Cara Aman Melakukan Panjat Tebing yang Bisa Kamu Lakukan

Cara Aman Melakukan Panjat Tebing yang Bisa Kamu Lakukan

Cara Aman Melakukan Panjat Tebing yang Bisa Kamu Lakukan – Panjat Tebing atau istilah asingnya dikenal dengan Rock Climbing merupakan salah satu dari sekian banyak olahraga alam bebas dan merupakan salah satu bagian dari mendaki gunung yang tidak bisa dilakukan dengan cara berjalan kaki melainkan harus menggunakan peralatan dan teknik-teknik tertentu untuk bisa melewatinya. Aktivitas outdoor kini sedang digemari banyak orang. Salah satu aktivitas outdoor yang bisa kalian coba adalah panjat tebing.

Pada umumnya panjat tebing dilakukan pada daerah yang berkontur batuan tebing dengan sudut kemiringan mencapai lebih dari 45° dan mempunyai tingkat kesulitan tertentu. Bagi kalian yang suka akan tantangan yang memicu adrenalin aktivitas ini cocok untuk kalian.

Olahraga atau aktivitas ini memiliki risiko yang tinggi, maka dari itu kalian perlu mematuhi prosedur keamanan dan keselamatan agar dapat meminimalisir risiko yang tidak diinginkan. Buat kalian yang baru mau coba kegiatan panjat tebing, ada baiknya memerhatikan beberapa tips aman melakukan panjat tebing yang bisa kalian lakukan. Simak sampai bawah!

1. Mempersiapkan mental
5 Tips Aman Melakukan Panjat Tebing, Butuh Persiapan Matang!

Mempersiapkan mental dengan baik akan menjadikan kegiatan panjat tebing lebih menyenangkan dan aman. Bagi kalian yang memiliki fobia ketinggian, kegiatan ini tidak disarankan.

Dengan mental yang kuat, ketakutan, kecemasan dan kepanikan ketika panjat tebing bisa teratasi sehingga kegiatan berjalan lancar dan kalian bisa sampai pada titik yang kalian tuju. Ini salah satu syarat penting!

2. Rutin melakukan latihan fisik
5 Tips Aman Melakukan Panjat Tebing, Butuh Persiapan Matang!

Fisik yang kuat menjadi modal penting dalam kegiatan panjat tebing. Sebelum melakukan kegiatan ini sebaiknya kalian berlatih secara rutin untuk meningkatkan fisik dan stamina kalian.

Olahraga jogging, sit up, pull up, angkat beban dan latihan di wall climbing. Dengan fisik yang prima akan menunjang kemampuan kalian dalam pemanjatan tebing.

3. Melakukan pemanasan dan peregangan
5 Tips Aman Melakukan Panjat Tebing, Butuh Persiapan Matang!

Kegiatan panjat tebing membutuhkan kelenturan dan koordinasi tubuh yang baik. Karena tak jarang pemanjat harus melakukan gerakan reflek guna melewati rintangan pada medan pemanjatan.

Maka dari itu, perlu melakukan peregangan sebelum dan sesudah panjat tebing agar tidak terjadi cedera atau kram. Pastikan juga kondisi tubuh kamu tidak dalam keadaan sakit. Kamu harus fit untuk melakukan kegiatan ini.

4. Mengecek peralatan 
5 Tips Aman Melakukan Panjat Tebing, Butuh Persiapan Matang!

Peralatan seperti tali, carabiner, harnes dan lainnya betul-betul harus kalian cek dan siapkan dengan baik. Dengan mengecek dan mempersiapkan dengan baik peralatan maka kegiatan panjat tebing lebih lebih aman dan terhindar dari kecelakaan fatal.

Apabila ada kekeliruan segera perbaiki dan meminta bantuan rekan lain untuk memperbaikinya. Jangan lupa juga untuk membawa kapur magnesium untuk menjaga tangan tetap dalam keadaan kesat.

5. Pahami medan tebing
5 Tips Aman Melakukan Panjat Tebing, Butuh Persiapan Matang!

Sebelum melakukan aktivitas panjat tebing sebaiknya kalian memahami rute atau medan tebing yang akan kalian panjat. Dengan demikian kalian bisa memetakan jalur mana yang bisa kalian daki dan mengetahui letak rintangannya pada tebing. Dengan mengetahui medan dengan baik aktivitas panjat tebing bisa berlangsung secara menyenangkan.

Kegiatan panjat tebing bukanlah aktivitas ringan, melainkan aktivitas ekstrem. Maka dari itu faktor safety memegang peranan penting dan harus dijadikan perhatian utama. Nah, adakah yang tertarik dengan kegiatan panjat tebing?