Teknologi yang Sering Dipakai dalam Sepak Bola di era Modern

Teknologi yang Sering Dipakai dalam Sepak Bola di era Modern

Teknologi yang Sering Dipakai dalam Sepak Bola di era Modern – sepak bola asosiasi, adalah cabang olahraga yang menggunakan bola yang umumnya terbuat dari bahan kulit dan dimainkan oleh dua tim yang masing-masing beranggotakan 11 (sebelas) orang pemain inti dan beberapa pemain cadangan. Sepak bola saat ini merupakan olahraga yang paling populer. Dengan perkembangan teknologi yang sangat pesat, sepak bola juga tak luput dari dampak semakin canggihnya teknologi yang ada.

Teknologi adalah keseluruhan sarana untuk menyediakan barang-barang yang diperlukan bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia. Teknologi dapat membantu pengembangan para pemain sampai membantu wasit dalam mengambil keputusan. Sudah banyak teknologi yang diterapkan oleh FIFA dalam dunia sepak bola.

Lantas, Dilansir dari Togel Deposit Pulsa Tri 10rb apa saja teknologi yang sudah dipakai dalam sepak bola? Jika kamu penasaran, simak artikel berikut ini!

1. Goal Line Technology

Dalam sepak bola, teknologi garis gawang (bahasa Inggris: goal-line technology, sering disingkat GLT) merupakan salah satu cara yang digunakan untuk menentukan bilamana bola telah sepenuhnya melewati garis gawang dengan bantuan berbagai perangkat elektronik dan pada saat yang sama membantu wasit dalam menyatakan sebuah gol telah terjadi atau tidak.

Cara kerja dari teknologi ini adalah dengan menempatkan tujuh kamera yang diletakkan pada atap stadion dengan mengarah ke gawang. Kamera tersebut akan mengirimkan sinyal jika bola sudah melewati garis gawang. Goal Line Technology pertama kali digunakan pada tahun 2012 dalam ajang Piala Dunia Antar Klub.

Dengan adanya teknologi ini, sudah banyak membantu keputusan wasit jika terdapat sapuan yang tepat berada di garis gawang. Sangat jarang kontroversi yang terjadi terkait teknologi ini.

2. Video Assistant Referee (VAR)

Asisten wasit video (bahasa Inggris: Video Assistant Referee) atau VAR adalah asisten wasit sepak bola yang bertugas meninjau keputusan wasit kepala dengan melihat rekaman video instan.

Video Assistant Referee atau VAR merupakan teknologi terbaru yang diterapkan oleh FIFA. Fungsinya adalah mengkaji insiden-insiden yang mungkin terlewatkan oleh wasit utama. Dalam ruangan VAR biasanya terdapat empat wasit yang mengoperasikannya.

Teknologi ini sudah mulai di uji coba sejak 2017. Lalu, VAR mulai dipopulerkan lewat ajang Piala Dunia 2018 di Rusia. Setelah itu, banyak liga-liga besar yang sudah menggunakan VAR.

3. miCoach Soccer

Tak hanya membantu di lapangan dalam pengambilan keputusan wasit, teknologi juga dapat membantu perkembangan pemain. Salahs atu contohnya adalah miCoach Soccer yang diproduksi oleh Adidas.

Teknologi ini pertama kali dipakai oleh Lionel Messi. MiCoach Soccer merupakan aplikasi yang dapat mengakses chip yang ditempatkan dalam sepatu. Aplikasi tersebut dapat memuat data dari aktivitas pemain mulai dari jarak lari, kecepatan lari, serta data lainnya.

Aplikasi terkait miCoach Soccer saat ini baru tersedia bagi iPhone dan iPod Touch. Salah satu sepatu yang terdapat teknologi ini adalah Adidas Adizero F50.

4. FootBonaut

Footbonaut adalah mesin pelatihan sepak bola yang menembakkan bola dengan kecepatan dan lintasan yang berbeda kepada para pemain, yang harus mengendalikan dan mengoper bola ke kotak yang disorot.

Untuk perkembangan pemain, teknologi juga sudah diterapkan dalam sesi latihan pemain. Salah satunya adalah teknologi yang bernama FootBonaut yang digunakan oleh salah satu raksasa Bundesliga, Borussia Dortmund.

5. Electronic Performance & Tracking System (EPTS)

Electronic Performance & Tracking System (EPTS), salah satu teknologi dalam sepak bola. Teknolgi ini punya fungsi mutakhir seperti melacak pergerakan seorang pemain bersama bola di lapangan.

Keuntungan adanya teknologi yang masuk dalam dunia sepak bola tidak hanya dapat dirasakan oleh wasti dan pemain saja, pelatih pun ikut kecipratan keuntungan tersebut. Electronic Performance and Tracking System (EPTS) merupakan teknologi yang dapat menjadi acuan pelatih dalam merancang strategi.

6. GPS Sport Vest

GPS Sport Vest merupakan inovasi teknologi hasil kerja sama Australian Institute of Sport (AIS) dan Cooperative Research Centres (CRC). Awalnya, teknologi ini digunakan untuk memaksimalkan performa atlet Australia.

GPS Sport Vest mungkin menjadi teknologi yang sudah tersebar di seluruh dunia. Australian Institute of Sport (AIS) dan Cooperative Research Centres (CRC) adalah lembaga yang memperkenalkan pertama kali teknologi tersebut pada publik pada 2006.

7. Video Wall

Dinding video adalah pengaturan multi-monitor khusus yang terdiri dari beberapa monitor komputer, proyektor video, atau perangkat televisi yang disusun bersama-sama atau tumpang tindih untuk membentuk satu layar besar.

Teknologi ini adalah layar yang berukuran 6 x 3 meter dengan 4 kamera yang masing-masing sudah teringtegrasi. Layar tersebut akan berisi video latihan yang dapat digunakan pelatih untuk menyusun strategi serta menganalisa permainan secara detail.