Lakukan Gerakan Berikut Untuk Mengusir Rasa Penat & Stres

Lakukan Gerakan Berikut Untuk Mengusir Rasa Penat & Stres

Lakukan Gerakan Berikut Untuk Mengusir Rasa Penat & Stres – Hampir setiap orang pernah mengalami stres. Namun, kondisi ini tidak boleh dibiarkan berlarut-larut. Agar stres tidak terus berlanjut sampai menimbulkan gangguan kesehatan, ada beragam cara mudah untuk mengatasi stres yang dapat Anda lakukan.

Stres merupakan kondisi yang sangat umum terjadi. Dalam kondisi normal, stres bisa memberikan dampak positif, misalnya membantu Anda bekerja lebih cepat ketika harus menyelesaikan tugas sebelum tenggat waktu. Sudah bukan rahasia lagi bahwa olahraga bisa menjaga kebugaran, kondisi mental, dan mengurangi stres.

Melansir Anxiety and Depression Association of America, olahraga terbukti efektif meningkatkan mood, kewaspadaan, konsentrasi, dan fungsi kognitif secara keseluruhan. Ingin mengusir stres, tetapi tidak mau melakukan olahraga yang terlalu berat?

1. Pose yoga downward facing dog
7 Gerakan Olahraga Ringan yang bisa Mengurangi Stres

Mengutip Everyday Health, yoga adalah latihan kekuatan yang membuat tubuh lebih fleksibel dan tangguh. Selain itu, yoga memicu respons relaksasi tubuh karena menggunakan pernapasan dalam.

Manfaat terbesarnya ialah bagi kesehatan mental, termasuk untuk manajemen stres. Salah satu gerakan yoga yang paling basic dan mudah dilakukan oleh pemula adalah downward facing dog atau adho mukha svanasana dalam bahasa Sansekerta.

Dilansir Healthline, pose yoga ini meregangkan otot-otot kaki belakang, memanjangkan tulang belakang, menenangkan sistem saraf, mengatasi sakit kepala, serta melepaskan stres.

Bagaimana cara melakukannya? Pertama, lakukan plank lalu dorong tangan ke depan sembari mengangkat pinggul ke atas dan regangkan kaki ke belakang. Pastikan kaki lurus dan tumit mengarah ke lantai. Tahan hingga 30 detik.

2. Peregangan kucing-unta
7 Gerakan Olahraga Ringan yang bisa Mengurangi Stres

Gerakan ringan berikutnya adalah peregangan kucing-unta (cat camel stretch). Namanya unik, ya? Ini merupakan latihan pemanasan yang baik dan bagus untuk fleksibilitas tulang belakang, dikutip Lifehack. Selain itu, peregangan bisa meredakan ketegangan otot, melepaskan stres, membantu tubuh rileks, dan membuat tidur lebih nyenyak, dilansir Wellness Corporate Solutions.

Mari kita coba mempraktikkan peregangan kucing-unta! Pertama-tama, posisikan tubuh seperti merangkak. Lalu, dorong punggung ke atas menyerupai punuk unta. Kemudian, turunkan punggung ke bawah hingga punggung atas melengkung dan perut maju ke depan. Lakukan ini berulang-ulang secara perlahan, setidaknya hingga 4-5 kali.

3. Jumping jacks
7 Gerakan Olahraga Ringan yang bisa Mengurangi Stres

Dari segi fisik, jumping jacks baik untuk kardiovaskular. Gerakan ini menyeimbangkan detak jantung, mengontrol dan menjaga tekanan darah, menurunkan kadar kolesterol jahat, meningkatkan sirkulasi darah ke seluruh tubuh, serta mencegah stroke atau serangan jantung, dilansir Femina India. Selain bermanfaat untuk fisik, jumping jacks baik bagi psikologis kita.

Gerakan ini mendorong pelepasan endorfin, yaitu hormon yang mencegah stres dan depresi serta mengatasi masalah sulit tidur. Cara melakukannya simpel, yaitu berdiri tegak lalu kedua kaki melompat keluar secara bersamaan dan kemudian kembali ke posisi semula. Mengutip PopSugar, lakukan gerakan ini terus-menerus selama 45 detik lalu istirahat selama 15 detik untuk mengambil napas dan lanjutkan lagi.

4. Side leg lift
7 Gerakan Olahraga Ringan yang bisa Mengurangi Stres

Ingin olahraga sambil rebahan? Lakukan saja gerakan side leg lift! Gerakan ini menargetkan paha luar, glute, dan pinggul. Asyiknya, kamu bisa mempraktikkan gerakan ini sambil melakukan aktivitas lain, seperti melihat televisi, membaca buku, menonton film, atau chatting. Dilansir PopSugar, awali dengan berbaring pada satu sisi, lalu angkat kaki bagian atas lebar-lebar. Ulangi hingga 20 kali repetisi, sebelum berganti posisi dengan kaki satunya.

Jika melakukan ini secara rutin, apa keuntungan yang kita dapatkan? Mengutip Healthline, stabilisasi tubuh dan rentang gerak menjadi lebih baik, meningkatkan daya tahan otot, mencegah cedera atau nyeri yang berhubungan dengan pinggul, lutut, dan punggung bawah, serta tentu saja menurunkan stres!

5. Gerakan yoga balasana
7 Gerakan Olahraga Ringan yang bisa Mengurangi Stres

Bukan hal yang aneh jika pose yoga memberikan ketenangan hati dan menurunkan stres. Salah satunya seperti balasana atau pose anak. Mengutip Ayurveda Magazine, gerakan ini bisa menghempaskan stres dan kelelahan serta meningkatkan sirkulasi darah.

Pertama-tama, duduk di lantai dengan menekuk kaki ke belakang dan pastikan jari-jari kaki rapat. Sambil mengembuskan napas, turunkan tubuh dan rentangkan kedua tangan ke depan.

Kurang lebih gerakan balasana mirip seperti sedang menyembah sesuatu. Setidaknya, tahan pose ini minimal 30 detik sambil mengatur pernapasan. Jika mulai mahir, tingkatkan menjadi 45-60 detik.

6. Bicycle crunch
7 Gerakan Olahraga Ringan yang bisa Mengurangi Stres

Satu lagi gerakan yang bisa kamu lakukan sambil berbaring, yaitu bicycle crunch. Mengutip InShape, gerakan ini menargetkan transversus abdominis atau perut dalam, memperkuat inti, memperbaiki postur dan daya tahan, serta meningkatkan koordinasi.

Untuk melakukannya, mulai dengan berbaring telentang di lantai. Lalu, tekuk lutut dan tempatkan tangan di belakang kepala. Perlahan-lahan, angkat lutut dengan sudut 90 derajat seolah sedang mengayuh pedal sepeda, dilansir Verywell Fit.

Lakukan bergantian dengan kaki satunya. Setidaknya, ulangi hingga 12-20 kali repetisi dan tiga set. Agar suasana makin hidup, putar musik favoritmu. Dijamin, setelah melakukan gerakan bicycle crunch, kamu akan berkeringat dan stres berkurang!

7. Gerakan taici
7 Gerakan Olahraga Ringan yang bisa Mengurangi Stres

The last one, tidak ada salahnya mencoba taici. Ini adalah seni bela diri China kuno yang memadukan gerakan fisik dengan seni mengatur napas. Taici disebut-sebut dapat mengurangi stres, kekhawatiran, meningkatkan fleksibilitas dan energi, serta membuat tidurmu lebih nyenyak.

Taici memiliki 13 postur utama yang saling berkelanjutan. Mengutip Tai Chi and Qigong, postur yang dimaksud ialah peng (menangkal), lu (memutar kembali), chi (menekan), an (mendorong), tsai (tarik ke bawah), lieh (terpisah), chou (serangan siku), kao (pukulan bahu), chin (maju), tui (mundur), ku (lihat ke kiri), pan (lihat ke kanan), dan ting (tengah).

Untuk memudahkan, cari gambar gerakan ini di internet beserta panduannya. Selain itu, bisa dengan menonton video di YouTube atau platform lain. Akan lebih baik lagi jika kita diajarkan langsung oleh instruktur taici yang kompeten.

Stres yang berkepanjangan bisa memicu berbagai penyakit. Ketika stres, tubuh melepaskan hormon kortisol dan adrenalin yang membuat kerja jantung menjadi lebih cepat. Hormon-hormon tersebut juga bisa membuat Anda merasa mudah lelah.

Selain itu, daya tahan tubuh seseorang yang sedang stres juga akan menurun. Tubuh menjadi sulit melawan virus atau bakteri dan Anda pun lebih mudah terkena penyakit. Ada beberapa penyakit yang bisa Anda alami saat stres, antara lain:

  • Gangguan pencernaan, seperti iritasi usus besar, kolitis ulseratif, gastriris, dan GERD
  • Masalah pada kulit dan rambut, seperti rambut rontok permanen, eksim, psoriasis, dan jerawat
  • Disfungsi seksual, seperti ejakulasi dini, impotensi, dan hilangnya hasrat seksual
  • Gangguan menstruasi, juga memperparah gejala PMS
  • Obesitas dan gangguan makan lainnya
  • Penyakit kardiovaskular, seperti stroke, serangan jantung, tekanan darah tinggi, dan penyakit jantung
  • Gangguan mental, seperti kecemasan, depresi, dan gangguan kepribadian
  • Sakit kepala
  • Gangguan tidur

Agar stres tidak semakin berat atau menimbulkan masalah kesehatan, penting bagi setiap orang untuk bisa mengurangi dan mengendalikan stres dengan baik.