Beberapa Pemain Top yang Menjadi Goodwill Ambassador PBB

Beberapa Pemain Top yang Menjadi Goodwill Ambassador PBB

Beberapa Pemain Top yang Menjadi Goodwill Ambassador PBB – Perserikatan Bangsa-Bangsa disingkat sebagai PBB adalah organisasi internasional yang didirikan pada tanggal 24 Oktober 1945 untuk mendorong kerjasama internasional.

Badan ini merupakan pengganti Liga Bangsa-Bangsa dan didirikan setelah Perang Dunia II untuk mencegah terjadinya konflik serupa Untuk mencapai tujuannya tersebut, PBB meminta sukarelawan untuk menjadi goodwill ambassador sejak awal 1950. Tokoh-tokoh terkemuka dari berbagai bidang dipilih mengemban tugas ini, termasuk pemain sepak bola.

Penunjukan goodwill ambassador bertujuan meningkatkan kesadaran untuk meningkatkan kehidupan manusia di dunia. Beberapa pesepak bola dianggap dapat menyentuh isu tertentu dan memberikan pengaruh positif terhadap banyak orang.

1. Lionel Messi
5 Pemain Sepak Bola yang Jadi Ambassador Badan PBB

United Nations Children’s Fund (UNICEF) menunjuk Lionel Messi sebagai goodwill ambassador pada Maret 2010. Badan PBB yang memiliki perhatian kepada anak ini langsung mengajak Messi ke Haiti untuk mengunjungi anak-anak korban gempa bumi pada saat itu. Tujuannya untuk memberikan perhatian pada dunia tentang penderitaan yang dialami anak-anak di sana.

Messi sendiri selama kariernya telah banyak mengikuti kegiatan amal untuk membantu anak-anak rentan. Ini dilakukan karena pengalamannya pada saat kecil yang mengalami kesulitan medis. Selain itu, pemain terbaik dunia ini telah mendirikan organisasi amalnya sendiri, yaitu Leo Messi Foundation. Organisasi ini berinvestasi pada layanan kesehatan untuk meningkatkan kehidupan anak-anak.

Selain Lionel Messi, ada beberapa pesepak bola yang ditunjuk menjadi ambassador UNICEF untuk negaranya masing-masing. Nama-nama tersebut adalah Sergio Ramos (Spanyol), Matt Hummels (Jerman), Robert Lewandowski (Polandia), Edin Dzeko (Bosnia), Victor Lindelof (Swedia), Makoto Hasebe (Jepang), Antonio Valencia (Ekuador), dan Henrikh Mkhitaryan (Armenia).

2. Marta Vieira da Silva
5 Pemain Sepak Bola yang Jadi Ambassador Badan PBB

Disebut sebagai pemain sepak bola perempuan terbaik sepanjang sejarah, Marta Vieira da Silva ditunjuk sebagai goodwill ambassador for women and girl in sport oleh UN Women. Ia secara resmi mengabdikan dirinya sejak Juli 2018. Pemain asal Brasil ini ditugaskan untuk membantu program UN Women dalam kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan di seluruh dunia.

Sebelumnya, Marta menjadi goodwill ambassador untuk United Nations Development Programme (UNDP). Ia mengabdikan diri di sana pada 2010—2018. Tugasnya ketika itu adalah mempromosikan upaya PBB untuk mencapai tujuan pembangunan milenium (MDGs) yang berfokus pada pemberdayaan perempuan.

3. Alisson Becker
5 Pemain Sepak Bola yang Jadi Ambassador Badan PBB

Allison Becker ditunjuk sebagai goodwill ambassador  for health promotion oleh World Health Organization (WHO) pada 20 Mei 2019. Penunjukan kiper asal Brasil ini diumumkan langsung oleh Dr. Tedros, Direktur Jenderal WHO saat itu, pada pembukaan pertemuan ke-72 organisasi kesehatan ini. Sebagai salah satu kiper terbaik di dunia, Allison bertugas untuk mempromosikan aktivitas fisik, terutama pada anak-anak.

Bukan hanya Allison, istrinya, Dr. Natalia Loewe Becker, juga ditunjuk pada waktu yang bersamaan. Ia merupakan seorang dokter dan advokat kesehatan di Brasil. Keduanya memiliki tugas untuk mempromosikan kehidupan yang lebih sehat, tenaga kesehatan yang lebih kuat, serta meningkatkan kesehatan mental secara global.

4. Gianluigi Buffon
5 Pemain Sepak Bola yang Jadi Ambassador Badan PBB

Satu lagi nama kiper yang menjadi goodwill ambassador di badan PBB adalah Gianluigi Buffon. Ia dipilih menjadi bagian dari World Food Programme (WFP), badan di bawah naungan PBB yang berpusat di Roma, Italia. Badan ini dibentuk untuk memerangi kelaparan yang ada di seluruh dunia.

Buffon secara resmi menjadi goodwill ambassador WFP pada 9 Oktober 2019. Salah satu kiper terbaik sepanjang sejarah ini dianggap bisa menjangkau dunia luas untuk memastikan seluruh masyarakat mengerti permasalahan kelaparan pada jutaan orang. Selain itu, ia berkesempatan untuk mengunjungi 83 negara di mana WFP membantu masyarakat yang sedang kesulitan pangan. Ia juga diharapkan bisa menyebarkan program yang telah dilakukan oleh WFP dalam mengubah hidup mereka.

5. Alphonso Davies
5 Pemain Sepak Bola yang Jadi Ambassador Badan PBB

Alphonso Davies merupakan pemain sepak bola pertama yang menjadi  goodwill ambassador bagi badan United Nations High Commissioner for Refugee (UNHCR). Badan ini berfungsi untuk memberikan bantuan dan keamanan bagi para pengungsi. Ia secara resmi menjadi ambassador pada 24 Maret 2021.

Pemain berkebangsaan Kanada ini tahu betul rasanya menjadi seorang pengungsi. Davies lahir di kamp pengungsian di Ghana setelah keluarganya harus melarikan diri dari Liberia karena perang saudara. Barulah pada saat usianya 5 tahun, ia dan keluarganya bermigrasi ke Kanada.

Dengan pengalamannya itu, bek kiri Bayern Munchen ini merasa beruntung karena kamp pengungsian memberikan tempat yang aman baginya dan keluarganya. Saat ini, Davies ingin menyebarkan pesan pentingnya membantu para pengungsi di mana pun mereka berada. Ia juga merasa mereka membutuhkan bantuan untuk hidup dan akses yang baik terhadap pendidikan dan olahraga agar cita-cita mereka tercapai.

Selain negara anggota, beberapa organisasi internasional, dan organisasi antar-negara mendapat tempat sebagai pengamat permanen yang mempunyai kantor di Markas Besar PBB, dan ada juga yang hanya berstatus sebagai pengamat.

Palestina dan Vatikan adalah negara bukan anggota (non-member states) dan termasuk pengamat permanen (Tahta Suci mempunyai wakil permanen di PBB, sedangkan Palestina mempunyai kantor permanen di PBB)