Lakukan Lima Hal Ini Sebelum Melakukan Olahraga Lari

Lakukan Lima Hal Ini Sebelum Melakukan Olahraga Lari

Lakukan Lima Hal Ini Sebelum Melakukan Olahraga Lari – Jenis olahraga paling sederhana dengan segudang manfaat bagi tubuh adalah lari. Aktivitas fisik ini bermacam-macam jenisnya. Bisa lari jarak jauh, lari jarak dekat, maupun jogging alias lari kecil. Dengan olahraga lari teratur sekitar 30 menit selama lima kali per minggu, tentunya akan memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan.

Berlari dapat membantu mencegah obesitas, diabetes tipe 2, penyakit jantung, tekanan darah tinggi hingga stroke. Sementara berlari adalah latihan yang menarik, karena tidak memerlukan biaya maupun alat. Selain itu juga salah satu cabang olahraga yang paling simpel dan mudah.

Menurut Betterhealth, bahwa berlari menuntut lebih banyak upaya dari jantung, paru-paru dan otot yang sangat baik untuk meningkatkan kebugaran secara keseluruhan. Nah, sebelum memulai berlari kamu perlu melakukan 5 hal ini untuk menambah semangat yang sudah dirangkum oleh. Berikut ulasannya:

1. Baca kalimat motivasi untuk menyugesti diri sendiri agar lebih semangat
1. Baca kalimat motivasi menyugesti diri sendiri agar lebih semangat

Tentunya kamu memiliki harapan agar lebih semangat saat berolahraga tanpa memikirkan banyak hal.

Nah, sebelum berlari cobalah menggunakan kata-kata motivasi untuk menyugesti diri sendiri agar tetap terus bersemangat. Kalimat motivasi bisa diambil dari internet maupun novel.

Bahkan tidak hanya kata-kata motivasi saja, kamu bisa melihat beberapa tayangan yang menyajikan beragam motivasi luar biasa.

Kalimat motivasi adalah sebuah cara untuk pemberi semangat bagi seseorang yang ingin berolahraga lari. Kata motivasi bisa membuat kepercayaan diri jadi meningkat apabila sudah kelelahan saat berlari.

2. Menggunakan pakaian olahraga yang nyaman
2. Menggunakan pakaian olahraga nyaman

Hal kedua, jangan sampai salah kostum. Selain tidak nyaman, tentunya kamu juga jadi tidak maksimal saat berlari.

Pastikan pakaian olahraga yang dikenakan tidak mengganggu kenyamananmu dalam bergerak. Sebaiknya menggunakan bra khusus dan pakaian yang tidak terlalu ketat.

Biasanya pelari selalu menggunakan pakaian longgar, karena lari melibatkan gerakan tubuh yang sangat dinamis.

Pilihlah pakaian olahraga berbahan kombinasi katun, polyester dan spandex yang mampu menyerap keringat dengan baik dan dapat menunjang kinerja fisik secara maksimal saat berlari.

3. Mendengarkan lagu untuk menumbuhkan semangat
3. Mendengarkan lagu menumbuhkan semangat

Sebelum olahraga, kamu perlu membuat tubuh dan pikiran rileks.

Cara yang paling baik adalah mendengarkan musik sambil berolahraga. Kegiatan tersebut menjadi salah satu hal yang menyenangkan dan bisa menimbulkan semangat.

Pemilihan lagu untuk olahraga dengan tempo yang tepat maka dapat meningkatkan pengaruh positif dan memperkuat ketahanan saat berlari.

Musik dengan tempo lebih dari 120 bpm diyakini bisa memompa 15% semangat lebih besar dibanding kamu yang tidak mendengarkan musik ketika berolahraga. Sementara lagu yang memiliki tempo senada akan membuat olahraga lari jadi lebih maksimal.

4. Menyantap makanan berenergi sebelum dan sesudah berlari
4. Menyantap makanan berenergi sebelum sesudah berlari

Saat berolahraga, pastinya tubuh memerlukan energi ekstra.

Ketika berolahraga dengan kondisi perut kosong, kamu akan kehabisan energi, mual dan pusing. Kondisi tersebut membuat kamu kehilangan fokus maupun dorongan untuk melanjutkan lari.

Cobalah memakan makanan di waktu 60 menit sebelum berolahraga. Hal itu sangat penting dilakukan agar memiliki banyak energi dan memaksimalkan pembentukan otot serta pembakaran lemak.

Ada baiknya memilih makanan rendah gula, mengandung cukup protein dan kaya karbohidrat dengan porsi yang pas. Kamu bisa menyantap pisang atau kacang arab yang bisa menyediakan energi selama berlari.

Lalu usai berolahraga, 20 sampai dengan 30 menit pertama merupakan sebuah fase waktu memulihkan energi. Minumlah air kelapa yang mengandung protein dan elektrolit. Opsi lainnya bisa mengonsumsi yogurt yang mampu meningkatkan kemampuan tubuh untuk cepat pulih dari rasa lelah.

5. Relaksasi dengan menenangkan diri agar lebih rileks
5. Relaksasi menenangkan diri agar lebih rileks

Olahraga akan maksimal jika tubuh dalam kondisi yang maksimal. Meski sebenarnya mudah, melakukan olahraga lari malah paling banyak godaannya. Salah satunya rasa malas yang sering kali menjadi penggoda terbesar sebelum kamu mulai melakukannya.

Menenangkan pikiran adalah cara yang tepat. Lakukan relaksasi setidaknya 10 menit sebelum olahraga, sehingga energi bisa tersalur ke segala organ tubuh seperti tangan, kaki dan kepala.

Cobalah nenarik napas dalam-dalam dan meregangkan otot-otot yang kaku agar membuat kamu lebih rileks.