Marc Marquez Memberi Trofi GP Aragon ke Mendiang Hugo Milan

Marc Marquez Memberi Trofi GP Aragon ke Mendiang Hugo Milan

Marc Marquez Memberi Trofi GP Aragon ke Mendiang Hugo Milan – Marc Márquez Alentà adalah pembalap motor berkebangsaan Spanyol yang memiliki gelar juara dunia kelas 125cc pada tahun 2010, kelas Moto2 pada tahun 2012, dan kelas MotoGP tahun 2013, 2014, 2016, 2017, 2018, dan 2019. Ia adalah juara dunia termuda sepanjang sejarah MotoGP.

Marc Marquez membuat debutnya di kejuaraan pada tanggal 13 April 2008 kelas 125cc, di GP Portugal 2008 pada usia 15 tahun 56 hari. Dia adalah pembalap termuda spanyol yang berhasil merebut posisi pole dan podium di ajang kejuaraan MotoGP.

Marc Marquez mendedikasikan trofi GP Aragon yang dia dapat kepada mendiang Hugo Milan. Trofi ini dia kirimkan secara khusus kepada keluarga Milan yang berada di Huelva, Spanyol. Bersama dengan trofi itu, terselip sebuah pesan.

1. Marquez merasa Francesco Bagnaia
Marc Marquez Dedikasikan Trofi GP Aragon untuk Hugo Milan

Marquez pada akhirnya sukses menepati janji. Dia naik ke podium usai mempertontonkan sebuah kemampuan yang apik. Namun, pembalap asal Spanyol itu gagal meraih posisi pertama. Dia kalah saing dengan Francesco Bagnaia.

Akan tetapi. bukannya Marquez tidak berusaha meraih posisi pertama. Sepanjang balapan, tercatat ada tujuh upaya yang dilakukan Marquez untuk menyusul Bagnaia sepanjang balapan. Namun, Bagnaia yang memang juga tengah ciamik bersama Ducati, mampu mempertahankan posisinya.

2. Hugo Milan masuk deretan pembalap muda yang meninggal
Marc Marquez Dedikasikan Trofi GP Aragon untuk Hugo Milan

Hugo Milan adalah satu di antara tiga pemuda yang harus meregang nyawa di lintasan balap pada 2021 ini. Sebelumnya, ada nama Jason Dupasquier yang meninggal usai mengalami tabrakan di Mugello, dalam ajang Moto3.

Setelahnya, ada juga nama Dean Berta Vinales yang meninggal di lintasan balap dalam ajang World Supersport 300. Pembalap yang juga saudara dari Maverick Vinales ini meninggal selepas mengalami kecelakaan di Jerez.

3. Dorna sebut akan tingkatkan keamanan saat balapan
Marc Marquez Dedikasikan Trofi GP Aragon untuk Hugo Milan

Dorna, selaku operator balap MotoGP dan juga balapan-balapan motor kelas dunia lainnya, telah membentuk sebuah kelompok kerja khusus. Kelompok ini nantinya akan membuat sebuah aturan baru yang bakal meningkatkan keamanan bagi para pembalap muda.

Para pembalap kelas dunia lain, termasuk Marc Marquez, juga getol menyuarakan keamanan bagi para pembalap muda. Jangan sampai. talenta-talenta itu berhenti mekar hanya karena pihak otoritas balap tidak memperhitungkan, bahwa risiko terbesar balapan motor adalah nyawa si pembalap.

Márquez memperoleh podium pertamanya tanggal 22 Juni 2008 di GP Inggris 2008 pada usia 15 tahun 127 hari. Pada 2009, dia adalah pembalap pabrikan KTM dan di GP Prancis 2009, dia memperoleh posisi pole pertamanya pada usia 16 tahun 89 hari. Dia juga meraih pole di GP Spanyol 2010 tetapi dia terkena musibah pada lap pertama ketika pipa knalpotnya jatuh dan berada di bawah ban belakang, yang menyebabkan Márquez mengalami kecelakaan berat dan mencederai bahunya.Kemenangan pertamanya diraih pada tanggal 6 Juni 2010 di GP Italia 2010.

Kemenangan selanjutnya terjadi di GP Inggris 2010, GP Belanda 2010 dan GP Catalan 2010 yang menjadikan Márquez sebagai pembalap termuda yang memenangkan empat balapan berturut-turut. Kemenangan kelimanya diraih di GP Jerman 2010 dan menjadi kemenangan Derbi yang ke-100 di kejuaraan MotoGP. Márquez menjadi pembalap pertama sejak Valentino Rossi di 1997 yang memenangkan 5 balapan berturut-turut di balapan 125cc.[