Tips Supaya Tidak Mager Berolahraga Saat Menstruasi

Tips Supaya Tidak Mager Berolahraga Saat Menstruasi

Tips Supaya Tidak Mager Berolahraga Saat MenstruasiMenstruasi adalah proses keluarnya darah dari vagina yang terjadi diakibatkan siklus bulanan alami pada tubuh wanita. Sering kali kamu mager untuk olahraga saat menstruasi. Tidak hanya karena mood yang lagi tidak stabil, tetapi juga nyeri dan kram yang mengganggu aktivitas kamu. Mungkin kamu sudah coba berbagai cara untuk meringankan nyeri dan kram tersebut.

Siklus ini merupakan proses organ reproduksi wanita untuk bersiap jika terjadi kehamilan. Persiapan ini ditandai dengan penebalan dinding rahim (endometrium) yang berisi pembuluh darah. Akan tetapi, tetap olahraga saat menstruasi ternyata malah bermanfaat banyak, lho! Salah satu manfaat berolahraga saat menstruasi adalah tubuh bisa menghasilkan endorfin.

Endorfin adalah hormon yang dihasilkan otak untuk mengurangi rasa sakit. Manfaatnya selain itu adalah mengurangi inflamasi, melancarkan peredaran darah, dan meningkatkan energi untuk beraktivitas. Dengan manfaat-manfaat tersebut, yuk ketahui caranya supaya kamu gak mager dan tetap aktif olahraga saat menstruasi!

1. Lakukan olahraga ringan yang kamu suka
Walaupun Mager, 5 Cara Tetap Aktif Olahraga saat Menstruasi

Tidak masalah kalau kamu hanya bisa melakukan olahraga ringan, yang penting tubuh kamu tetap aktif. Lakukan saja olahraga ringan yang kamu suka; seperti jalan kaki, yoga, dan peregangan badan. Intinya, jangan paksakan diri berolahraga berat dan tidak mampu kamu lakukan saat menstruasi.

2. Fokus ke manfaat olahraga yang ingin kamu dapatkan 
Walaupun Mager, 5 Cara Tetap Aktif Olahraga saat Menstruasi

Apa sih yang bikin kamu mager olahraga saat menstruasi? Mungkin nyeri, kram, atau tubuh yang lemas. Nah, daripada fokus ke hal tersebut, coba fokus ke manfaat yang kamu mau dari olahraga meski sedang menstruasi.

Apa manfaat yang kamu mau? Misalnya, mengurangi nyeri dan kram supaya tidak mengganggu pekerjaan, untuk program diet, atau mengurangi stres.

3. Kenakan produk menstruasi yang bikin kamu nyaman saat olahraga 
Walaupun Mager, 5 Cara Tetap Aktif Olahraga saat Menstruasi

Pilihlah pembalut yang bikin kamu nyaman sesuai aktivitas olahraga yang kamu pilih. Selain itu, kamu bisa mengenakan tampon, menstrual cup, atau celana dalam khusus menstruasi. Jangan ragu untuk menyesuaikan diri dengan berbagai produk pembalut demi kenyamanan kamu saat olahraga.

4. Jangan terlalu memaksakan diri 
Walaupun Mager, 5 Cara Tetap Aktif Olahraga saat Menstruasi

Walaupun harus tetap aktif, tetapi jangan paksakan diri juga. Kalau kamu tidak sanggup olahraga seperti biasanya, tidak masalah. Kegiatan apa pun yang membuat tubuh bergerak, melancarkan peredaran darah dan menghasilkan endorfin tetaplah olahraga. Lakukan minimal lima menit saja. Kalau tidak sanggup atau capek, kamu bisa istirahat terus coba lagi.

Jalan-jalan di sekitar rumah tetaplah olahraga, begitu pula yoga santai atau sekadar meregangkan badan di kursi. Apa pun pilihan olahraga kamu yang kamu suka, yang penting tubuh kamu tetap aktif saat menstruasi.

5. Tetap perhatikan tubuh kamu 
Walaupun Mager, 5 Cara Tetap Aktif Olahraga saat Menstruasi

Selalu perhatikan kondisi tubuh kamu. Kebutuhan tubuh setiap orang berbeda-beda saat menstruasi. Ada kalanya kamu punya banyak energi untuk olahraga, tetapi ada saatnya kamu lelah dan harus istirahat. Jangan sedih kalau menstruasi bikin kamu tidak bisa berolahraga.

Walaupun mager, tidak ada salahnya olahraga saat menstruasi agar tubuh kamu tetap aktif. Pilihlah olahraga yang sesuai dengan keadaan kamu saat menstruasi dan selalu utamakan kesehatan tubuh kamu, ya!