Rekomendasi Pose Yoga yang Seru Dilakukan Bersama Pasangan

Rekomendasi Pose Yoga yang Seru Dilakukan Bersama Pasangan

Rekomendasi Pose Yoga yang Seru Dilakukan Bersama Pasangan

Rekomendasi Pose Yoga yang Seru Dilakukan Bersama Pasangan – Jika kehabisan ide aktivitas apa yang bisa dilakukan di rumah, mungkin yoga berpasangan bisa jadi pilihan. Ini menarik karena ada banyak pose dalam yoga yang bisa dilakukan oleh dua orang. Bahkan bagi yang suka tantangan, bisa juga mencoba jenis acroyoga dengan sentuhan gerakan akrobatik.

Yoga berdua ini bisa dilakukan berpasangan dengan teman, partner,  instruktur, atau siapa saja. Selain membuat olahraga menjadi semakin menyenangkan, tentu juga meningkatkan ikatan antara kedua pihak. Zaman sekarang kekompakan dengan pasangan bisa kamu tunjukkan dalam berbagai cara baru. Misalnya kompak menjalani kehidupan sehat bersama.

Saling mendukung dalam suka maupun duka sangat tercermin dari kekompakan kalian saat olahraga bareng. Salah satu bentuk olahraga yang bisa semakin menyatukan kalian adalah yoga. Tujuan dasar dari olah tubuh asal India ini adalah menyatukan pikiran, tubuh dan jiwamu. Maka gak heran kalau yoga pasangan dapat memperkuat ikatan di antara kalian berdua juga.

Pose Setengah Half Lord Of The Fishes atau Ardha Matsyendrasana sangat mudah dan menambah intimasi.
5 Pose Yoga Pasangan untuk Mempererat Hubungan Cinta Kalian!

Pose dasar dalam posisi duduk ini sangat mudah, namun merupakan gerakan yang intim ketika dilakukan bersama pasanganmu. Duduklah saling memunggi dengan posisi bersila dalam pose Sukhasana. Tarik napas seraya mengangkat kedua lengan kalian ke atas.

Hembuskan napas selagi kamu dan pasangan memutar tubuh ke kanan. Raih lutut, tulang kering atau paha kanan pasanganmu dengan tangan kirimu. Seiring dengan setiap tarikan napas, perpanjang jangkauan tanganmu dan raih lebih jauh.

Sementara itu dengan setiap hembusan napas, pergunakan lutut pasanganmu untuk memutar tubuhmu lebih dalam secara perlahan. Cobalah untuk mensinkronkan napas kalian berdua. Lakukan selama 5 sampai 10 napas lalu ganti ke sisi sebaliknya.

Dengan pose Bound Angle alias Baddha Konasana kamu dan dia memasuki koneksi yang lebih mendalam.
5 Pose Yoga Pasangan untuk Mempererat Hubungan Cinta Kalian!

Duduklah saling memunggungi satu sama lain, satukan kedua telapak kakimu. Tarik napas dan rentangkan tulang punggungmu. Hembuskan napas, kemudian salah satu dari kalian membungkuk ke depan. Yang ditekuk dari bagian pinggang bukan punggung, sehingga usahakan punggungmu tetap tegap ya.

Ketika salah seorang dari kalian menekuk tubuh, yang satunya menyandarkan kepala dan bahunya ke punggung pasangannya dan merelaksasi tubuh selagi jantung, tulang belikat dan dada pasangan yang membungkuk mengembang.

Tahan selama 5 sampai 10 tarikan napas kemudian kembali tegakkan tubuh sambil menarik napas. Ulangi latihan ini dengan berganti posisi siapa yang membungkuk siapa yang bersandar. Jika lututmu terasa tidak nyaman atau terlalu jauh dari lantai, letakkan selimut, bantal, atau guling di bawahnya sebagai penyokong.

Pose Camel + Plow atau Ustrasana + Halasana membantumu semakin memahami satu sama lain tanpa berkata-kata.
5 Pose Yoga Pasangan untuk Mempererat Hubungan Cinta Kalian!

Pose yoga yang satu ini sedikit lebih sulit, sehingga beberapa dari kamu mungkin akan kesulitan saat mencobanya untuk pertama kali. Pastikan kamu mengoptimalkan penggunaan alat bantu dan merasakan tubuh pasanganmu untuk mengetahui apa yang terasa nyaman sebelum maju lebih jauh.

Pasangan yang menjadi dasar berbaring terlentang di lantai kemudian mengangkat kedua tungkai kaki, menariknya ke atas kepala sampai ujung kaki menyentuh lantai di belakang kepala sehingga membentuk pose bantal (pillow pose). Jika jari-jari kaki orang yang menjadi dasar tidak dapat menyentuh lantai, bantu pasanganmu dan letakkan sesuatu di bawah kaki mereka, misalnya balok kayu.

Pasangan kedua berlutut sambil memunggungi pasangan pertama dengan posisi kedua tungkai kaki membingkai di kiri dan kanan tubuh pasangan pertama. Setelah itu pasangan kedua ini mulai menekuk tubuhnya ke belakang menjadi pose unta (camel pose) dengan kedua lutut yang tetap terbuka selebar pinggang. Jangkaulah ke belakang dan raihlah kaki pasangan yang menjadi dasar.

Jika kamu tidak merasa cukup stabil untuk menjangkau ke belakang, kamu boleh tetap dalam pose unta standar yaitu dengan memegang tumit kakimu sendiri (seperti di gambar). Pastikan untuk mengerahkan otot gluetus, tekan pinggangmu ke depan dan lengkungkan badanmu dari mulai dari dada ke punggung atas untuk merasakan manfaat penuh dari pose unta. Tahan selama lima napas dalam, setelah itu ganti posisi antar pasangan.

Pose Anuvittasana dapat menjadi momen bercengkrama antara kalian.
5 Pose Yoga Pasangan untuk Mempererat Hubungan Cinta Kalian!

Ini adalah gerakan yang paling cocok untuk membuka dada dan punggungmu, serta merupakan latihan yang lebih menyenangkan bagi kalian berdua. Berdirilah saling memunggungi dan tautkan siku kalian. Pasangan yang menjadi dasar menekuk lututnya, mengokohkan otot inti tubuh dan mulai menunduk ke depan sementara pasangan yang satunya menyandar ke belakang.

Pasangan yang menjadi dasar terus menunduk semakin jauh ke depan sampai kaki pasangannya tidak lagi menyentuh lantai. Tahan pose ini selama beberapa tarikan napas kemudian perlahan-lahan tekuk lutut sampai kaki pasangan yang diangkat menyentuh lantai. Setelah itu gantian.

Pose Flying Bow/Wheel alias Urdhva Dhanurasana akan meningkatkan rasa saling percaya dan membuat kalian berdua merasa bahagia.
5 Pose Yoga Pasangan untuk Mempererat Hubungan Cinta Kalian!

Pose ini sangat membutuhkan kekuatan dan rasa saling percaya. Pose Dhanurasana akan membuat kalian berdua merasa sangat bahagia setelah berhasil melakukannya. Pasangan yang berperan sebagai dasar berbaring terlentang dengan lutut ditekuk dan telapak kaki rata di lantai.

Pasangan yang akan diangkat berdiri di dekat pasangan yang menjadi dasar sambil memunggunginya. Setelah itu orang yang menjadi dasar meletakkan kakinya secara mantap pada punggung bawah pasangannya dengan posisi tumit pada otot gluetus pasangan.

Pasangan yang diangkat menekuk tubuh sambil menjangkau ke belakang dengan kedua lengan. Pasangan yang menjadi dasar memegang pundak pasangan yang diangkat, lalu mengangkat kakinya tegak ke udara sehingga mengangkat pasangannya dari atas lantai. Sekarang kalian berdua sudah berhasil melakukan acro yoga yang dikenal dengan Pose Back Bird.

Sebagian besar gerakan yoga berpasangan adalah pose yang telah dimodifikasi. Salah satunya adalah Double Tree yang merupakan variasi dari Tree Pose atau vrksasana. Jenis pose ini banyak dipilih karena sangat cocok bagi pemula.Ketika melakukan gerakan ini, masing-masing orang berdiri dengan menjaga keseimbangan hanya ditopang satu kaki.

Kemudian, saling berpegangan dengan partner sehingga posisi lebih seimbang.Salah satu tangan melingkar di pinggang satu sama lain, selain itu tangan lainnya bertemu di atas kepala. Kaki yang tidak berada di lantai bertumpu di paha bagian dalam atau betis (jangan lutut). Tahan selama beberapa detik.