Ingat Hal ini Jika Kamu ingin Melakukan Olahraga Saat Puasa

Ingat Hal ini Jika Kamu ingin Melakukan Olahraga Saat Puasa

Ingat Hal ini Jika Kamu ingin Melakukan Olahraga Saat Puasa – Ramadan adalah bulan kesembilan dalam kalender Islam, dan dirayakan oleh umat Muslim di seluruh dunia dengan puasa dan memperingati wahyu pertama yang turun kepada Nabi Muhammad menurut keyakinan umat Muslim. Puasa Ramadan merupakan salah satu dari rukun Islam. Puasa adalah ibadah kepada Allah ta’ala yang disertai niat, yaitu niat karena Allah ta’ala dan niat jenis puasanya, apakah wajib, sunnah, dan lain-lain.

Menahan diri dari makan, minum dan seluruh pembatal puasa, yaitu tidak melakukan pembatal-pembatal puasa tersebut, sebagaimana akan datang rinciannya insya Allah. Sejak terbit fajar kedua sampai terbenam matahari, yaitu sejak masuk waktu sholat Shubuh sampai masuk waktu sholat Maghrib.Puasa identik dengan lapar dan haus. Asupan makanan serta minuman terhenti selama 13 jam lamanya. Membuat badan lemas atau tidak bersemangat sih wajar saja.

Tapi, untuk menjaga badan agar tetap fit ada yang membarenginya dengan Club388 Indonesia olahraga. Oleh karena sudah terbiasa menggerakkan badan setiap hari, jika terhenti malah gak enak rasanya. Olahraga saat berpuasa sih sah-sah saja. Buat kamu apalagi yang sudah terbiasa melakukan kegiatan ini setiap hari atau bagi para atlet yang mengharuskan latihan saat bulan puasa, tak ada halangan puasa untuk beraktivitas badan. Namun, banyak hal yang harus kamu perhatikan lho jika kamu berolahraga saat puasa. Agar tetap aman dan nyaman, jangan sampai tiba-tiba malah pingsan.

1. Waktu tidur yang cukup, setidaknya sudah tidur 7-9 jam
5 Hal Ini Harus Diingat Kalau Puasa Sambil Olahraga

Niat berolahraga esoknya, tapi ada yang harus kamu ingat nih, malam hari sebelumnya kamu harus tidur dengan cukup. Setidaknya 7-9 jam waktu tidur kamu. Hal ini agar menjaga badan kamu tetap fit saat berolahraga dan mencegah terjadi kelelahan. Ingat, alarm di badanmu akan bilang bahwa jika cape ya kamu harus segera beristirahat.

2. Asupan makanan saat sahur memenuhi syarat
5 Hal Ini Harus Diingat Kalau Puasa Sambil Olahraga

Memilih makanan yang baik saat berbuka puasa dan sahur adalah hal yang penting jika kamu esoknya akan berolahraga. Asupan makanan dengan karbohidrat yang tinggi akan membantu mengembalikan kadar glukosa darah yang menurun saat berpuasa. Selain itu, konsumsi juga makanan dengan kandungan lemak serta protein yang tinggi saat kamu sahur untuk memperlambat pencernaan agar perut lambat untuk kosong. Nah, camkan yuk dijamin kamu akan tetap bugar berolahraga saat berpuasa. Don’t worry!

3. Asupan cairan harus mencukupi saat sahur
5 Hal Ini Harus Diingat Kalau Puasa Sambil Olahraga

Untuk mencegah dehidrasi saat berolahraga, asupan cairan sangat penting saat kamu berbuka puasa dan sahur. Setidaknya minum air putih 1,5-2 liter setiap harinya, bisa kamu bagi antara berbuka dan sahur kadar minum kamu dalam beberapa gelas. Dijamin kamu selalu fit deh saat berolahraga sambil berpuasa.

4. Pilih jenis olahraga yang ringan saja
5 Hal Ini Harus Diingat Kalau Puasa Sambil Olahraga

Pilih olahraga yang tidak membutuhkan energi yang berlebihan. Kamu bisa kok melakukan jenis olahraga yang kamu lakukan cuma hindari intensitasnya, lakukan secara sedang-sedang saja. Ringan juga tidak masalah kok. Jika kamu biasa jogging atau bersepeda juga boleh-boleh saja, atau berjalan kaki juga malah lebih baik. Asal badan kamu bergerak saja sudah cukup dan hindari mengeluarkan tenaga yang berlebihan takutnya badan kamu tidak mampu dan ini malah akan berbahaya buat dirimu sendiri.

5. Pilih waktu yang tepat saat berolahraga
5 Hal Ini Harus Diingat Kalau Puasa Sambil Olahraga

Waktu yang tepat saat berolah raga adalah menjelang berbuka puasa. Kira-kira 30-60 menitan menuju berbuka kamu bisa banget bersepeda atau berjogging ria. Hal ini mengingat bahwa sebentar lagi kan waktu berbuka, jika badanmu terasa cape langsung terselamatkan dengan waktu berbuka puasa. Atau jika kamu memilih berolahraga setelah berbuka, nah itu lebih baik lagi yang penting kamu tahu alarm badanmu sendiri.

Baiklah, demikian penjelasan jika kamu ingin tetap berolahraga saat berpuasa. Tidak dilarang, namun banyak yang harus kamu ingat. Badan kamu adalah aset yang harus dijaga agar tetap sehat.