Tips Berlatih Yoga dan untuk Berpikir Secara Positif

Tips Berlatih Yoga dan untuk Berpikir Secara Positif

Tips Berlatih Yoga dan untuk Berpikir Secara Positif – Yoga dari bahasa Sanskerta berarti “penyatuan”, yang bermakna “penyatuan dengan alam” atau “penyatuan dengan Sang Pencipta”. Yoga mengacu pada sebuah tradisi latihan fisik dan mental yang berasal dari India. Ada bermacam-macam tujuan yoga mulai dari peningkatan kondisi kesehatan sampai meraih Moksha (pencerahan).

Moksha artinya pembebasan diri dari penderitaan duniawi (Samsara) dan realisasi diri dalam persatuan dengan Sang Brahman (mencapai kehidupan dalam Tuhan atau dalam cahaya Ilahi).

Yoga merupakan salah satu dari enam ajaran dalam filsafat Hindu, yang menitikberatkan pada aktivitas meditasi atau tapa di mana seseorang memusatkan seluruh pikiran untuk mengontrol panca indranya dan tubuhnya secara keseluruhan. Dilansir dari Apk IDN Poker777 Latihan yoga dirancang untuk melepaskan ketegangan jiwa (Samskaras) dan menghadirkan kebahagiaan sejati. Latihan ini akan meningkatkan kesehatan tubuh dan meningkatkan sisi positif dalam pikiran.

Cara ini dapat segera mengatasi kecenderungan negatif serta mencapai kehidupan yang bahagia dan sejahtera. Berpikir positif dan bermeditasi setiap hari adalah dua tehnik dasar untuk mencapai pencerahan.

1. Lari

Berlari di tempat, biarkan kedua lengan Anda berayun di sisi tubuh Anda. Bayangkan Anda melihat cahaya, berputar arah sambil berpikir, “Aku sedang berlari ke arah yang positif.” Apa hal positif yang akan Anda lakukan hari ini?
2. Lakukan gerakan kincir angin

Renggangkan kedua kaki Anda, membungkuk ke depan, berputar seperti kincir angin dari tulang punggung sambil berpikir:
  • “Tujuanku adalah …”. Apa tujuan yang ingin Anda raih dalam hidup Anda? Tentukan tiga buah tujuan.
3. Lakukan pose kodok

Rapatkan kedua kaki Anda. Bungkukkan tubuh bagian atas Anda ke depan. Turunkan bokong Anda lalu angkat kepala (tubuh bagian atas). Lakukan sebaliknya. Berlatihlah pose kodok ini beberapa kali sambil berpikir:
  • “Aku mempunyai kekuatan dan daya tahan.”
4. Gunakan tangan dan kaki Anda

Gambar berjudul Do Yoga and Positive Thinking Step 5

Berbaring menelungkup di atas perut Anda. Angkat lengan kiri dan kaki kanan Anda. Letakkan kembali di lantai lalu angkat lengan kanan dan kaki kiri. Lakukan gerakan ini beberapa kali. Pikirkan,
  • “Aku menghadapi segala sesuatu apa adanya.” Apa yang Anda ingin hadapi hari ini?
5. Libatkan bagian atas tubuh Anda

Gambar berjudul Do Yoga and Positive Thinking Step 6

Berbaring dengan posisi telungkup, dengan kedua telapak tangan Anda di lantai lalu tekan dan gerakkan tubuh atas Anda naik dan turun. Kepala ke atas dan ke depan. Sambil menarik dan membuang napas, pikirkan,
  • “Aku melepaskan keinginan-keinginan yang buruk.” Apa yang ingin Anda lepaskan hari ini?
6. Lakukan gerakan memuntir punggung

Gambar berjudul Do Yoga and Positive Thinking Step 7

Dalam posisi telungkup, gerakkan pinggul Anda ke kanan lalu ke kiri. Kepala Anda harus diletakkan di atas kedua telapak tangan Anda. Pikirkan,
  • “Aku sedih karena …”. Apa yang membuat Anda murung hari ini?
7. Gerakkan kedua kaki Anda sambil menelungkup

Gambar berjudul Do Yoga and Positive Thinking Step 8

Kepala berbaring nyaman di atas kedua telapak tangan Anda. Pikirkan,
  • “Aku memaafkan… (pasanganku/orang tuaku/alam semesta/Tuhan), karena ia… Aku memaafkan diriku sendiri, karena aku …”. Siapa yang ingin Anda maafkan hari ini? Pikirkan kata-kata ini sampai perasaan sedih muncul di dalam hati Anda, lepaskan dan maafkan.
8. Lakukan gerakan bersepeda

Gambar berjudul Do Yoga and Positive Thinking Step 9

Berbaring menghadap ke atas, angkat kepala Anda lalu gerakkan lengan dan kaki Anda. Pikirkan,
  • “Aku bergerak ke arah yang positif. Hari ini aku berpikir positif tentang….”. Apa yang membuat pikiran Anda menjadi positif? Pikirkan tentang hal-hal yang indah dalam hidup ini. Apa hal-hal yang baik dalam hidup Anda?
9. Lakukan pose lilin

Gambar berjudul Do Yoga and Positive Thinking Step 10

Angkat kaki Anda lurus ke atas. Kedua tangan menopang tubuh Anda di punggung. Sambil membayangkan langit, gerakkan kedua kaki Anda lalu ucapkan berulang-ulang mantra “Surga”, pikirkan terus sampai Anda bisa merasakan energinya.
10. Masuklah ke dalam pose meditasi duduk

Gambar berjudul Do Yoga and Positive Thinking Step 11

Berguling turun dari pose lilin ke dalam posisi meditasi (duduk bersila atau duduk di atas tumit). Letakkan kedua tangan di atas pangkuan Anda. Punggung lurus dan perut dilemaskan. Rapatkan kedua telapak tangan lalu pikirkan, “Aku mengirimkan cahaya untuk …┬áSemoga semua makhluk berbahagia. Semoga seluruh alam semesta berbahagia.” Tenangkan sejenak pikiran Anda. Beristirahat. Jalani hidup Anda dengan penuh rasa optimis.