Perlengkapan yang Wajib Disiapkan untuk Melakukan Skydiving

Perlengkapan yang Wajib Disiapkan untuk Melakukan Skydiving

Perlengkapan yang Wajib Disiapkan untuk Melakukan Skydiving – Terjun payung adalah aktivitas yang melibatkan terjun dari sebuah pesawat terbang menggunakan parasut yang dapat dibentangkan. Skydiving merupakan olahraga terjun payung dengan gaya bebas seperti penyelam yang menyelami laut. Olahraga ini pertama kali dimulai pada tahun 1919 oleh Andre-Jacques Garnerin dan Lelie Irvin.

Sejarah awal terjun payung tidak jelas. Diketahui Andre-Jacques Garnerin membuat lompatan parasut dari balon udara panas pada tahun 1797. Sebagai olahraga yang membahayakan, tentu untuk melakukan aktivitas ini butuh persiapan matang baik dari segi fisik, mental, ilmu dan peralatan yang komplek, yang tentu saja tidak murah.

Tetapi, jika kalian masih pemula sebaiknya melakukan skydiving bersama ahlinya, namun jika sudah memiliki lisensi kalian bisa melakukan skydiving secara mandiri. Apabila kalian berminat, ada beberapa perlengkapan yang wajib disiapkan selain fisik dan mental kalian. Mau tahu apa aja? Simak penjelasannya di bawah ini!

1. Jumpsuit
5 Perlengkapan Wajib Dibawa Sebelum Melakukan Skydiving, Apa Saja? 

Jumpsuit merupakan pakaian atau baju yang wajib kalian pakai sebelum melakukan skydiving. Jumpsuit berfungsi sebagai pelindung tubuh kalian dari terpaan dan tekanan angin kencang saat kalian terjuan dari ketinggian ribuan meter.

Harganya memang mahal, akan tetapi apabila belum mampu membeli kalian bisa menyewa jumpsuit ini. Namun, sebelum dipakai pastikan mengecek jumpsuit ini dalam keadaan baik dan tidak ada robek pada sisi tertentu, karena akan membahayakan kalian saat di udara.

2. Altimer
5 Perlengkapan Wajib Dibawa Sebelum Melakukan Skydiving, Apa Saja? 

Altimer merupakan alat yang berguna memberikan informasi ketinggian kepada kalian saat melakukan skydiving. Selain itu altimer juga berguna sebagai alat penghitungan kapan parasut akan kalian buka.

Alat ini jangan sampai absen karena sangat vital fungsinya. Biasanya alat ini dipakai dipergelangan tangan seperti jam dan ada yang model audio sehingga bisa memberitahu kalian lewat suara.

3. Goggles atau kacamata pelindung
5 Perlengkapan Wajib Dibawa Sebelum Melakukan Skydiving, Apa Saja? 

Kacamata pelindung atau goggles merupakan salah satu alat penting yang berguna melindungi mata kalian dari terpaan angin kencang saat terjun dari atas. Sehingga kalian bisa melihat kondisi di bawah dengan jelas.

Meskipun kalian terjun dengan kecepatan hampir 200 km/jam kalian tetap bisa menikmati pemandangan indah tanpa adanya hambatan. Jangan sampai kelupaan!

4. Parasut
5 Perlengkapan Wajib Dibawa Sebelum Melakukan Skydiving, Apa Saja? 

Parasut berfungsi sebagai penahan gaya gravitasi dengan mengendalikan angin ke atas sehingga skydiver bisa terhindar dari risiko pendaratan yang tidak sesuai. Selain parasut utama, kalian juga perlu menyiapkan parasut cadangan, biasanya ukurannya lebih kecil dan berguna jika parasut utama tidak bisa terbuka.

Namun, kalian juga harus paham betul momentum yang tepat untuk membuka parasut ini. Artinya, jangan terlalu cepat dan jangan sampai terlambat.

5. Helm
5 Perlengkapan Wajib Dibawa Sebelum Melakukan Skydiving, Apa Saja? 

Helm berguna sebagai pelindung kepala dari benturan sengan skydiver lain atau saat ada kemungkinan pendaratan darurat.  Pastikan helm telah terpasang sempurna pada kepala kalian dengan mengaitkan tali penjepit helm. Ukurannya sebisa mungkin pas di kepala kalian, karena apabila longgar akan mengganggu kenyamanan kalian saat berada di udara.

Itu tadi 5 perlengkapan yang wajib kalian siapkan sebelum skydiving. Meskipun mahal, perlengkapan tersebut setidaknya mampu menjaga keselamatan kalian saat melakukan skydiving. Ada yang berminat  dan berani mencoba olahraga skydiving?