Inilah Alasan Mengapa Senam Lantai Bermanfaat Untuk Tubuh

Inilah Alasan Mengapa Senam Lantai Bermanfaat Untuk Tubuh

Inilah Alasan Mengapa Senam Lantai Bermanfaat Untuk Tubuh – Senam lantai adalah kegiatan olahraga yang cara gerakan dan bentuk latihannya dilakukan di lantai dengan menggunakan alas berupa matras. Matras berfungsi sebagai alat bantu utama yang untuk mengurangi risiko terjadinya kecelakaan atlet yang sering bersentuhan dengan lantai.

Ukuran lantai yang digunakan dalam senam lantai adalah 12 x 12 meter dalam ruangan yang berukuran 14 x 14 meter. Lantai harus dilapisi dengan karpet kenyal setebal kira-kira 0,045 meter. Senam lantai banyak menggunakan gerakan berguling, melompat, meloncat, berputar di udara, menumpu dengan tangan atau kaki untuk mempertahankan sikap seimbang atau untuk melompat ke depan atau belakang.

Senam lantai adalah salah satu cabang olahraga yang biasa dilombakan di Aplikasi Poker77 olimpiade. Namun terlepas dari semua itu, senam lantai adalah olahraga yang sangat berat dan menguras tenaga. Walaupun tampaknya lemah gemulai, kamu akan kesusahan melakukan gerakannya saat mencoba. Berikut ini adalah manfaat senam lantai yang ternyata baik untuk kesehatan tubuh kamu.

1. Meningkatkan fleksibilitas tubuh
7 Manfaat Senam Lantai yang Baik untuk Kesehatan Tubuhmu

Seketika kamu mengikuti latihan senam lantai, perlahan-lahan otot tubuhmu mulai lentur. Tidak hanya akan membantumu dalam meningkatkan kemampuan senam lantaimu, kelenturan itu akan menurunkan risiko kamu terkena cedera.

2. Meningkatkan kesehatan tulang
7 Manfaat Senam Lantai yang Baik untuk Kesehatan Tubuhmu

Latihan yang menahan beban akan menguntungkan tulangmu karena akan lebih terbentuk dan tidak mudah rapuh. Untuk wanita, seiring bertambahnya umur mereka akan kehilangan massa tulangnya. Dengan latihan senam lantai saat muda, itu akan mampu mempertahankan kepadatan tulang.

3. Membakar kalori dan membentuk otot
7 Manfaat Senam Lantai yang Baik untuk Kesehatan Tubuhmu

Senam lantai membakar kalori jika kamu melakukan latihan itu setiap hari. Tak hanya itu, ototmu terbentuk dan bertumbuh dikarenakan adanya latihan yang menggerakkan otot-otot lenganmu, kakimu, punggungmu, bahumu, dan lainnya.

4. Menghindari berbagai macam penyakit
7 Manfaat Senam Lantai yang Baik untuk Kesehatan Tubuhmu

Karena senam lantai mempromosikan tubuh sehat, sudah pasti kamu akan lebih susah sakit. Beberapa ahli mengatakan bahwa yang dihindari termasuk penyakit jantung, kanker, obesitas hingga diabetes.

5. Membangun kedisiplinan personal
7 Manfaat Senam Lantai yang Baik untuk Kesehatan Tubuhmu

Secara alami latihan senam lantai membutuhkan tingkat kedisiplinan yang tinggi karena tidak mudah bertahan di sana. Kamu harus rajin pergi ke tempat latihan dan bahkan harus latihan yang menyakitkan dan tidak menyenangkan.

6. Bertambah kuat
7 Manfaat Senam Lantai yang Baik untuk Kesehatan Tubuhmu

Jelas tubuhmu akan bertambah kuat lewat latihan senam lantai. Kamu akan sadar ototmu mulai terbentuk dan semakin mudah untuk melakukan gerakan-gerakan yang sulit. Kekuatan ini akan menguntungkanmu di kemudian hari ketika membawa tas besar dan berat.

7. Melatih koordinasi tubuh
7 Manfaat Senam Lantai yang Baik untuk Kesehatan Tubuhmu

Senam lantai juga membutuhkan tingkat koordinasi yang tinggi untuk melakukan gerakan yang pas tanpa menyakiti diri sendiri. Seiring berjalannya waktu dan latihan, kamu akan sadar adanya peningkatan koordinasi tubuh yang berjalan bersamaan gerakan baru.

Tidak banyak orang yang berminat akan senam lantai, padahal olahraga ini memberikan banyak manfaat. Bagi mereka yang ingin mencobanya, jangan sungkan-sungkan. Tapi harap bersabar saja. Kamu akan menemui latihan super berat yang tak terkira.

Senam lantai merupakan salah satu bagian dari rumpun senam dan salah satu jenis cabang olahraga yang digemari saat ini. Senam ini memiliki gerakan-gerakan yang dilakukan diatas lantai menggunakan matras. Senam lantai ini biasa juga di sebut dengan senam bebas karena ketika melakukan gerakan-gerakan senam tidak menggunakan alat.