Beragam Manfaat yang Harus Kamu Tahu Dari Olahraga Skipping

Beragam Manfaat yang Harus Kamu Tahu Dari Olahraga Skipping

Beragam Manfaat yang Harus Kamu Tahu Dari Olahraga Skipping – Banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk tetap berolahraga di tengah kesibukan yang cukup padat. Salah satu pilihannya adalah melakukan olahraga ringan yang bisa kamu lakukan di mana saja.

Lompat tali atau yang dikenal dengan skipping menjadi salah satu jenis olahraga ringan yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan manfaat olahraga. Jenis olahraga yang masuk ke dalam kelompok olahraga plyometric menjadi salah satu olahraga ringan yang dapat meningkatkan kekuatan tubuh, loh.

Terdapat berbagai jenis lompat tali yang meliputi: gaya bebas tunggal, kecepatan idn poker mobile tunggal, pasangan, kecepatan tiga orang, dan gaya bebas tiga orang. Skipping atau olahraga lompat tali populer di kalangan usia namun jenis olahraga ini sering disepelekan karena dianggap terlalu ringan padahal jenis olahraga ini juga memiliki manfaat untuk kesehatan.

1. Skipping tidak membutuhkan pemanasan
5 Manfaat Tersembunyi dari Skipping, Jangan Anggap Sepele

Skipping sangat mudah digunakan dan tidak membutuhkan pemanasan. Hal ini karena skipping hanya memerlukan tekanan yang rendah dan seluruh tubuh ikut bergerak sehingga kamu gak perlu capek-capek untuk melakukan pemanasan. Selain itu skipping memiliki efek strecthing sehingga tubuhmu akan lebih lentur dan bisa saja bertambah tinggi namun hal ini hanya bisa dirasakan saat kamu rajin skipping dari sejak masa kanak-kanak. Hal ini karena saat masa kanak-kanak, tulang masih masa pertumbuhan sedangkan jika sudah dewasa pertumbuhan tulang sudah terhenti.

2. Sangat aman untuk sendi
5 Manfaat Tersembunyi dari Skipping, Jangan Anggap Sepele

Saat kamu melakukan skipping kamu tak perlu khawatir akan cedera di daerah persendian karena jenis olahraga ini sangat aman dan masuk dalam kategori olahraga low impact. Memang skipping hanya memerlukan tekanan yang rendah sehingga sendi-sendi tetap aman dan tidak akan cedera. So, jika kamu merupakan orang yang takut cedera maka cobalah jenis olahraga ini karena sangat aman!

3. Bakar kalori dengan banyak
5 Manfaat Tersembunyi dari Skipping, Jangan Anggap Sepele

Banyak yang memilih jenis olahraga treadmill atau latihan beban karena disangka efektif untuk membakar kalori. Padahal justru olahraga skipping-lah yang lebih efektif untuk menurunkan berat badan karena seluruh tubuh ikut bergerak. Skipping juga masuk dalam kategori HIIT karena dalam satu jam saja kalori yang terbakar bisa mencapai 1.300 kkal. Bahkan jika kamu lakukan skipping selama 10 menit maka hasilnya akan sama dengan olahraga lari selama 45 menit lho!

4. Bagus untuk pemula
5 Manfaat Tersembunyi dari Skipping, Jangan Anggap Sepele

Siapapun bisa menggunakan skipping baik tua maupun muda bahkan anak-anak sekalipun. Kamu tidak membutuhkan skill apapun karena kamu hanya butuh untuk melompat dan siapapun bisa melakukannya. Oleh sebab itu jenis olahraga ini aman dilakukan bagi pemula dan alat skipping pun bisa dengan mudah didapatkan serta harganya relatif murah.

5. Bantu jaga keseimbangan tubuh
5 Manfaat Tersembunyi dari Skipping, Jangan Anggap Sepele

Dengan rutin melakukan skipping maka keseimbangan tubuh pun bisa tetap terjaga. Hal ini karena skipping membuat tubuh loncat dari bawah ke atas begitu seterusnya sehingga otomatis kseimbangan tubuh bisa terjaga. Berkat skipping maka koordinasi tubuh pun berjalan dengan baik dan sistem motorik pun berjalan dengan normal.

Lompat Tali atau skipping juga menjadi olahraga yang cocok bagi kamu yang sedang ingin menurunkan berat badan. Pasalnya, dengan melakukan  skipping  sebanyak 20 kali dalam setiap sesi latihan, kamu bisa membakar sebanyak 200 kalori. Namun, ada berbagai hal yang perlu kamu perhatikan sebelum melakukan olahraga skipping, agar terhindar dari cedera yang berisiko kamu alami.