Beberapa Tips Agar Gak Bau Badan Saat Melakukan Olahraga

Beberapa Tips Agar Gak Bau Badan Saat Melakukan Olahraga

Beberapa Tips Agar Gak Bau Badan Saat Melakukan Olahraga – Bau badan  atau bromhidrosis (juga disebut bromidrosis, osmidrosis dan ozochrotia) adalah bau bakteri pada tubuh. Bakteri tersebut bertambah jumlahnya dengan cepat karena kehadiran keringat, tetapi keringat sendiri sebenarnya tidak berbau.

Bau badan sering berhubungan dengan rambut, kaki, anus, kulit,  ketiak, alat kelamin dan mulut. Aktivitas olahraga memang diperlukan supaya badan tetap bugar dan sehat, termasuk para pria.

Baik itu olahraga yang ringan hingga yang berat. Kalau sudah berolahraga begitu, siap-siap deh badan menjadi bau karena keringat. Memiliki bau badan terkadang membuat kita merasa kurang percaya diri.

1. Mandi sebelum berolahraga
5 Tips Mengatasi Bau Badan Saat Olahraga, Perhatikan Bro!

Tips pertama yang bisa pria lakukan agar gak bau badan saat olahraga adalah mandi terlebih dahulu. Pastikan kamu membersihkan bagian tubuh yang sering berkeringat, seperti selangkangan, belakang lutut, dan juga kaki.

Agar hasilnya maksimal, maka gunakan sabun antibakteri. Biasanya, sabun dengan klaim antibakteri memiliki formula yang bisa menghilangkan body odor dengan efisien. Jangan lupa mengeringkan badan dengan sempurna!

2. Gunakan produk deodoran antiperspiran
5 Tips Mengatasi Bau Badan Saat Olahraga, Perhatikan Bro!

Produk deodoran antiperspiran diklaim dapat menahan produksi keringat. Selain itu, deodoran jenis ini juga bisa mencegah bau gak sedap. Cocok buat kamu yang memiliki masalah bau badan nih, Bro.

Waktu terbaik untuk menggunakan deodoran antiperspiran ialah ketika sebelum berolahraga, setelah mandi, dan sebelum tidur. Jangan lupa untuk diaplikasikan, ya.

3. Selalu membawa handuk kecil
5 Tips Mengatasi Bau Badan Saat Olahraga, Perhatikan Bro!

Walaupun ada tempat gym yang memberikan fasilitas handuk kecil, tapi gak ada salahnya untuk selalu membawanya di tas. Kamu bisa menggunakan handuk ini untuk menyeka keringat ketika berolahraga.

Pastikan kamu menggunakan handuk dengan bahan katun ringan yang menyerap keringat dan mudah kering. Saat selesai berolahraga, jangan lupa untuk selalu mencuci handuk tersebut agar tidak menjadi sumber kuman.

4. Gunakan pakaian yang mudah menyerap keringat
5 Tips Mengatasi Bau Badan Saat Olahraga, Perhatikan Bro!

Penting banget untuk memperhatikan pakaian yang akan dikenakan saat berolahraga. Salah satu penyebab bau badan saat olahraga adalah pemilihan bahan pakaian yang gak tepat. Pakaian yang salah justru membuat tubuh menjadi bau.

Sebaiknya, pilih bahan yang bisa menyerap keringat dengan baik. Jika keringat terserap dengan baik, maka bakteri pada tubuh gak akan bisa berkembang biak.

5. Perhatikan asupan makanan
5 Tips Mengatasi Bau Badan Saat Olahraga, Perhatikan Bro!

Tahukah kamu jika ada beberapa jenis makanan yang bisa berkontribusi dalam menyebabkan bau badan saat olahraga? Makanan tersebut adalah yang memiliki rasa terlalu pedas dan berbagai jenis bawang. Kamu gak perlu menghindarinya, cukup atur porsi dengan bijak, ya!

Bagi Anda yang mengalami masalah bau badan, beberapa cara menghilangkan bau badan berikut ini bisa membantu Anda untuk mengatasinya. Dengan demikian, Anda pun bisa lebih percaya diri dan lebih nyaman beraktivitas. Bau badan biasanya muncul ketika seseorang banyak berkeringat. Namun, pemicunya bukanlah keringat, melainkan bakteri yang ada di kulit.

Saat tubuh banyak berkeringat, bakteri di kulit akan mudah berkembang biak dan memecah protein pada keringat menjadi zat asam, sehingga bau badan pun menjadi tidak sedap. Selain karena bakteri di kulit, munculnya bau badan juga bisa dipengaruhi oleh perubahan hormon androgen di dalam tubuh. Inilah salah satu alasan mengapa remaja yang sedang berada di masa pubertas lebih sering mengalami bau badan.