Berikut Daftar Olahraga yang Dianggap Paling Kuno di Dunia

Berikut Daftar Olahraga yang Dianggap Paling Kuno di Dunia

Berikut Daftar Olahraga yang Dianggap Paling Kuno di Dunia – Olahraga merupakan suatu kegiatan jasmani yang dilakukan untuk memelihara kesehatan dan memperkuat otot – otot tubuh. Olahraga adalah cara alami menjaga kesehatan dan mencegah penyakit.

Penelitian membuktikan, aktif bergerak setiap hari dapat menjauhkan dari risiko penyakit. Bertolak dari hal tersebut, olahraga dapat dikatakan sebagai obat, yang kemudian menginspirasi terlahirnya terapi olahraga (sport therapy).

Olahraga merupakan kegiatan yang dapat menyegarkan dan menyehatkan tubuh serta pikiran kita. Tahukah kamu jika zaman kuno dahulu ternyata sudah ada banyak olahraga Aplikasi Poker77 yang rutin dilakukan, bahkan dilombakan? Olahraga zaman kuno memang berbeda dengan olahraga modern. Namun, beberapa dasar prinsipnya masih tetap diaplikasikan hingga kini.

1. Gulat
Dari Gulat hingga Lari, Ini 5 Olahraga Paling Kuno di Dunia

Gulat merupakan salah satu cabang olahraga tertua yang pernah ada di muka bumi. Bahkan, 15 ribu tahun yang lalu gulat sudah digunakan secara kompleks untuk pertempuran atau pertarungan jarak dekat, seperti diberitakan laman Athletic Scholarships.

Beberapa ribu tahun sebelum Masehi, gulat juga dimasukkan sebagai olahraga yang dilombakan secara profesional. Romawi, Yunani, Mesir kuno, dan Persia sudah memasukkan gulat sebagai olahraga wajib tahunan.

Kini, gulat memiliki banyak jenis dan aliran, mulai dari gulat asal Jepang, Yunani, sampai Brasil. Dengan peraturan yang lebih ketat, olahraga gulat tidak lagi brutal seperti zaman kuno dahulu kala.

2. Olahraga Panahan
Dari Gulat hingga Lari, Ini 5 Olahraga Paling Kuno di Dunia

Olahraga panahan juga merupakan olahraga tertua di muka bumi. Dilansir laman World Archery, diperkirakan memanah merupakan kegiatan yang telah dilakukan sejak zaman batu sekitar 20 ribu tahun lalu.

Setelah zaman batu, Mesir Kuno menggunakan teknik memanah untuk keperluan berburu dan berperang, yakni sekitar 3000 Sebelum Masehi.

Kini, memanah merupakan salah satu cabang olahraga yang tetap dilombakan secara profesional. Dengan busur dan anak panah yang jauh lebih modern, membuat para atlet tidak mengalami banyak kesulitan untuk berlomba.

3. Renang
Dari Gulat hingga Lari, Ini 5 Olahraga Paling Kuno di Dunia

Sebetulnya, tidak diketahui dengan pasti kapan tepatnya renang dijadikan sebagai cabang olahraga profesional. Yang jelas, sejak puluhan ribu tahun lalu, sudah banyak manusia kuno dan purba yang telah mempelajari teknik berenang untuk menjadi penyintas di alam liar.

Diberitakan Britannica, olahraga renang telah dilakukan secara profesional pada 2500 Sebelum Masehi di Mesir kuno, Asiria, Romawi, dan Yunani.

Pada zaman yang lebih modern, yakni abad ke-17, olahraga renang wajib diajarkan di sekolah-sekolah Jepang, sesuai dengan peraturan yang dikeluarkan oleh kaisar Jepang pada saat itu. Peraturan itu masih berlaku hingga kini di seluruh sekolah yang ada di Jepang.

4. Tsu Chu
Dari Gulat hingga Lari, Ini 5 Olahraga Paling Kuno di Dunia

Jika mengira bahwa sepak bola merupakan olahraga asli dari Eropa, kamu salah. Faktanya, Bangsa Tiongkok Kuno sudah bermain sepak bola secara profesional dan ini merupakan sejarah awal mula sepak bola modern.

Permainan bola ini bernama tsu chu, sebuah permainan bola yang sudah ada di Tiongkok kuno sejak 5000 Sebelum Masehi, alias 7000 tahun lalu, seperti ditulis dalam Football Network.

Permainan ini lantas sangat terkenal pada masa pemerintahan Dinasti Tsin, sekitar 255 Sebelum Masehi. Pada saat itu, tsu chu dimasukkan ke dalam pendidikan kesehatan khusus tentara atau prajurit.

5. Olahraga Lari
Dari Gulat hingga Lari, Ini 5 Olahraga Paling Kuno di Dunia

Lari merupakan cabang olahraga tertua yang pernah ada dan semua orang bisa melakukannya. Itu karena berlari tidak membutuhkan peralatan khusus. Bahkan, zaman dulu, atlet lari melakukannya tanpa alas kaki.

Olahraga lari dipercaya telah ada sejak 15 ribu tahun lalu, namun belum dilombakan secara profesional. Baru sekitar tahun 700 Sebelum Masehi, olahraga lari sudah mulai dilombakan secara profesional.

Jika Anda senang melakukan olahraga (meski tak terlalu lama namun rutin dan dilakukan dengan santai), maka aktivitas tersebut bisa meningkatkan hormon-hormon baik dalam otak seperti adrenalin, serotonin, dopamin, dan endorfin. Hormon ini berperan dalam meningkatkan daya tahan tubuh. Endorphin adalah zat yang diproduksi kelenjar pituitari dan berada di bawah otak. Manfaat endorphin adalah sebagai penghilang sakit.

Penelitian yang dibuat ilmuwan Skotlandia menunjukkan adanya perasaan enak setelah berolahraga antara 30 menit sampai 1 jam. Orang yang melakukan olahraga secara rutin dapat menghasilkan endorphin. Endorphin juga dapat dihasilkan apabila seseorang mengalami rasa gembira.

Suatu penelitian menunjukkan bahwa ketika seseorang tertawa maka akan merangsang saraf simpati untuk memproduksi endorphin yang dapat menghilangkan rasa sakit.

Olahraga setiap hari membuat mental menjadi lebih sehat, pikiran jernih, stres berkurang dan memicu timbulnya perasaan bahagia.