Berikut Tips Merawat Sepatu Hiking Pria Agar Gak Mudah Rusak

Berikut Tips Merawat Sepatu Hiking Pria Agar Gak Mudah Rusak

Berikut Tips Merawat Sepatu Hiking Pria Agar Gak Mudah Rusak – Pendakian umumnya merujuk pada perjalanan panjang dan penuh semangat yang biasanya melewati jalan kecil di area pedalaman.

Di Indonesia, pendakian ini identik dengan perjalanan menuju puncak gunung. Kegiatan ini umumnya dilakukan oleh klub-klub pecinta alam. Mendaki adalah salah satu aktivitas menyenangkan yang cukup sering pria lakukan di waktu senggang. Ada banyak perlengkapan mendaki yang wajib disiapkan, salah satunya adalah sepatu hiking.

Berbeda dengan sepatu biasa, hiking shoes didesain khusus untuk keperluan pendakian. Agar sepatu hiking koleksimu tetap awet dan gak mudah rusak, coba deh simak lima tips merawatnya berikut ini.

1. Gunakan alat pembersih yang tepat
5 Tips Merawat Sepatu Hiking Pria Agar Awet dan Tampak Baru

Tahukah kamu jika tiap bagian dari sepatu hiking membutuhkan alat pembersih yang tepat? Untuk bagian atas, gunakan lap basah atau sikat lembut yang diusapkan dengan pelan dan sedikit tekanan.

Sementara untuk bagian bawah, gunakan sikat yang lebih keras untuk membersihkan tanah yang menempel di sela-sela grip. Menggunakan alat yang benar, tentunya kamu bisa membersihkan sepatu secara maksimal.

2. Perhatikan bahan pembersih yang akan digunakan
5 Tips Merawat Sepatu Hiking Pria Agar Awet dan Tampak Baru

Selain alat, kamu juga perlu memerhatikan bahan pembersih yang akan digunakan. Air bersih tanpa campuran sabun adalah bahan pembersih sepatu hiking yang paling aman. Sebaiknya, hindari penggunaan detergen.

Untuk sepatu hiking yang bersifat waterproof, sangat direkomendasikan untuk menggunakan air bersih saja untuk menjaga lapisan waterproof tersebut. Jangan lupa diperhatikan!

3. Keringkan tanpa menjemurnya di bawah sinar matahari
5 Tips Merawat Sepatu Hiking Pria Agar Awet dan Tampak Baru

Cara pengeringan sepatu hiking yang baik dan benar adalah dengan tidak terkena sinar matahari langsung. Kamu bisa mengeringkannya dengan cara meletakkan di bawah atap yang terkenang angin. Hal tersebut dimaksudkan untuk menghindari rusaknya material dan memudarnya warna sepatu.

4. Lakukan serangkaian perawatan sebelum menyimpan sepatu
5 Tips Merawat Sepatu Hiking Pria Agar Awet dan Tampak Baru

Banyak cowok yang memilih langsung menyimpan sepatu setelah mengeringkannya. Namun, sebenarnya kamu perlu melakukan serangkaian perawatan terlebih dahulu sebelum menyimpan sepatu hiking.

Semir sepatu hiking berbahan kulit sebelum sepatu mendekati kering. Untuk bahan kanvas, semprot dengan semprotan waterproof.

5. Simpan sepatu dengan benar
5 Tips Merawat Sepatu Hiking Pria Agar Awet dan Tampak Baru

Tahap terakhir dari serangkaian perawatan sepatu hiking adalah penyimpanan. Isikan gumpalan kertas ke dalam sepatu untuk menjaga bentuk sepatu agar tetap seperti semula.

Gunakan kertas polos dan hindari kertas koran untuk menghindari tempelan atau lunturan tinta. Setelah itu, baru masukkan ke dalam kardus kering yang diberi beberapa silica gel untuk menghindari jamur.

Peralatan yang dibutuhkan dalam pendakian sebenarnya bergantung pada tingkat kesulitan medan dan estimasi waktu pendakian yang diperlukan. Tetapi setidaknya bagi pendaki harian harus membawa setidaknya air minum, makanan, map dan perlengkapan untuk melindungi dari hujan.

Biasanya, sepatu yang digunakan untuk mendaki gunung adalah sepatu boot dan tas ransel sebagai perlindungan untuk melewati wilayah bebatuan serta baik untuk membantu menjaga keseimbangan. Beberapa peralatan lain yang penting bagi pendaki adalah kompas, kacamata hitam, baju hangat, topi, sarung tangan, tongkat untuk mendaki, senter, peralatan P3K, pemantik api dan sebuah pisau. Peta atau peralatan GPS juga merupakan peralatan penting yang harus dibawa sebagai panduan perjalanan.