Manfaat Angkat Beban yang Juga Terbukti Oleh Penelitian

Manfaat Angkat Beban yang Juga Terbukti Oleh Penelitian

Manfaat Angkat Beban yang Juga Terbukti Oleh Penelitian – Latihan beban adalah jenis paling umum dari latihan kekuatan untuk membangun kekuatan fisik dan menambah ukuran otot kerangka. Latihan angkat beban adalah jenis latihan kekuatan yang menggunakan beban untuk ketahanan.

Latihan ini memanfaatkan kekuatan gravitasi (dalam bentuk tongkat pengangkat beban yang dibebani cakram beban dari logam) untuk menimbulkan daya tekanan yang ditimbulkan otot melalui kontraksi konsentrik maupun kontraksi eksentrik. Latihan ini memberikan tekanan pada otot, membuatnya beradaptasi menjadi lebih kuat, mirip dengan cara pengondisian aerobik dalam memperkuat jantung.

Biasanya latihan ini bisa dilakukan dengan beban seperti barbel, dumbel, mesin beban, dan sebagainya. Umumnya latihan angkat beban sering dimanfaatkan untuk membentuk tubuh. Faktanya, manfaatnya tak cuma itu saja. Berikut ini manfaat angkat beban yang juga terbukti oleh penelitian.

1. Meningkatkan kesehatan jantung
5 Manfaat Unik Latihan Angkat Beban, Gak Banyak yang Tahu!

Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa latihan beban sangat bagus untuk jantung. Satu studi yang diterbitkan dalam jurnal Medicine and Science in Sports and Exercise menyimpulkan bahwa perempuan yang mengangkat beban 17 persen lebih kecil kemungkinannya untuk punya atau mengidap penyakit jantung, dibandingkan mereka yang tidak.

Studi lainnya dalam jurnal yang sama melaporkan bahwa kurang dari satu jam per minggu yang dihabiskan untuk olahraga angkat beban dapat mengurangi risiko serangan jantung atau stroke sebanyak 40 hingga 70 persen.

Apa yang membuat latihan baik untuk kesehatan jantung? Sebab, saat melatih otot, massa otot tanpa lemak meningkat. Ini membuat lebih banyak area untuk darah mengalir, yang mengurangi tekanan pada arteri.

2. Kualitas tidur yang lebih baik
5 Manfaat Unik Latihan Angkat Beban, Gak Banyak yang Tahu!

Penelitian yang diterbitkan dalam The European Journal of Applied Physiology menemukan bahwa latihan resistansi dan angkat beban dapat membantu sekelompok laki-laki yang lebih tua untuk mengurangi kebiasaan mereka terbangun tengah malam.

Sementara itu, penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Preventive Medicine Reports yang menampilkan sampel populasi yang jauh lebih besar (23.000 orang dewasa Jerman) melaporkan bahwa sejumlah latihan penguatan otot dikaitkan dengan peningkatan kualitas tidur.

3. Meningkatkan kesehatan mental
5 Manfaat Unik Latihan Angkat Beban, Gak Banyak yang Tahu!

Mengangkat beban dapat membantu kita terlihat lebih baik di luar, tetapi apa yang kita rasakan di dalam, yang mana sama pentingnya dalam aspek kesehatan.

Penelitian yang diterbitkan di The American Journal of Lifestyle Medicine menyimpulkan ada banyak bukti yang mendukung gagasan bahwa latihan beban secara teratur dapat membantu meningkatkan kepercayaan diri, mengurangi depresi, dan kecemasan.

Selain itu, sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Frontiers in Psychology melaporkan bahwa latihan angkat beban dan ketahanan dengan intensitas rendah hingga sedang dapat membantu menangani masalah kecemasan yang serius.

4. Meningkatkan angka harapan hidup
5 Manfaat Unik Latihan Angkat Beban, Gak Banyak yang Tahu!

Penelitian dari UCLA yang diterbitkan dalam The American Journal of Medicine menyimpulkan, semakin banyak massa otot yang dimiliki orang dewasa, semakin kecil kemungkinan orang tersebut meninggal dini.

Dengan kata lain, semakin besar massa otot, semakin rendah risiko kematian. Jadi daripada mengkhawatirkan berat badan atau indeks massa tubuh, kamu juga bisa mengupayakan untuk memaksimalkan dan mempertahankan massa otot.

5. Meningkatkan kinerja otak
5 Manfaat Unik Latihan Angkat Beban, Gak Banyak yang Tahu!

Latihan beban juga dapat membantu menjaga pikiran kita tetap sehat dan tajam. Studi dalam British Journal of Sports Medicine menemukan bahwa kombinasi latihan aerobik dan resistansi meningkatkan kognisi di antara sekelompok orang dewasa berusia 50 tahun ke atas.

Ada juga sejumlah penelitian juga yang menunjukkan bahwa mempertahankan otot kaki yang kuat sangat membantu dalam hal kesehatan otak. Diterbitkan dalam jurnal Gerontology, disebutkan kalau kekuatan kaki yang kuat di usia tua membantu melindungi dari penurunan kognitif.

Penelitian lainnya yang diterbitkan di jurnal Frontiers in Neuroscience melaporkan bahwa latihan kaki sangat penting untuk fungsi otak yang optimal. Menurut para peneliti, ketika kita mengangkat beban dengan kaki kita, itu mengirimkan pesan ke pikiran yang memerintahkannya untuk mulai memproduksi lebih banyak sel saraf. Unik, ya?