Berikut Adalah Beberapa Gerakan Yoga yang Bisa Dicoba Pemula

Berikut Adalah Beberapa Gerakan Yoga yang Bisa Dicoba Pemula

Berikut Adalah Beberapa Gerakan Yoga yang Bisa Dicoba Pemula -Yoga berarti “penyatuan”, yang bermakna “penyatuan dengan alam” atau “penyatuan dengan Sang Pencipta”. Yoga merupakan salah satu dari enam ajaran dalam filsafat Hindu, yang menitikberatkan pada aktivitas  meditasi atau tapa di mana seseorang memusatkan seluruh pikiran untuk mengontrol panca indranya dan tubuhnya secara keseluruhan.

Masyarakat global umumnya mengenal Yoga sebagai aktivitas latihan utamanya asana (postur) bagian dari Hatta Yoga. Yoga juga digunakan sebagai salah satu pengobatan alternatif, biasanya hal ini dilakukan dengan latihan pernapasan, olah tubuh dan meditasi, yang telah dikenal dan dipraktikkan selama lebih dari 5000 tahun.

Yoga adalah salah satu olahraga yang tampak ringan, namun sebenarnya idn poker app sangat berat. Berat karena tak hanya menguji ketahanan tubuh, tetapi juga ketahanan mental karena butuh kesabaran yang luar biasa untuk melakukan hal-hal ini. Karena itulah yoga sangat cocok bagi mereka yang mencoba belajar bersabar atau ingin mendapatkan stamina yang kuat.

1. Mountain pose
10 Gerakan Yoga Efektif yang Paling Mudah bagi Pemula

Tampak hanya seperti berdiri, tetapi posisi ini banyak manfaatnya, yaitu untuk relaksasi dan mengatur pernapasan. Tahan napasmu selama lima hingga delapan detik, lalu hembuskan perlahan sambil mempertahankan pose ini.

2. Downward Facing Dog pose
10 Gerakan Yoga Efektif yang Paling Mudah bagi Pemula

Gerakan ini berguna untuk merenggangkan dan melenturkan tubuh. Pertahankan kurang lebih selama 20 hingga 30 detik untuk tiap sesinya.

3. Plank pose
10 Gerakan Yoga Efektif yang Paling Mudah bagi Pemula

Mudahnya adalah melakukan gerakan push-up tanpa perlu mendorong tubuh ke bawah.  Pertahankan selama satu menit untuk merasakan susahnya gerakan ini.

4. Triangle pose
10 Gerakan Yoga Efektif yang Paling Mudah bagi Pemula

Selain merenggangkan tubuh bagian samping, posisi ini juga melatih paru-parumu untuk membuka lebih lebar. Kaki dan seluruh tubuh juga turut terlatih berkat gerakan ini. Lakukan secara perlahan dan pertahankan selama kurang lebih 20 detik sebelum berganti arah.

5. Tree pose
10 Gerakan Yoga Efektif yang Paling Mudah bagi Pemula

Gerakan ini bagus untuk melatih keseimbangan para pemula. Di sisi lain, tree pose dapat menyegarkan pikiran dan meningkatkan kemampuan fokus. Lakukan selama 30 detik hingga satu menit sebelum berganti kaki.

6. Warrior 1 pose
10 Gerakan Yoga Efektif yang Paling Mudah bagi Pemula

Secara dasar, gerakan ini dipakai untuk melatih kekuatan dan stamina di yoga. dengan gerakan yang mengarah ke depan seperti ini, kepercayaan diri pun dapat meningkat. Pertahankan selama kurang lebih satu menit sebelum berganti kaki.

7. Warrior 2 pose
10 Gerakan Yoga Efektif yang Paling Mudah bagi Pemula

Warrior 2 pose melatih kaki dengan cara merenggangkan tubuh bagian bawah. Ada sudut-sudut yang harus kamu capai sebenarnya, namun untuk pemula cobalah menirukan gaya ini terlebih dahulu. Pertahankan selama 30 detik sebelum berganti sisi.

8. Seated Forward Bend pose
10 Gerakan Yoga Efektif yang Paling Mudah bagi Pemula

Salah satu tujuan utama yoga adalah merenggangkan tubuh. Posisi ini adalah salah satu gerakan utama dengan tujuan itu.

Perlahan-lahan punggungmu akan meregang hingga bisa menyentuh bagian depan kaki. Satu menit adalah waktu yang baik mempertahankan posisi ini untuk pemula.

9. Bridge Pose
10 Gerakan Yoga Efektif yang Paling Mudah bagi Pemula

Anggap saja ini adalah gerakan yang melawan gerakan seated forward bend pose. Ketimbang merenggangkan tubuh ke arah depan, gerakan ini melatih perenggangan tubuh bagian belakang. Lakukan juga selama satu menit.

10. Child’s Pose
10 Gerakan Yoga Efektif yang Paling Mudah bagi Pemula

Gerakan ini cocok untuk beristirahat dan menutup rangkaian gerakan yoga ini. Mudah dan bermanfaat, child’s pose sangat cocok untuk pemula. Pertahankan selama satu menit untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Sekarang kalian sudah mengetahui gerakan-gerakan yoga ini. Silakan dicoba di rumah, tetapi jangan terlalu dipaksakan. Ingat, yoga melatih kesabaran lewat proses.

Kamu tidak bisa mendapatkan hasilnya jika sedikit-sedikit berhenti. Lakukan secara konsisten walaupun tidak sepenuhnya seperti di gambar. Percayalah, nanti kamu akan tahu.

Ajaran Yoga dibangun oleh Maharsi Patanjali, dan merupakan ajaran yang sangat populer di kalangan umat Hindu. Ajaran yoga merupakan ilmu yang bersifat praktis dari ajaran Veda. Yoga berakar dari kata Yuj yang berarti berhubungan, yaitu bertemunya roh individu (atman/purusa) dengan roh universal (Paramatman/Mahapurusa). Maharsi Patanjali mengartikan yoga sebagai Cittavrttinirodha yaitu penghentian gerak pikiran.

Sastra Yogasutra yang ditulis oleh Maharsi Patanjali, yang terbagi atas empat bagian dan secara keseluruhan mengandung 194 sutra. Bagian pertama disebut: Samadhipada, sedangkan bagian kedua disebut: Sadhanapada, bagian ketiga disebut: Vibhutipada, dan yang terakhir disebut: Kailvalyapada.