Inilah Makanan yang Cocok buat Proses Pembentukan Otot

Inilah Makanan yang Cocok buat Proses Pembentukan Otot

Inilah Makanan yang Cocok buat Proses Pembentukan OtotProses pembentukan otot dimulai saat Anda melatih otot untuk melakukan latihan yang baru, semisal latihan beban dengan menggunakan barbel, melakukan rangkaian push-up, atau berlari di atas treadmill. Olahraga adalah dari pola hidup sehat yang sering dijadikan pilihan untuk membentuk tubuh atau body building.

Latihan-latihan tersebut akan membuat otot menjadi stres, membuat “kerusakan” mikro pada sel otot dan juga serat otot. Biasanya, upaya ini dilakukan untuk membentuk atau menambah massa otot agar bentuk tubuh menjadi sesuai yang diinginkan.

Selain olahraga, asupan yang dikonsumsi juga memiliki peran penting agar proses pembentukan massa otot jadi lebih maksimal. Lalu, Dilansir dari cara download idn poker di iphone apa saja makanan yang baik untuk menunjang proses pembentukan otot? Simak daftar beserta ulasannya berikut ini, ya!

1. Telur 
7 Makanan yang Optimalkan Pembentukan Otot, Olahraga Saja Gak Cukup!

Telur adalah salah satu bahan makanan hewani yang dikonsumsi selain daging, ikan dan susu. Umumnya telur yang dikonsumsi berasal dari jenis-jenis burung, seperti ayam, bebek, dan angsa, akan tetapi telur-telur yang lebih kecil seperti telur ikan kadang juga digunakan sebagai campuran dalam hidangan.

Menurut sebuah laporan dalam jurnal Nutrition Today tahun 2009, kandungan leusin atau asam amino esensial yang terdapat pada telur termasuk elemen penting dalam meregulasi sintesis protein pada otot. Dengan demikian, konsumsi telur setelah olahraga merupakan pilihan tepat yang dapat membantu pemulihan dan pembentukan massa otot.

Secara khusus, respons pembentukan otot setelah olahraga pada mereka yang makan telur utuh adalah 40 persen lebih besar daripada partisipan yang mengonsumsi jumlah protein yang setara dari putih telur. Temuan ini dipublikasikan di The American Journal of Clinical Nutrition tahun 2017.

2. Dada ayam 
7 Makanan yang Optimalkan Pembentukan Otot, Olahraga Saja Gak Cukup!

Dada ayam adalah salah satu potongan daging ayam yang paling digemari oleh masyarakat. Melansir Health Line, dada ayam masak tanpa kulit (172 gram) bisa mengandung 54 gram protein.

Dilansir Muscle and Fitness, dada ayam termasuk bagian yang paling tinggi protein, hampir sebanding dengan telur dan daging merah. Bahkan, rasio perbandingan antara dada ayam dengan bagian lainnya mencapai 19:1.

Tak hanya itu, bagian dada ayam juga merupakan bagian yang paling rendah lemak sehingga sehat untuk dikonsumsi lewat pola makan sehari-hari.

3. Salmon 
7 Makanan yang Optimalkan Pembentukan Otot, Olahraga Saja Gak Cukup!

Salmon atau salem adalah jenis ikan dari famili Salmonidae. Ikan lain yang berada dalam satu famili dengan salmon adalah Trout. Perbedaan kedua jenis ikan tersebut antara lain: salmon bermigrasi, sedangkan trout hidup menetap.

Dilansir Healthline, selain omega-3, kandungan lain yang berperan penting dalam proses ini adalah protein. Ikan salmon memiliki kandungan protein yang tinggi dan berkualitas, sehingga baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan dan kestabilan massa otot.

4. Tuna 
7 Makanan yang Optimalkan Pembentukan Otot, Olahraga Saja Gak Cukup!

Apabila kamu merasa harga ikan salmon terlalu mahal, maka kamu bisa menggantinya dengan ikan tuna untuk mendapatkan manfaat serupa. Dengan kadar lemak sehat dan protein yang dimiliki, ikan tuna juga bermanfaat untuk proses pembentukan otot.

5. Kacang-kacangan 
7 Makanan yang Optimalkan Pembentukan Otot, Olahraga Saja Gak Cukup!

Ada banyak jenis kacang-kacangan yang mengandung tinggi protein yang bermanfaat bagi otot, salah satunya adalah almon. Dilansir Men’s Health, selain protein, kacang almon juga mengandung vitamin E berupa antioksidan yang penting untuk melawan radikal bebas, serta mempercepat pemulihan dan pembentukan jaringan otot.

Selain kacang almon, jenis kacang-kacangan lain juga memiliki manfaat serupa, contohnya adalah kedelai, edamame, kacang merah, dan kacang tanah.

6. Tahu 
7 Makanan yang Optimalkan Pembentukan Otot, Olahraga Saja Gak Cukup!

Tahu adalah makanan yang dibuat dari endapan perasan biji kedelai yang mengalami koagulasi. Tahu berasal dari Tiongkok, seperti halnya kecap, tauco, bakpau, dan bakso. Berdasarkan laporan dari NutritionData, dalam setengah cangkir atau 124 gram tahu mengandung hingga 10 gram protein.

Protein pada tahu dan kacang kedelai termasuk yang paling baik yang terdapat pada tanaman. Selain itu, tahu juga mengandung kalsium yang berperan dalam dalam membantu otot dan pembuluh darah untuk berkontraksi dan berkembang, melansir MedlinePlus.

7. Yoghurt
7 Makanan yang Optimalkan Pembentukan Otot, Olahraga Saja Gak Cukup!

Yoghurt juga dieja yoghurt, yogourt atau yoghourt adalah susu yang dibuat melalui fermentasi bakteri. Yoghurt dapat dibuat dari susu apa saja, termasuk sari kacang kedelai. Kandungan karbohidrat dan protein yang tinggi serta sensasi asam yang menyegarkan membuat yoghurt menjadi salah satu pilihan yang tepat untuk dikonsumsi setelah berolahraga.

Itulah jenis-jenis makanan yang dapat membantu menunjang pembentukan massa otot, terutama setelah berolahraga. Jangan lupa untuk tetap menyeimbangkannya dengan mengonsumsi makanan sehat lain, serta konsultasikan ke ahli gizi agar saran yang didapatkan lebih akurat dan sesuai dengan kebutuhan masing-masing.