Fakta Seputar Pole Dance yang Mendunia di Zaman Milenials

Fakta Seputar Pole Dance yang Mendunia di Zaman Milenials

Fakta Seputar Pole Dance yang Mendunia di Zaman Milenials – Tarian tiang menggabungkan tarian dan akrobat yang berpusat pada tiang vertikal. Bentuk seni pertunjukan ini terjadi tidak hanya di klub pria sebagai tarian erotis, tetapi juga sebagai bentuk kebugaran arus utama, yang dipraktikkan di gym dan studio tari khusus.

Kabar duka datang dari industri hiburan Tanah Air setelah artis Vanessa Angel dan suaminya, Bibi Ardiansyah, dikabarkan meninggal dunia usai mengalami kecelakaan mobil di Tol Jombang, Jawa Timur KM 672.

Mengenang sosok Vanessa Angel, olahraga pole dance jadi sesuatu yang sangat lekat dengan artis berusia 29 tahun itu. Olahraga satu ini punya banyak manfaat dan ternyata merupakan salah satu olahraga kuno.

1. Jadi olahraga di China sejak sebelum abad ke-12
Fakta Pole Dance: Olahraga Kuno yang Digemari Vanessa Angel

Melansir dari Pole Fitness Studio, saat bicara soal Pole Dance, kerap kali sejarah olahraga tiang dari China yang akan muncul dalam benak. China memang memiliki olahraga Chinese Pole sejak sebelum abad ke-12.

Tiang setinggi tingga hingga sembilan meter digunakan dan diikat karet. Pertunjukan Chinese Pole ternyata punya beberapa perbedaan dengan yang selama ini kita kenal.

2. Berkembang di India sejak 800 tahun lalu
Fakta Pole Dance: Olahraga Kuno yang Digemari Vanessa Angel

Olahraga tiang ini juga sudah lama berkembang di India. Lebih kurang sejak 800 tahun lalu yang disebut dengan Pole Mallakhamb.

Orang India sering menggunakan tiang kayu halus berdiameter dasar 55 sentimeter. Tapi, diameter tiang di bagian atas lebih tipis hingga 35 sentimeter.

Olahraga satu ini tidak mudah, loh. Diperlukan presisi kuat dan kelincahan dalam melakukannya.

3. Bermanfaat untuk atlet gulat, judo, hingga berkuda
Fakta Pole Dance: Olahraga Kuno yang Digemari Vanessa Angel

Dalam bahasa India, olahraga ini disebut dengan Pole Mallakhamb. Malla memiliki arti pegulat, sedangkan Khamb berarti dari tiang. Secara literal, olahraga ini disebut gulat tiang.

Olahraga ini digunakan untuk mengembangkan kecepatan, refleks, konsentrasi, dan koordinasi. Latihan menggunakan olahraga ini disebut membantu meningkatkan stamina, kekuatan, dan daya tahan.

Olahraga ini juga banyak bermanfaat dan digunakan oleh atlet gulat, judo, atletik, hingga berkuda. Tujuannya untuk meningkatkan fleksibilitas, keanggunan, kecepatan, dan ritme.

4. Manfaat Pole Dance

Fakta Pole Dance: Olahraga Kuno yang Digemari Vanessa Angel

Pole Dance memberikan sederet manfaat bagi tubuh, tak hanya menyoal membantu memperindah tubuh, lho. Melansir dari lifehack.org, Pole Dance membantu membakar kalori lebih cepat.

Olahraga tiang ini juga disebut membantu membangun kepercayaan diri dan bisa meringankan stress. Keseimbangan juga dapat semakin terbangun dengan olahraga satu ini.

Bahkan, olahraga satu ini tidak hanya mampu mengembangkan tubuh menjadi lebih bugar, namun dapat memperbaiki kesehatan mental dan emosi dari pelakunya.

Penggemar pole dancing terdiri dari segala usia; Meskipun banyak yang menampilkan tarian dan bentuk akrobatik ini adalah orang dewasa, hal itu tidak menghentikan anak-anak kecil untuk belajar dan tampil dalam kompetisi.  Kompetisi pole dancing amatir dan profesional diadakan di negara-negara di seluruh dunia.

Tarian tiang membutuhkan daya tahan dan koordinasi otot yang signifikan, serta sensualitas. Saat ini, pertunjukan pole oleh penari eksotis berkisar dari putaran dasar dan striptis di klub yang lebih intim hingga gerakan atletik seperti memanjat dan membalikkan tubuh di klub “panggung berat” di Las Vegas dan Miami.