Beberapa Manfaat Baik Pendinginan Setelah Melakukan Olahraga

Beberapa Manfaat Baik Pendinginan Setelah Melakukan Olahraga

Beberapa Manfaat Baik Pendinginan Setelah Melakukan Olahraga – Olahraga sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Dengan berolahraga metabolisme tubuh menjadi lancar sehingga distribusi dan penyerapan nutrisi dalam tubuh menjadi lebih efektif dan efisien.

Kombinasi diet, olahraga dan tidur merupakan kunci yang penting untuk kesehatan total.  Oleh karena itulah olahraga sangat digemari banyak orang. Dengan berolahraga rutin, secara tidak langsung tubuh juga akan memiliki kondisi yang lebih prima serta ideal dibandingkan sebelumnya. Pikiran jauh lebih tenang, dan diri menjadi jauh lebih produktif.

Tentu akan sangat nyaman kalau kita bisa langsung berbaring saat selesai olahraga, tetapi sayangnya penelitian menunjukkan bahwa mereka yang tidak meluangkan waktu untuk melakukan pendinginan setelah olahraga bisa terkena getahnya nanti. Dari sakit otot dan berbagai risiko cedera lainnya yang merupakan risiko melewatkannya.

1. Mempercepat pemulihan otot
5 Manfaat Pendinginan Setelah Olahraga yang Perlu Kamu Tahu

Peningkatan sirkulasi darah yang terjadi melalui pendinginan memungkinkan otot-otot untuk rileks dan menerima oksigen ini untuk langsung memulihkan dirinya yang habis diajak untuk berlatih.

Ketika denyut jantung menurun setelah berolahraga, kamu memberi waktu pada tubuhmu untuk benar-benar menerima aliran darah, yang memulai proses pemulihan jauh lebih cepat daripada kalau kamu langsung berhenti dan berbaring untuk beristirahat tanpa melakukan pendinginan terlebih dahulu.

2. Membuat tubuh lebih fleksibel
5 Manfaat Pendinginan Setelah Olahraga yang Perlu Kamu Tahu

Memiliki tubuh yang lebih fleksibel tidak hanya memungkinkanmu untuk mampu melakukan beberapa pose yoga yang menarik, tetapi juga akan mengurangi ketegangan otot. Setelah beberapa minggu pendinginan pasca olahraga rutin, kamu akan melihat perbedaan dalam fleksibilitasmu

3. Melindungi sendi-sendi
5 Manfaat Pendinginan Setelah Olahraga yang Perlu Kamu Tahu

Sendi-sendi dalam tubuhmu dikelilingi oleh jaringan ikat dan memiliki ikatan otot. Sewaktu kamu melakukan pendinginan di area-area tubuhmu yang memiliki sendiri seperti lutut, pinggul dan bahu, kamu mengurangi ketegangan dan kebuntuan di sekitar area tersebut. Ini akan mengurangi tekanan pada sendi dan memungkinkan mereka untuk bergerak lebih bebas.

4. Mengurangi risiko kram
5 Manfaat Pendinginan Setelah Olahraga yang Perlu Kamu Tahu

Saat kamu menghilangkan asam laktat yang terbentuk saat berolahraga melalui pendinginan, kamu juga merilekskan otot dan membiarkan energi, cairan tubuh dan darah mengalir mengalir tanpa ‘tersangkut’ di mana saja.

Cairan yang tersangkut ini sering menyebabkan kram. Dehidrasi juga bisa menjadi faktor dalam kram pasca-olahraga, karena itu jangan lupa juga untuk minum cukup air sembali melakukan pendinginan.

5. Mendinginkan tubuh
5 Manfaat Pendinginan Setelah Olahraga yang Perlu Kamu Tahu

Seperti namanya, pendinginan berguna untuk mendinginkan tubuhmu. Sirkulasi oksigen yang meningkat berarti detak jantung yang lebih rendah, secara bertahap membawa tubuhmu kembali ke denyut istirahat. Kamu membawa tubuhmu kembali seimbang secara perlahan, yang akan memberikan relaksasi kepada dirimu.

Ada banyak sekali manfaat olahraga yang diperoleh tubuh jika rutin dilakukan. Sebaiknya, olahraga dilakukan setiap hari minimal 30 menit. Tidak perlu melakukan olahraga berat untuk bisa mendapatkan manfaatnya, cukup yang ringan saja, seperti jalan kaki atau joging pada pagi hari. Jika tidak sempat, olahraga ringan malam hari juga memungkinkan.

Berolahraga membuat semua bagian tubuh kamu bergerak, sehingga bisa meningkatkan fleksibilitas. Otot tubuh juga menjadi lebih elastis dan tidak kaku. Bagi anak-anak, olahraga amat penting untuk menunjang perkembangan postur tubuhnya. Menurut Kathleen, anak yang rutin berolahraga sejak kecil akan memiliki postur tubuh yang tegap dan tidak membungkuk saat berjalan.