Para Pemain Terbaik yang Punya History Baik Dalam NBA Draft

Para Pemain Terbaik yang Punya History Baik Dalam NBA Draft

Para Pemain Terbaik yang Punya History Baik Dalam NBA Draft – National Basketball Association (Asosiasi Bola Basket Nasional) atau dikenal dengan singkatan NBA adalah liga bola basket pria di Amerika Serikat dan merupakan liga basket paling bergengsi di dunia. NBA didirikan di New York City pada 6 Juni 1946 dengan nama Basketball Association of America (BAA).

Pada saat ini, di kompetisi NBA, terdapat 30 klub yang masing-masing berpusat di satu kota, kecuali Los Angeles yang mempunyai dua tim, yaitu Los Angeles Lakers dan Los Angeles Clippers. Oklahoma City Thunder merupakan tim besar yang baru mengubah nama franchise-nya di tahun 2008. Pada awalnya, Oklahoma City Thunder memiliki nama Seattle SuperSonics dan telah berdiri sejak tahun 1967.

Dalam sejarahnya, Seattle SuperSonics atau Oklahoma City Thunder merupakan salah satu tim terbaik di NBA. Satu gelar juara di tahun 1979 adalah bukti keperkasaan idn poker mereka. Selain itu, mereka juga punya history yang cukup baik dalam hal NBA Draft, terutama dalam kurun waktu 30 tahun terakhir. Lantas siapa sajakah pemain terbaik yang di-draft oleh Oklahoma City Thunder dalam 30 tahun terakhir?

1. Rashard Lewis
5 Pemain Terbaik yang di-Draft Oklahoma City dalam 30 Tahun Terakhir

Nama yang pertama ialah Rashard Lewis yang di-draft pada NBA Draft 1998 di urutan ke-32, saat Oklahoma City Thunder masih bernama Seattle Super Sonics. Rashard Lewis pernah memiliki karier yang cukup cemerlang bersama Super Sonics.

Dalam kurun waktu 9 musim, Ia berhasil memiliki rataan yang cukup tinggi yakni 16,6 PPG, 5,8 RPG dan 1,1 APG dan pernah tergabung dalam NBA All-Star di tahun 2005. Namun gelar juara tidak bisa ia hadirkan untuk Super Sonics dalam waktu tersebut.

Gelar juara baru Ia berhasil dapatkan kala Ia membela Miami Heat di tahun 2013. Selain itu pada tahun 2009, Rashard Lewis juga tergabung lagi ke dalam tim NBA All-Star untuk kedua kalinya kala Ia berseragam Orlando Magic.

2. Kevin Durant
5 Pemain Terbaik yang di-Draft Oklahoma City dalam 30 Tahun Terakhir

Kevin Durant menjadi satu-satunya pemain aktif yang tersisa dari hasil draft oleh Seattle Super Sonics. Kala itu, Durant di-draft di urutan ke-2 pada gelaran NBA Draft 2007 yang menjadi tahun terakhir Seattle Super Sonics di NBA sebelum berganti nama menjadi Oklahoma City Thunder.

Total 9 musim Durant membela Thunder, sebelum Ia membelot dan dianggap sebagai pengkhianat karena bergabung bersama Golden State Warriors di tahun 2016. Jika kita bicara mengenai prestasi, Durant sudah hampir punya segalanya.

Dua gelar juara NBA, penghargaan NBA MVP di tahun 2014 dan 11 kali keikutsertaannya dalam NBA All-Star Game hanyalah sebagian kecil dari penghargaan terbaik yang telah Ia punya hingga sejauh ini. Dan kini bersama Brooklyn Nets, Kevin Durant memiliki peluang yang cukup besar untuk mendapatkan gelar juara NBA ketiganya.

3. Russell Westbrook
5 Pemain Terbaik yang di-Draft Oklahoma City dalam 30 Tahun Terakhir

Setahun setelah mendapatkan Kevin Durant, Oklahoma City Thunder juga berhasil mendapatkan salah satu pemain terbaik dalam sejarah NBA, yakni Russell Westbrook. Pemain yang memegang rekor sebagai pemiliki jumlah triple-double terbanyak di NBA ini di-draft di urutan ke-4 pada gelaran NBA Draft 2008.

Bahkan dalam beberapa tahun, Russell Westbrook tampil sebagai maskot dan tulang punggung Oklahoma City Thunder. Setelah menghabiskan 11 tahun kariernya bersama Thunder, Westbrook akhirnya pindah ke Houston Rockets di tahun 2019.

Dan kini Ia telah berseragam Los Angeles Lakers dan menjadi salah satu yang terbaik di NBA. Penghargaan NBA MVP, 9 kali NBA All-Star dan 2 kali NBA All-First Team merupakan gelar terbaik yang saat ini telah Ia raih.

4. Serge Ibaka
5 Pemain Terbaik yang di-Draft Oklahoma City dalam 30 Tahun Terakhir

Di-draft di tahun yang sama bersama Russell Westbrook, Oklahoma City Thunder berhasil mendapatkan sebuah steal draft dalam diri seorang Serge Ibaka. Pemain berkebangsaan Spanyol ini, di-draft di urutan ke-24 dan menjadi pelengkap dari big three milik Thunder.

Walaupun tidak menonjol dalam hal menyerang, tetapi Ibaka memiliki kualitas bintang dalam bertahan. Ibaka tercatat sebagai pemain aktif dengan jumlah blok terbanyak di NBA saat ini. Selain itu, Ia juga tercatat telah 2 kali menjadi NBA Block Leader, tepatnya di tahun 2012 dan 2013.

Berkat kemampuannya tersebut, Ibaka juga pernah masuk ke dalam NBA All-Defensive First Team sebanyak 3 kali, walaupun tidak pernah meraih gelar NBA Defensive Player of the Year. Di luar gelar individunya, Ibaka juga pernah menjadi juara NBA di tahun 2019 bersama Toronto Raptors.

5. James Harden
5 Pemain Terbaik yang di-Draft Oklahoma City dalam 30 Tahun Terakhir

Nama yang terakhir ialah James Harden yang menjadi puzzle terakhir dari big three Oklahoma City Thunder. Harden di-draft di urutan ke-3 pada gelaran NBA Draft 2009 oleh Oklahoma City Thunder dan bermain selama 3 musim untuk tim tersebut.

Ketidak puasan terhadap peran yang Thunder berikan kepada dirinya menjadi alasan Ia pindah ke Houston Rockets di tahun 2012. Karena pada saat itu, James Harden memang ditempatkan sebagai pemain cadangan. Kendati demikian, Ia berhasil tampil luar biasa, bahkan berhasil meraih gelar NBA Sixth Man of the Year di tahun 2012.

Barulah pada saat membela Houston Rockets, pemain berjuluk the beard ini berhasil tampil menggila. Ia menjelma sebagai pemain bintang dan juga berhasil meraih gelar NBA MVP di tahun 2018. Selain itu, Ia juga telah tercatat sebanyak 6 kali masuk dalam All NBA First Team dan 9 kali masuk dalam NBA All-Star.

Sebelum masuk musim reguler, setiap tim memulai training camps (kamp pelatihan) pada akhir November. Kamp pelatihan ini diadakan oleh staf pelatih untuk mengevaluasi para pemainnya (terutama yang rookie), meneliti kekuatan tim dan kelemahannya, serta menentukan dua belas pemain utama yang akan berlaga di musim reguler. Setelah kamp pelatihan, ada sejumlah pertandingan persahabatan dengan sesama tim NBA. Akhir Oktober, musim reguler digelar.