Lima Manfaat Jogging untuk Kesehatan Ginjal Agar Tetap Sehat

Lima Manfaat Jogging untuk Kesehatan Ginjal Agar Tetap Sehat

Lima Manfaat Jogging untuk Kesehatan Ginjal Agar Tetap Sehat – Ginjal adalah organ vital dalam tubuh yang berfungsi sebagai organ ekskresi dalam tubuh yang berbentuk mirip kacang dan terletak dibelakang perut atau abdomen. Faktanya, ginjal dapat menyeimbangkan kadar natrium, kalium dan kalsium yang melepaskan hormon untuk membantu mengatur tekanan darah.

Ginjal terletak di kanan dan kiri tulang belakang, di bawah hati dan limpa. Namun ketika sistem ini gagal, maka tidak dapat menyaring limbah dan penyakit ginjal pun terjadi.  Menurut National Kidney Foundation yang dilansir dari Fitnessandwellnessnews, olahraga bermanfaat bagi penderita penyakit ginjal dengan meningkatkan fungsi otot dan menurunkan tekanan darah.

Sedangkan jogging atau lari-lari kecil adalah olahraga ringan yang mudah dan efektif saat dilakukan. Nah, berikut informasikan 5 manfaat jogging untuk kesehatan ginjal agar tetap sehat dan tidak rusak :

1. Mengeluarkan keringat dan kelebihan garam dari tubuh
1. Mengeluarkan keringat kelebihan garam dari tubuh

Ternyata, olahraga jogging bisa memberikan kesehatan yang lebih besar dan membuat seseorang merasa lebih baik.

Ini karena jogging bisa mengeluarkan keringat. Saat berkeringat kamuakan melepaskan racun. Terutama melepaskan kelebihan garam dan kolesterol.

Dengan melakukan olahraga jogging dan menghasilkan keringat, maka dapat menurunkan risiko sakit ginjal dan membuat kinerja ginjal menjadi lebih ringan.

Jadi cobalah melakukan jogging setiap hari secara rutin selama lebih lima belas menit, tentu latihan tersebut membantu risiko penyakit ginjal menurun.

2. Menurunkan tekanan darah menjadi normal
2. Menurunkan tekanan darah menjadi normal

Dengan jogging secara rutin, kadar tekanan darah akan menjadi normal.

Pasalnya tekanan darah tinggi bisa menyebabkan kerusakan pada arteri, yang merupakan salah satu komponen penting ginjal.

Dengan berolahraga, tubuh jadi berenergi. Selain meningkatkan energi, manfaat lain dari olahraga mungkin termasuk menurunkan kadar lemak darah dan mengontrol berat badan yang lebih baik.

Oleh karena itu, sangat dianjurkan untuk kamu yang memiliki riwayat penyakit darah tinggi atau ginjal agar berolahraga jogging secara rutin.

3. Memerangi resistensi insulin secara alami
3. Memerangi resistensi insulin secara alami

Sebenarnya ada beberapa cara olahraga menurunkan gula darah, salah satunya dengan melakukan jogging.

Timesnownews memaparkan, jogging adalah bentuk olahraga yang ideal bagi penderita diabetes.

Ini karena jogging dapat membantu meningkatkan sensitivitas tubuh terhadap insulin dan memerangi resistensi insulin secara alami.

Itu artinya, jogging sangat dianjurkan untuk penderita penyakit ginjal agar membantu menurunkan kadar gula dalam darahnya.

4. Mengurangi tingkat penyerapan kalsium dalam ginjal
4. Mengurangi tingkat penyerapan kalsium dalam ginjal

Faktanya, batu ginjal bisa sangat mengganggu dan menyakitkan yang cenderung menimbulkan sensasi terbakar saat buang air kecil.

Dikutip dari Pristyncare, kamu harus menyadari bahwa olahraga memainkan peran penting pada tubuh. Olahraga bisa sangat efektif membantu meringankan sejumlah penyakit yang berhubungan dengan batu ginjal.

Artinya, jenis olahraga seperti jogging juga dapat mengurangi tingkat penyerapan kalsium dalam ginjal dan meminimalisir pembentukan batu ginjal.

Dengan kata lain, latihan fisik ini mampu menyehatkan ginjal dari risiko penyakit batu ginjal.

5. Membantu menggerakan otot tulang
5. Membantu menggerakan otot tulang

Jenis olahraga yang baik untuk kesehatan ginjal maupun tulang yakni berjalan, hiking, jogging dan tenis.

Dilansir dari Melioguide, berlari adalah latihan menahan beban sangat baik yang mencakup latihan menahan beban, keseimbangan, postur dan menjadi bagian dari program pengobatan osteoporosis.

Itu artinya, jogging mampu menggerakan otot tulang dan membuat otot-otot kaki ikut bergerak yang bagus untuk ginjal.

Dengan gerakan berulang ini, maka sangat baik dilakukan untuk mengobati penyakit ginjal.

Itulah kelima manfaat jogging untuk kesehatan ginjal. Sebelum memulai program olahraga apa pun, pastikan memeriksakan diri ke dokter terlebih dahulu.