Duo Minions Jadi Kunci Kemenangan RI di Piala Sudirman 2021

Duo Minions Jadi Kunci Kemenangan RI di Piala Sudirman 2021

Duo Minions Jadi Kunci Kemenangan RI di Piala Sudirman 2021 – Piala Sudirman 2021 (secara resmi bernama TotalEnergies BWF Sudirman Cup 2021 karena alasan sponsor) merupakan edisi ketujuh belas dari turnamen Piala Sudirman, turnamen bulu tangkis dua tahunan yang diselenggarakan oleh Federasi Bulu Tangkis Dunia.

Turnamen ini akan digelar pada tanggal 26 September 2021–3 Oktober 2021 di Energia Areena di Vantaa, Finlandia. Tiongkok memulai turnamen sebagai juara bertahan. Hasil impresif ditorehkan Indonesia dalam laga perdana Piala Sudirman.

Mereka menyapu bersih kemenangan, 5-0, saat jumpa Federasi Bulu tangkis Rusia (NBFR). Tampil dengan kekuatan penuh, laju Indonesia begitu sulit dibendung para pemain NBFR. Mereka kewalahan menghadapi para pemain Indonesia yang kelasnya jauh lebih baik.

1. Duo Minions jadi kunci kemenangan Indonesia
Indonesia Bantai Rusia di Piala Sudirman 2021

Indonesia sudah menegaskan keunggulan saat Anthony Sinisuka Ginting berlaga. Menghadapi Ivan Sozonov, Ginting sukses menyapu kemenangan straight game, 21-8 21-8.

Kemudian, Gregoria Mariska Tunjung memperlebar jarak Indonesia menjadi 2-0. Grego menang atas Anastasiia Shapovalova, 21-14 21-13.

Praktis, Indonesia cuma butuh satu poin lagi memastikan kemenangan. Kebetulan, Kevin Sanjaya/Marcus Fernaldi Gideon jadi penentunya.

Sozonov kembali tampil, kali ini berpasangan dengan Vladimir Ivanov demi menghadapi Kevin/Marcus. Pasangan Ivanov/Sozonov nyatanya sempat bikin repot duo Minions. Tapi, pada akhirnya Kevin/Marcus menang dengan skor 21-17 21-18.

2. Laga mendebarkan sektor ganda campuran
Indonesia Bantai Rusia di Piala Sudirman 2021

Setelah Minions mengunci kemenangan, laju Indonesia makin tak terbendung. Ganda putri Siti Fadia Silva Ramadhanti/Ribka Sugiarto berhasil menuntaskan perlawanan Evgeniya Kosetskaya/Ekaterina Malkova, dengan skor 21-13 21-15.

Selanjutnya, ganda campuran, Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti, jadi penentu. Tapi, mereka malah direpotkan perlawanan Rodion Alimov/Alina Davletova.

Memang, di game pertama, Praveen/Melati menang dengan skor 21-15. Tapi, pada game kedua, mereka dipaksa deuce enam kali. Hingga akhirnya baru bisa menang game kedua dengan skor 27-25.

3. Hasil lengkap Indonesia di Piala Sudirman 2021
Indonesia Bantai Rusia di Piala Sudirman 2021

Berikut hasil lengkap pertandingan wakil Indonesia di Piala Sudirman 2021 hari pertama:

Tunggal putra
Anthony Sinisuka Ginting vs Ivan Sozonov
21-8, 21-8

Tunggal putri
Gregoria Mariska Tunjung vs Anastasiia Shapovalova
21-14, 21-13

Ganda putra
Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon vs Vladmir Ivanov/Ivan Sozonov
21-17, 21-18

Ganda putri
Siti Fadia Silva Ramadhanti/Ribka Sugiarto vs Evgeniya Kosetskaya/Ekaterina Malkova
21-13, 21-15

Ganda campuran
Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti vs Rodion Alimov/Alina Davletova
21-15, 27-25

Piala Sudirman 2021 akan menggunakan format kompetisi yang berbeda dari format sebelumnya, dengan hanya 16 tim yang berkompetisi, bukan lagi 32 tim. Kompetisi juga akan dilakukan melalui pertandingan empat grup yang masing-masing beranggotakan empat regu. Seperti biasa, kompetisi akan dimulai dari babak grup hingga babak knockout.

Awalnya, proses kualifikasi dilakukan berdasarkan kejuaraan beregu campuran di tiap benua (Asia, Eropa, Pan Amerika, Afrika, dan Oceania) yang berlangsung pada Februari 2021. Meskipun demikian, hanya Kejuaraan Bulu Tangkis Beregu Campuran Eropa yang berhasil terselenggara karena kejuaraan lainnya terkendala pembatasan perjalanan dan penutupan batas negara akibat pandemi Covid-19. Dengan demikian, tim dari Asia, Pan Amerika, Oceania, dan Afrika dikualifikasi berdasarkan peringkat dunianya.