The Minions Indonesia Menjadi Ganda Putra Peringkat 1 Dunia

The Minions Indonesia Menjadi Ganda Putra Peringkat 1 Dunia

The Minions Indonesia Menjadi Ganda Putra Peringkat 1 Dunia – Federasi Bulu Tangkis Internasional (BWF) kembali mengaktifkan peringkat dunia setelah dibekukan sejak Maret 2020, dengan pasangan kebanggaan Indonesia, Kevin Sanjaya Sukamuljo / Marcus Fernaldi Gideon masih bertahan sebagai ganda putra nomor satu dunia.

Peringkat dunia itu kembali dibuka setelah berakhirnya tiga turnamen Leg Asia di Bangkok, Thailand yang digelar sepanjang Januari lalu. Ganda putra Indonesia, Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon, hingga saat ini masih tercatat sebagai pasangan peringkat satu dunia versi BWF.

Ini jadi tahun keempat Kevin/Marcus bertahta. Catatan ini membawa nama Kevin/Marcus menjadi ganda putra peringkat satu dunia paling lama dalam sejarah. The Minions, begitu sapaan keduanya, hingga saat ini masih jadi salah satu ganda putra paling sulit dikalahkan.

1. Menguasai peringkat pertama selama 4 tahun
Kevin/Marcus Jadi Ganda Putra Nomor Satu Terlama di Dunia

Kevin/Marcus pertama kali dipasangkan pada 2015. Pasangan ini pernah mencicipi peringkat satu dunia pada Maret 2017 namun hanya bertahan selama lebih kurang tiga pekan.

Kevin/Marcus kembali ke puncak pada April 2017. Setelah bertahan selama lebih kurang dua bulan, Kevin/Marcus kembali lengser.

Baru pada 28 September 2017, The Minions kembali merajai klasemen ganda putra. Posisi keduanya tak tersalip hingga hari ini.

The Minions jadi ganda putra paling lama dalam sejarah menempati peringkat satu dunia dan melampaui rekor pasangan Korea Selatan, Lee Yong-dae/Yoo Yeon-seong.

2. Masih belum bosan jadi pasangan
Kevin/Marcus Jadi Ganda Putra Nomor Satu Terlama di Dunia

Enam tahun dipasangkan, Kevin/Marcus mengaku belum bosan bermain bersama. Keduanya mengaku, lama dipasangkan justru membuat The Minions semakin saling mengerti satu sama lain.

“Udah 6 tahun ya udah tahu banget kekurangan dan kelebihan satu sama lain. Ya makin ngerti lah, makin lama makin paham,” kata Kevin dalam bincang virtual dengan Liliyana Natsir di kanal YouTube pbdjarum.

“Bosen belum lah, kan masih ada beberapa (gelar) yang belum dapat,” kata Marcus menambahkan.

3. Peringkat satu dunia tapi belum jadi juara dunia
Kevin/Marcus Jadi Ganda Putra Nomor Satu Terlama di Dunia

Bicara soal gelar jadi juara, Kevin/Marcus sudah tak lagi canggung berdiri di podium tertinggi. Nyaris seluruh gelar kejuaraan BWF World Tour sudah diraih pasangan yang punya selisih umur 4 tahun ini.

Empat tahun menjadi peringkat satu dunia, ternyata ada satu gelar yang belum juga berhasil diraih The Minions untuk menyempurnakan prestasinya.

Kevin/Marcus belum berhasil keluar sebagai juara dunia di Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis. Akankah Kevin/Marcus menyempurnakan capaiannya di Kejuaraan Dunia 2021 yang berlangsung di Huelva, Spanyol pada Desember 2021 mendatang?

Pada sektor tunggal putra, pemain Jepang Kento Momota masih menempati posisi satu dunia meski absen pada tiga turnamen level Super 1000 di Bangkok, Januari lalu.

Viktor Axelsen yang menjuarai Yonex Thailand Open, Toyota Thailand Open dan runner up BWF World Tour Finals 2020 juga naik ke peringkat kedua.

Selain itu, kenaikan ranking juga dialami oleh Anthony Sinisuka Ginting yang kini tembus lima besar dunia. Sementara itu, pemain Taiwan Chou Tien Chen yang sempat menduduki posisi kedua harus turun ke posisi keempat.