Para Pemain Asing yang Bergelar NBA Most Improved Player

Para Pemain Asing yang Bergelar NBA Most Improved Player

Para Pemain Asing yang Bergelar NBA Most Improved Player  – National Basketball Association atau dikenal dengan singkatan NBA adalah liga bola basket pria di Amerika Serikat dan merupakan liga basket paling bergengsi di dunia. NBA didirikan di New York City pada 6 Juni 1946 dengan nama Basketball Association of America.

NBA Most Improved Player Award merupakan penghargaan dari NBA yang diberikan kepada pebasket yang mengalami peningkatan performa yang signifikan dalam semusim. Sejak pertama kali diadakan pada tahun 1986, total telah ada 36 pemain berbeda yang telah memenangkan penghargaan ini.

Pemain berkebangsaan Amerika Serikat jelas mendominasi dalam perolehan gelar ini. Hanya ada 6 nama pemain asing saja yang berhasil mendapatkan penghargaan NBA Most Improved Player sejak pertama kali diadakan. Siapa sajakah keenam nama tersebut?

1. Gheorghe Muresan
6 Pemain Asing yang Berhasil Meraih Gelar NBA Most Improved Player

Gheorghe Muresan merupakan salah satu pebasket tertinggi dalam sejarah penyelenggaraan NBA. Pebasket yang memiliki tinggi 231 cm ini ternyata pernah mendapatkan penghargaan NBA Most Improved Player pada tahun 1996.

Di musim tersebut, center berkebangsaan Rumania ini berhasil mengoleksi rataan 14,5 PPG, 9,6 RPG, dan 0,7 APG untuk Washington Bullets. Torehan tersebut juga berhasil membawanya unggul jauh dari George McCloud dan Terrel Brandon yang menjadi pesaing terdekatnya dalam perebutan gelar ini.

2. Boris Diaw
6 Pemain Asing yang Berhasil Meraih Gelar NBA Most Improved Player

Sepuluh tahun setelah Gheorge Muresan berhasil mendapatkan penghargaan NBA Most Improved Player, Boris Diaw akhirnya dinobatkan sebagai pemenang. Power forward asal Prancis ini berhasil tampil impresif di tahun tersebut dengan koleksi 13,3 PPG, 6,2 APG, dan 6,9 RPG bersama Phoenix Suns.

Sama seperti Gheorge Muresan, Boris Diaw juga berhasil unggul jauh dari David West dan Nenad Krstic yang menjadi pesaingnya. Padahal, jika dilihat dari rataan poin, Boris Diaw jelas kalah jauh dari David West, bahkan dari Chris Bosh yang berada di posisi kelima. Namun, rataan assist-nya juga berada di angka yang tinggi sehingga Diaw layak untuk mendapatkannya.

3. Hedo Turkoglu
6 Pemain Asing yang Berhasil Meraih Gelar NBA Most Improved Player

Pada tahun 2008, penghargaan NBA Most Improved Player jatuh kepada Hedo Turkoglu yang saat itu berseragam Orlando Magic. Di tahun tersebut, Hedo berhasil unggul jauh dari Rudy Gay dan LaMarcus Aldridge dengan rataan 19,5 PPG, 5,7 RPG, dan 5 APG sebagai seorang small forward.

Gelar tersebut menjadi satu-satunya penghargaan individu yang berhasil Hedo dapatkan di NBA. Kendati demikian, hingga kini Hedo masih dianggap sebagai pebasket asal Turki terbaik yang pernah bermain di NBA.

4. Goran Dragic
6 Pemain Asing yang Berhasil Meraih Gelar NBA Most Improved Player

NBA tahun 2014 menjadi pembuka jalan bagi karier cemerlang seorang Goran Dragic di NBA. Pasalnya di tahun tersebut, Dragic berhasil tampil apik dengan rataan 20,3 PPG, 3,2 RPG, dan 5,9 APG bagi Phoenix Suns yang berhasil membawanya naik level sekaligus menjadi pemenang penghargaan NBA Most Improved Player.

Point guard berkebangsaan Slovenia ini berhasil unggul jauh dari Lance Stephenson, Gerald Green, dan Anthony Davis dengan persentase vote sebesar 65 persen. Dengan performa hebatnya tersebut, Dragic juga berhasil masuk ke dalam All-NBA Third Team di tahun 2014.

5. Giannis Antetokounmpo
6 Pemain Asing yang Berhasil Meraih Gelar NBA Most Improved Player

Sebelum menjadi pebasket dengan label superstar seperti sekarang, penghargaan NBA Most Improved Player 2017 menjadi penghargaan bergensi pertama yang dimenangkan oleh Giannis Antetokounmpo. Hal tersebut memang tidak mengherankan karena Giannis memang tampil luar biasa dengan rataan 22,9 PPG, 8,8 RPG, dan 5,4 APG serta menjadi tulang punggung dari tim Milwaukee Bucks.

Angka tersebut berhasil membawa pria asal Yunani ini unggul jauh dari Nikola Jokic dan Rudy Gobert. Berkat penampilan cemerlangnya di musim tersebut, Giannis juga dinobatkan sebagai bagian dari NBA All-Star, All-NBA Second Team, dan NBA All-Defensive Second Team untuk tahun yang sama.

6. Pascal Siakam
6 Pemain Asing yang Berhasil Meraih Gelar NBA Most Improved Player

Pascal Siakam berhasil menunjukan kehebatannya pada tahun 2019 kala Ia berhasil menjadi bagian penting tim Toronto Raptors dan mengoleksi rataan 16,9 PPG, 6,9 RPG, dan 3,1 APG. Di tahun itu juga, Siakam berhasil mendapatkan penghargaan NBA Most Improved Player.

Dengan persentase 86 persen, power forward asal Kamerun ini berhasil mengungguli D’Angelo Russell dan De’Aaron Fox yang berada di posisi kedua dan ketiga. Kemenangan tersebut juga menjadi hasil yang istimewa karena pada akhir musim Ia berhasil membawa Toronto Raptors menjuarai NBA.

Sebelum masuk musim reguler, setiap tim memulai training camps (kamp pelatihan) pada akhir November. Kamp pelatihan ini diadakan oleh staf pelatih untuk mengevaluasi para pemainnya (terutama yang rookie), meneliti kekuatan tim dan kelemahannya, serta menentukan dua belas pemain utama yang akan berlaga di musim reguler. Setelah kamp pelatihan, ada sejumlah pertandingan persahabatan dengan sesama tim NBA. Akhir Oktober, musim reguler digelar.

Itulah pemain asing yang pernah menjadi pemenang NBA Most Improved Player. NBA musim 2021/2022 memang belum genap sebulan berjalan. Tetapi kandidat peraih penghargaan NBA Most Improved Player telah diprediksi akan diperebutkan beberapa nama, seperti Tyler Herro, Furkan Korkmaz, Michael Porter Jr., OG Anunoby, dan Jordan Poole. Menurutmu, akankah nama-nama tersebut akan menjadi salah satu pemenang? Atau kamu punya jagoan lain? Tulis di kolom komentar.