Inilah Lima Keuntungan Olahraga Bagi Kesehatan Otak

Inilah Lima Keuntungan Olahraga Bagi Kesehatan Otak

Inilah Lima Keuntungan Olahraga Bagi Kesehatan Otak – Olahraga merupakan aktivitas yang memiliki tujuan tertentu, seperti halnya melatih tubuh untuk kesehatan jasmani maupun rohani. Sehingga olahraga yang rutin dapat memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan tubuh. Tak diragukan lagi bahwa berolahraga secara teratur membawa manfaat fisik, seperti membangun otot dan mengurangi kelebihan lemak.

Namun, mungkin tidak banyak yang tahu bahwa berolahraga dapat menjernihkan pikiran dan meningkatkan suasana hati kita. Olahraga juga bisa dilakukan oleh orang dewasa, anak-anak, hingga lanjut usia selagi dia mampu. Olahraga juga telah menjadi bagian hidup dari sebagian masyarakat perkotaan maupun pedesaan.

Semakin banyak penelitian yang telah menyoroti manfaat olahraga pada otak, Dilansir dari Apk IDN Poker777 mulai dari manfaat langsung hingga mencegah berbagai penyakit terkait otak dalam jangka panjang. Berikut adalah beberapa manfaat olahraga untuk kesehatan otak.

1. Mengatasi stres
Bukan Hanya untuk Tubuh, Ini 5 Manfaat Olahraga untuk Kesehatan Otak

Banyak penelitian yang telah membuktikan bahwa olahraga membantu mengurangi stres. Menurut penjelasan dalam Anxiety and Depression Association of America, jika tubuhmu merasa lebih baik, begitu juga pikiranmu.

Kamu bisa meluangkan waktu untuk berlatih perawatan diri melalui latihan restoratif, seperti jalan-jalan atau jogging. Rasakan stresmu mencair saat kamu membiarkan dirimu bersantai melalui olahraga.

2. Meningkatkan kecerdasan dan fungsi otak
Bukan Hanya untuk Tubuh, Ini 5 Manfaat Olahraga untuk Kesehatan Otak

Yoga dikenal sebagai latihan yang melibatkan konsentrasi dan pernapasan. Karenanya, kamu mungkin tidak kaget jika mengetahui bahwa melakukan yoga secara teratur memberikan keajaiban bagi otak.

Sebuah tinjauan dalam jurnal Brain Plasticity mengamati 11 penelitian sebelumnya tentang bagaimana kaitan yoga dan kesehatan otak dan menemukan bahwa individu yang secara teratur melakukan yoga memiliki volume materi abu-abu yang lebih besar di otak daripada individu yang tidak melakukan yoga. Materi abu-abu berperan dalam kecerdasan dan fungsi otak yang lebih baik secara keseluruhan, terutama seiring bertambahnya usia.

3. Memperbaiki memori dan perhatian
Bukan Hanya untuk Tubuh, Ini 5 Manfaat Olahraga untuk Kesehatan Otak

Olahraga kardio, seperti berlari, dapat memberikan keajaiban bagi otak, khususnya dalam hal memori. Sebuah studi yang dilaporkan pada jurnal Medicine & Science in Sports & Exercise mengamati 59 orang berusia antara 43 dan 65 tahun. Dalam penelitian tersebut, ditemukan bahwa individu yang melakukan aktivitas aerobik sedang atau berat setidaknya empat hari atau tujuh jam dalam seminggu memiliki memori dan perhatian yang lebih baik daripada mereka yang berpartisipasi dalam aktivitas aerobik kurang dari satu jam seminggu.

Manfaat tersebut mungkin karena individu yang berolahraga memiliki aliran darah yang lebih baik di otak daripada mereka yang tidak. Bisa dibilang, kardio baik untuk ketajaman otak jangka panjang.

4. Meningkatkan kemampuan komunikasi
Bukan Hanya untuk Tubuh, Ini 5 Manfaat Olahraga untuk Kesehatan Otak

Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Scientific Reports, menemukan bahwa individu yang rutin melakukan latihan aerobik memiliki kontrol pemrosesan bahasa yang lebih baik daripada mereka yang memiliki gaya hidup tidak aktif. Sederhananya, orang yang rutin melakukan kardio mungkin dapat menemukan kata-kata yang mereka cari lebih cepat daripada bukan penikmat kardio. Ini lantaran kardio merangsang pembentukan sel saraf dan pembuluh darah baru di otak serta meningkatkan volume hipokampus, yang merupakan bagian otak yang berhubungan dengan bahasa.

Hal serupa didapatkan dari sebuah studi di jurnal Nature yang menemukan bahwa latihan ketahanan meningkatkan jumlah materi putih di otak, yang bertanggung jawab untuk komunikasi. Lebih lanjut, mereka yang memiliki daya tahan lebih tinggi lebih baik dalam ingatan dan pengenalan.

5. Meningkatkan fungsi kognitif
Bukan Hanya untuk Tubuh, Ini 5 Manfaat Olahraga untuk Kesehatan Otak

Konsisten berolahraga selama hidup bermanfaat dalam meningkatkan fungsi kognitif dan plastisitas otak, yang merupakan kemampuan otak untuk berubah dan tumbuh seiring waktu. Hal ini berpotensi menurunkan risiko terkena Alzheimer atau Demensia dalam jangka panjang.

Sebuah studi dalam jurnal Neurology meneliti perbedaan kinerja kognitif antara individu yang terlibat dalam aktivitas fisik di waktu luang dan mereka yang tidak. Hasilnya, setelah lima tahun pengamatan, para peneliti menemukan bahwa individu yang rajin olahraga secara teratur tampil lebih baik dalam tes kognitif.

Olahraga merupakan cara terbaik untuk menjaga tubuh dalam jangka panjang, termasuk menjaga kesehatan otak. Jadi, tunggu apa lagi? Buat jadwal olahraga dan ikuti secara konsisten. Tak perlu lama-lama, 20 menit setiap harinya sudah cukup membuat kamu bisa merasakan manfaatnya.