Ternyata Gerakan Yoga dan Pilates Serupa Tapi Tak Sama Lho

Ternyata Gerakan Yoga dan Pilates Serupa Tapi Tak Sama Lho

Ternyata Gerakan Yoga dan Pilates Serupa Tapi Tak Sama Lho – Pilates adalah suatu metode olahraga yang dikembangkan oleh Joseph Hubert Pilates yang berasal dari Jerman pada awal abad ke-20. Metode ini difokuskan untuk kelenturan serta fleksibilitas seluruh bagian tubuh.

Yoga  berarti “penyatuan”, yang bermakna “penyatuan dengan alam” atau “penyatuan dengan Sang Pencipta”. Yoga merupakan salah satu dari enam ajaran dalam filsafat Hindu, yang menitikberatkan pada aktivitas meditasi atau tapa di mana seseorang memusatkan seluruh pikiran untuk mengontrol  panca indranya dan tubuhnya secara keseluruhan.

Bagi kamu yang awam terhadap dua jenis olahraga ini, mungkin kamu menemukan sedikit kebingungan apa yang sebenarnya menjadi pembeda antara Club388 Indonesia pilates dan yoga. Pasalnya, jika dilihat sepintas, keduanya memang cukup mirip.

Namun, yoga dan pilates adalah dua hal yang sesungguhnya sangat berbeda. Mulai dari asal usul hingga tujuan dan teknik bernapasnya, berikut beberapa perbedaan antara yoga dan pilates!

1. Asal usul masing-masing
Serupa Tapi Tak Sama, Ini 5 Perbedaan Utama Yoga dan Pilates

Yoga lahir sebagai sebuah tradisi di India lebih dari 5.000 tahun yang lalu. Tujuannya adalah untuk menyelaraskan kesadaran individu dan kesadaran universal yang membahagiakan. Dengan kata lain, yoga menghubungkan antara postur, napas, dan meditasi yang berdampak pada kesehatan fisik, mental, emosi, dan spiritual.

Joseph Pilates mengemukakan sebuah kegiatan fisik yang ditujukan untuk rehabitilasi fisik pada tahun 1925. Aktivitas yang kemudian dikenal dengan nama pilates ini memiliki tujuan untuk menguatkan otot, memperbaiki postur tubuh dan tulang belakang, serta mengembangkan keseimbangan tubuh.

2. Komponen yang digunakan
Serupa Tapi Tak Sama, Ini 5 Perbedaan Utama Yoga dan Pilates

Boleh jadi, komponen spiritual adalah hal yang menjadi perbedaan paling mendasar dari yoga dan pilates. Yoga menerapkan meditasi yang akan membantu menenangkan pikiran sehingga mengurangi stres melalui teknik bernapas tertentu.

Sebaliknya, pilates hanya berfokus pada aktivitas fisik. Olahraga ini juga dianjurkan bagi para atlet yang mengalami cedera sehingga kondisinya dapat kembali membaik.

3. Metode
Serupa Tapi Tak Sama, Ini 5 Perbedaan Utama Yoga dan Pilates

Selain matras, setiap kelas yoga terkadang membutuhkan perlengkapan tertentu lainnya seperti blok yoga dan band. Namun, peralatan ini bukanlah peralatan besar dan dimaksudkan untuk mempermudah para pemula serta menyempurnakan asana. Tiap kelas juga biasanya diakhiri dengan savasana serta meditasi.

Sementara itu, kelas pilates tidak jarang membutuhkan perlengkapan khusus berupa mesin-mesin tertentu. Tujuannya tidak lain untuk ‘memanaskan’ otot dan menjaga keseimbangan tubuh.

4. Tujuan utama melakukannya
Serupa Tapi Tak Sama, Ini 5 Perbedaan Utama Yoga dan Pilates

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, yoga dilakukan untuk menciptakan koordinasi yang baik antara pikiran dan tubuh. Tidak sedikit bahkan orang yang mengambil kelas yoga sebagai salah satu proses mental healing, dengan bonus postur yang apik dan tubuh yang lebih fit.

Di sisi lain, pilates banyak dipilih untuk memenuhi kebutuhan kekuatan dan bentuk fisik. Otot-otot pun menjadi lebih terbentuk dan kuat.

5. Jalur napas
Serupa Tapi Tak Sama, Ini 5 Perbedaan Utama Yoga dan Pilates

Pada dasarnya, baik yoga maupun pilates sama-sama membutuhkan kontrol napas yang baik. Hanya saja, umumnya, bila inhalation pada pilates dilakukan melalui hidung dan exhalation dilakukan dengan mulut, tidak demikian dengan yoga.

Di nyaris seluruh yoga sequence, pengaturan napas perut hanya melalui hidung, baik inhalation maupun exhalation. Pranayama (pengontrolan napas) menjadi dasar dari setiap gerakan yoga dan meditasi. Teknik ini memberikan kekuatan yang luar biasa untuk menenangkan pikiran dan batin serta kembali menyegarkan tubuh yang lelah.

Nah, jelas kan, bedanya? Kamu pun bisa memilih yang sesuai kebutuhan. Bila kamu cenderung untuk hanya melatih kekuatan fisik, pilates akan lebih cocok. Sebaliknya, bila kamu juga membutuhkan ketenangan dan kemampuan untuk menenangkan pikiran dan mental, yoga boleh jadi pilihan yang lebih tepat.