By Science

Pilates juga bagus untuk menguatkan otot pernapasan. Latihan ini juga bisa membangun kekuatan inti dan memperbaiki postur tubuh. Tak heran jika teratur melakukannya akan bermanfaat bagi sistem pernapasan.

7. Taichi

Qigong vs. Tai Chi: 7 Aspects to Spot the Differences

Salah satu latihan fisik kuno yang berasal dari China ini termasuk olahraga yang membantu meningkatkan pernapasan. Taichi dilakukan dengan gerakan lembut dan mengalir, sehingga tidak mengagetkan sistem napas.Meski termasuk latihan ringan untuk jantung dan paru-paru, gerakan-gerakan taichi juga bisa mengencangkan otot. Luar biasa, bukan?