Ada Banyak Manfaat Penting Melakukan Squat bagi Kesehatan

Ada Banyak Manfaat Penting Melakukan Squat bagi Kesehatan

Ada Banyak Manfaat Penting Melakukan Squat bagi Kesehatan  – Squat adalah latihan kekuatan di mana peserta pelatihan menurunkan pinggul mereka dari posisi berdiri dan kemudian berdiri kembali. Selama penurunan jongkok,  sendi pinggul dan lutut melenturkan sementara sendi pergelangan kaki dorsofleksi ; sebaliknya sendi pinggul dan lutut memanjang dan sendi pergelangan kaki plantarfleksi saat berdiri.

Squat dianggap sebagai latihan vital untuk meningkatkan kekuatan dan ukuran otot tubuh bagian bawah serta mengembangkan kekuatan inti. Otot  agonis utama yang digunakan selama jongkok adalah paha depan femorisadduktor magnus dan gluteus maximus. Jongkok juga secara isometrik menggunakan erector spinae dan otot perut, antara lain.

Selama ini squat dikenal sebagai latihan yang berguna untuk Aplikasi Poker77 mengencangkan dan membentuk otot tubuh bagian bawah. Tapi kenyataannya, squat bukan sekadar latihan yang berguna untuk memperbaiki fisik saja. Terdapat beberapa manfaat luar biasa jika rutin melakukan squat bagi kesehatan. Ditambah, squat bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja tanpa memerlukan piranti khusus, sehingga cocok dijadikan sebagai rutinitas.

1. Meningkatkan fleksibilitas dan tetap lincah hingga usia lanjut
Yuk Jadikan Rutinitas, Ini 6 Manfaat Penting Squat bagi Kesehatan 

Otot, tendon, dan ligamen semakin menjadi kurang elastis seiring bertambahnya usia. Gerakan dalam squat seperti jongkok dan berdiri secara berkali-kali akan membuat tubuh lebih lentur dan fleksibel karena latihan ini melibatkan tekukan dan peregangan otot-otot kaki. Jadi, pastikan kamu rajin melakukan squat secara konsisten untuk menjaga fleksibilitas dan tetap lincah sampai usia lanjut.

2. Meningkatkan mobilitas dan keseimbangan tubuh
Yuk Jadikan Rutinitas, Ini 6 Manfaat Penting Squat bagi Kesehatan 

Kaki yang kuat sangat penting agar kamu dapat tetap bergerak dengan lincah dan aktif walaupun usia semakin bertambah. Nah, salah satu cara sederhana yang bisa kamu lakukan untuk menguatkan otot kaki adalah dengan melakukan squat secara rutin. Tidak hanya bermanfaat untuk meningkatkan kekuatan kaki, squat juga berguna untuk melatih otot inti, dan menstabilkan otot. Otot-otot ini berperan dalam menjaga keseimbangan tubuh dan meningkatkan komunikasi antara otak dan otot, sehingga tubuh tidak mudah jatuh.

3. Melancarkan peredaran darah dan pencernaan
Yuk Jadikan Rutinitas, Ini 6 Manfaat Penting Squat bagi Kesehatan 

Squat sangat bermanfaat untuk meningkatkan sirkulasi darah dan kesehatan pencernaan. Saat melakukan squat, aliran darah ke seluruh tubuh akan meningkat yang memungkinkan lebih banyak oksigen dan nutrisi mengalir ke organ-organ tubuh termasuk usus halus. Dampaknya efisiensi usus halus akan meningkat dan pencernaan semakin sehat.

4. Memperbaiki postur tubuh
Yuk Jadikan Rutinitas, Ini 6 Manfaat Penting Squat bagi Kesehatan 

Sebelumnya telah disebutkan bahwa squat mampu meningkatkan kekuatan kaki dan inti atau core, yaitu otot yang melingkar di seputar perut hingga punggung. Meningkatnya kekuatan pada bagian tersebut juga berdampak pada semakin baiknya postur tubuh. Hal ini lantaran postur dipengaruhi oleh otot-otot di bagian depan dan belakang tubuh yang bekerja secara bersama-sama.

5. Meningkatkan kekuatan tulang
Yuk Jadikan Rutinitas, Ini 6 Manfaat Penting Squat bagi Kesehatan 

Karena salah satu gerakan pada squat, yaitu jongkok adalah latihan menahan beban, hal ini membantu meningkatkan kekuatan tubuh secara keseluruhan yang sangat bagus bagi remaja dan juga orang tua yang memiliki kepadatan tulang rendah. Meningkatnya kekuatan tulang ini juga sangat bermanfaat untuk mengurangi risiko cedera.

6. Meningkatkan kecepatan dan kemampuan melompat
Yuk Jadikan Rutinitas, Ini 6 Manfaat Penting Squat bagi Kesehatan 

Peningkatan kekuatan anggota gerak bagian bawah seperti kaki juga disertai dengan meningkatnya akselerasi serta lompatan. Jadi, buat kamu yang hobi olahraga seperti tenis, basket, voli, badminton, kamu wajib menjadikan squat sebagai rutinitas guna meningkatkan performa permainan.

Setelah mengetahui beberapa manfaat luar biasa squat bagi tubuh, pasti kamu langsung pengen mempraktikkannya. Nah, supaya tubuh tidak pegal-pegal setelah squat, kamu perlu melakukan squat secara perlahan-lahan, mulai dari 20 kali squat perhari lalu tambah jumlah repetis pada hari-hari berikutnya.

Squat adalah salah satu dari tiga lift dalam olahraga kekuatan powerlifting , bersama dengan deadlift dan bench press . Ini juga dianggap sebagai latihan pokok di banyak program latihan rekreasi populer.

Squat dapat dilakukan pada kedalaman yang berbeda-beda. Standar kompetisi adalah lipatan pinggul (permukaan atas kaki di sendi pinggul) jatuh di bawah bagian atas lutut; ini secara sehari-hari dikenal sebagai kedalaman “paralel”.