Berikut Enam Minuman yang Cocok Dikonsumsi Setelah Olahraga

Berikut Enam Minuman yang Cocok Dikonsumsi Setelah Olahraga

Berikut Enam Minuman yang Cocok Dikonsumsi Setelah Olahraga – Minuman umumnya menunjuk kepada cairan yang ditelan. Kata ini kadang dipakai di pengertian yang lebih sempit untuk menunjuk ke minuman beralkohol. Saat olahraga, tubuh mengeluarkan banyak tenaga, gula, hingga elektrolit. Hal ini membuat kita harus mengembalikkan kondisi tubuh seperti biasa agar bisa melakukan aktivitas normal dengan baik.

Pada umumnya manusia mengonsumsi air putih yang bersih, jernih, dan steril sebagai minuman utama untuk dikonsumsi dan juga baik untuk kesehatan. Istirahat adalah cara yang tepat tapi membutuhkan waktu yang lama, maka mengonsumsi minuman bisa jadi pilihan alternatif. Tidak hanya sekedar asal minum, sesudah olahraga tubuh membutuhkan minuman yang baik untuk kesehatan, bahkan menghindari efek pegal.

Air putih sudah jadi hal yang umum diketahui dan tidak bisa digantikan karena air putih sendiri yang memberi cairan netral pada tubuh. Dikutip dari laman apk idn poker Untuk menangani tubuh dengan baik, berikut enam minuman yang cocok dikonsumsi setelah olahraga.

1. Air kelapa
Selain Air Putih, 6 Minuman ini Baik Dikonsumsi Setelah Olahraga

Air kelapa adalah cairan yang berada di dalam kelapa hijau muda (buah dari pohon kelapa). Air kelapa telah lama menjadi minuman populer di wilayah tropis, khususnya di India, Pesisir Brasil, Asia Tenggara, Kepulauan Pasifik, Afrika, dan Caribbean

Beberapa peran diantaranya:

  • Potasium untuk membangun protein, menjaga pertumbuhan tubuh yang normal, membentuk otot, dan membangun karbohidrat.
  • Magnesium membantu aktivasi vitamin D dan banyak dikaitkan dalam keshatan, serta pertumbuhan tulang.
  • Elektrolit dibutuhkan tubuh agar organ-organ bisa berfungsi secara normal yang terletak di sel, jaringan, cairan tubuh, darah, hingga keringat.

Saat rasanya mulut tak bisa menerima air atau baru saja melakukan olahraga ringan, kamu bisa meminum air kelapa. Dengan itu, tubuh akan lebih terhidrasi.

2. Susu cokelat
Selain Air Putih, 6 Minuman ini Baik Dikonsumsi Setelah Olahraga

Susu cokelat adalah susu rasa cokelat manis. Minuman tersebut terbuat dari campuran sirup cokelat (atau bubuk cokelat) dengan susu (dari sapi, kambing, kedelai, beras, dll). Namun adanya susu tidak terlalu memberikan perbedaan yang besar antara air putih. Sehingga susu cokelat bisa kamu minum sebagai sumber karbohidrat sesudah berolahraga, bukan untuk menggantikan cairan dalam tubuh.

3. Yoghurt
Selain Air Putih, 6 Minuman ini Baik Dikonsumsi Setelah Olahraga

Yoghurt juga dieja yoghurt, yogourt atau yoghourt adalah susu yang dibuat melalui fermentasi bakteri. Yoghurt dapat dibuat dari susu apa saja, termasuk sari kacang kedelai.

Dilansir Healthline, memilih yoghurt plain alias natural tanpa rasa akan lebih baik. Saat kamu melakukan olahraga cardio, manfaat yoghurt mulai berperan menguatkan otot dan memberikan energi baru. Dengan kandungan protein di dalamnya, buah juga bisa kamu konsumsi bersamaan untuk menerima khasiat lebih. Tubuh akan menerima protein, karbohidrat, ekstrolit, serta antioksidan.

4. Jus jeruk
Selain Air Putih, 6 Minuman ini Baik Dikonsumsi Setelah Olahraga

Sari buah jeruk adalah sari buah yang diperoleh dengan memeras atau menekan isi buah jeruk. Diminum di banyak tempat di dunia, sari buah jeruk biasanya menjadi bagian makan pagi atau sarapan. Gula yang ada di dalamnya cukup untuk mengantikan gula yang hilang dari tubuh. Selain itu, jus jeruk juga mengandung karbohidrat dan potasium, serta vitamin C yang memiliki antioksidan kuat, menurut laporan Journal of Nutrition and Health Sciences.

5. Minuman isotonik
Selain Air Putih, 6 Minuman ini Baik Dikonsumsi Setelah Olahraga

Minuman olahraga, juga dikenal sebagai minuman elektronik, adalah minuman fungsional yang ditujukan untuk membantu para atlet menggantikan air, elektrolit, dan energi sebelum, saat dan khususnya setelah berlatih dan kompetisi, meskipun dampaknya terhadap penampilan dalam olahraga dan pengaruhnya dipertanyakan. Menurut lansiran WebMD, minuman isotonik ini sebaiknya hanya dikonsumsi setelah olahraga karena manfaatnya adalah menggantikan energi, gula, dan elektrolit yang telah hilang.

6. Teh
Selain Air Putih, 6 Minuman ini Baik Dikonsumsi Setelah Olahraga

Teh adalah minuman yang mengandung kafeina, sebuah infusi yang dibuat dengan cara menyeduh daun, pucuk daun, atau tangkai daun yang dikeringkan dari tanaman Camellia sinensis dengan air panas. Jangan mengonsumsi yang sudah dikemas, lebih baik pilih teh tanpa gula karena tidak sehat untuk pencernaan, serta menghalangi proses pembakaran lemak.

Atlet laki-laki akui menerima banyak manfaat dari mengonsumsi teh setelah olahraga intens dari studi yang dilakukan Journal of International Society of Sports Nutrition. Teh tidak memberikan antioksidan dan menghindari tubuh mengalami DOMS atau delayed-onset muscle soreness yang biasa kita ketahui kondisi nyeri otot di keesokan harinya setelah olahraga.