Aturan Skor Bulu Tangkis yang Berlaku Pernah Berganti 3x Lho

Aturan Skor Bulu Tangkis yang Berlaku Pernah Berganti 3x Lho

Aturan Skor Bulu Tangkis yang Berlaku Pernah Berganti 3x Lho – Bulu tangkis adalah suatu olahraga yang menggunakan alat yang berbentuk bulat dengan memiliki rongga rongga di bagian pemukulnya. Dan memiliki gagang. Alat ini dikenal dengan nama raket yang dimainkan oleh dua orang atau dua pasangan yang saling berlawanan.

Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) mengusulkan kepada Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) untuk mengubah sistem skor pertandingan bulu tangkis dari sistem 3×21 menjadi sistem 5×11. Usulan ini nantinya akan dibawa dalam Rapat Tahunan BWF yang akan digelar pada 22 Mei 2021.

Pada rapat tahunan tersebut, peserta rapat akan diminta untuk melakukan voting terhadap setiap usulan Club388 Indonesia tersebut. Nyatanya, perubahan sistem skor pada bulu tangkis tak hanya baru akan terjadi pada sekali ini saja. Sudah tiga kali sistem skor berganti dalam turnamen bulu tangkis.

1. Aturan klasik bulu tangkis dengan 3×15 dan 3×11
Gonta-ganti 3 Kali, Ini Aturan Skor Bulu Tangkis yang Pernah Berlaku

Sebelum memasuki masa milenium baru, pertandingan bulu tangkis menggunakan sistem skor yang klasik. Perhitungan klasik ini Lebih dikenal dengan sistem 3×15 (putra) dan 3×11 (putri).

Dalam sistem ini juga kita kenal dengan aturan pindah bola. Aturan ini yang menetapkan poin hanya akan diraih pemain yang mendapat kesempatan dalam melakukan sevice dan berhasil memastikan bola untuk masuk/in dan mendapat skor.

2. Aturan 5×7 Mulai berlaku sejak 2002
Gonta-ganti 3 Kali, Ini Aturan Skor Bulu Tangkis yang Pernah Berlaku

Pada 2002, sistem skor klasik mulai ditinggalkan. BWF memutuskan untuk melakukan inovasi baru dengan memberlakukan aturan skor baru.

Disebut-sebut langkah ini juga diambil supaya menaikkan pamor bulu tangkis yang terbilang kalah jauh dibandingkan dengan tenis. Sistem skor 5×7 diterapkan.

“Tahun 2002 berubah menjadi 5×7 tapi tetap pindah bola itu,” ujar Pengamat bulu tangkis yang kini menjadi Kabid Humas dan Media PBSI Broto Happy.

Artinya, untuk memenangkan pertandingan tersebut, pemain harus mengamankan sedikitnya tiga game dengan kemenangan.

“Jadi waktu tim Thomas Indonesia merebut piala Thomas 2002 di Guangzhou (Tiongkok), formatnya masih ini,” ujar Broto.

Semua Aturan pindah bola masih berlaku di sistem ini. Sayangnya, aturan ini hanya kuat bertahan selama delapan bulan saja.

3. Aturan 3×21, sistem reli dan masih digunakan hingga saat ini

Istilah Bahasa Inggris Dalam Permainan Bulu Tangkis Dan Artinya

Pada Mei 2006, sistem poin 3×21 diberlakukan BWF baik bagi nomor pertandingan putra dan juga putri. Perbedaan paling signifikan dibanding dua sistem terdahulunya adalah tak ada sistem pindah bola dalam aturan ini.

Sistem 3×21 menggunakan aturan reli. Artinya, setiap atlet melakukan kesalahan, dia juga menyumbang satu poin untuk lawan. Para atlet hanya perlu mengamankan dua game saja agar dapat menuju kemenangan dengan sistem ini. Aturan-aturan  ini yang masih digunakan hingga saat ini Lho.