Deretan Pemain Aktif NBA Dengan Jumlah Rebound Terbanyak

Deretan Pemain Aktif NBA Dengan Jumlah Rebound Terbanyak

Deretan Pemain Aktif NBA Dengan Jumlah Rebound Terbanyak – National Basketball Association atau dikenal dengan singkatan NBA adalah liga bola basket pria di Amerika Serikat dan merupakan liga basket paling bergengsi di dunia. NBA didirikan di New York City pada 6 Juni 1946 dengan nama Basketball Association of America.

Banyak pemain NBA yang terkenal dengan kemampuan mencetak angkanya yang menakjubkan. Namun, pemain dengan kemampuan rebound yang baik juga menjadi sosok kunci di timnya. Mereka seakan memberi kesempatan kedua untuk mencetak angka.

Banyak juga legenda NBA yang lebih terkenal akan kemampuan rebound  daripada mencetak poin, sebut saja Bill Russell dan Dennis Rodman. Musim ini sosok tersebut sepertinya ada dalam diri beberapa pemain. Berikut lima pemain aktif NBA dengan jumlah rebound terbanyak.

1. LaMarcus Aldridge (8.517 rebound)
5 Pemain Aktif NBA dengan Jumlah Rebound Terbanyak dalam Kariernya

LaMarcus Aldrige sempat memutuskan pensiun pada musim lalu setelah mengalami masalah pada jantungnya. Namun, musim ini ia kembali ke lapangan dan siap membantu Brooklyn Nets meraih gelar juara. Aldridge juga merupakan salah satu big man terbaik ketika dalam puncak kariernya.

Ia bisa fokus dalam mengambil rebound, sementara urusan mencetak angka menjadi tugas bagi Kevin Durant dan James Harden. Sebelum bergabung dengan Nets, pemain berusia 36 tahun ini sempat membela Portland Trail Blazers dan San Antonio Spurs.

2. Andre Drummond (8.914 rebound)
5 Pemain Aktif NBA dengan Jumlah Rebound Terbanyak dalam Kariernya

Andre Drummond musim ini bermain bagi Philadelphia 76ers dan menjadi pelapis bagi Joel Embiid. Drummond memang lebih dikenal sebagai pencetak rebound andal dibanding penyumbang angka bagi timnya. Terbukti, ia telah 4 kali menjadi pencetak rebound terbanyak.

Drummond mengawali kariernya bersama Detroit Pistons saat ia terpilih pada urutan ke-9 pada NBA Draft tahun 2012. Saat itu bisa dibilang menjadi puncak penampilannya saat ia 2 kali masuk All Star. Setelah itu, ia sempat membela Cleveland Cavaliers dan Los Angeles Lakers sebelum kini bermain untuk 76ers.

3. LeBron James (9.764 rebound)
5 Pemain Aktif NBA dengan Jumlah Rebound Terbanyak dalam Kariernya

Tak hanya jago mencetak angka, LeBron James ternyata punya kemampuan rebound yang sangat baik. Meskipun bukan seorang center, ia juga mampu mencatatkan banyak rebound dalam setiap pertandingan yang dilakoninya.

Di usianya yang sudah memasuki 36 tahun, tak terlihat penurunan performa dari peraih 4 kali MVP ini. Ia masih bisa membawa Lakers menjadi juara musim 2020 dan kini kembali mengincar gelar kelimanya.

4. DeAndre Jordan (9.927 rebound)
5 Pemain Aktif NBA dengan Jumlah Rebound Terbanyak dalam Kariernya

DeAndre Jordan mengawali kariernya bersama Los Angeles Clippers pada tahun 2008 usai dirinya dipilih pada tempat ke-35 NBA draft. Sejak saat itu, ia memainkan peran cukup penting sebagai center. Tak hanya rebound, kemampuan defense miliknya juga harus diperhitungkan.

Selama 10 musim bersama Clippers, Jordan mampu 2 kali menjadi pencetak rebound terbanyak pada tahun 2015 dan 2016. Setelah meninggalkan Clippers, ia kemudian membela Dallas Mavericks, New York Knicks, dan Brooklyn Nets. Kini ia kembali ke Los Angeles, namun dengan seragam Lakers.

5. Dwight Howard (14.299 rebound)
5 Pemain Aktif NBA dengan Jumlah Rebound Terbanyak dalam Kariernya

Dwight Howard sempat menjadi center terbaik di NBA ketika ia masih membela Orlando Magic. Howard saat itu mampu meraih 3 gelar Defensive Player of The Year dan membawa Magic menembus partai final tahun 2009. Kariernya kemudian sempat menurun kala ia bergabung dengan lakers tahun 2012.

Sejak saat itu, hampir setiap musim ia selalu berpindah dari satu tim ke tim lain. Pada 2019, Howard kembali berkostum Lakers dan sukses merengkuh gelar juara pertamanya. Meski kini tak sebaik dulu, ia merupakan salah satu pemain dengan kemampuan rebound terbaik. Hal itu terbukti ketika ia 5 kali menjadi pencetak rebound terbanyak.

Kelima pemain tersebut mampu menunjukkan bahwa rebound menjadi salah satu hal penting dalam sebuah pertandingan. Terbukti mereka mampu tampil bagus dan membawa timnya bersaing di NBA.

Sebelum masuk musim reguler, setiap tim memulai training camps (kamp pelatihan) pada akhir November. Kamp pelatihan ini diadakan oleh staf pelatih untuk mengevaluasi para pemainnya (terutama yang rookie), meneliti kekuatan tim dan kelemahannya, serta menentukan dua belas pemain utama yang akan berlaga di musim reguler. Setelah kamp pelatihan, ada sejumlah pertandingan persahabatan dengan sesama tim NBA. Akhir Oktober, musim reguler digelar.

NBA menggelar musim reguler dengan setiap tim sebanyak bertanding 82 kali melawan klub-klub lain, dengan masing-masing 41 pertandingan kandang dan tandang. Rincian jadwalnya, setiap tim memainkan empat pertandingan melawan tim yang satu divisi, empat pertandingan melawan enam tim dari dua divisi yang lain, dan sisanya (empat tim) dimainkan sebanyak tiga pertandingan.

Terakhir, setiap tim bertanding dengan semua tim dari wilayah yang berbeda, masing-masing dua pertandingan. Pada Hari Natal, di mana kompetisi atau liga lain berlibur, NBA tetap menggelar pertandingan (berlangsung sejak tahun 1947).