Kontrak Supermax Akan Diberikan ke Para Pemain NBA Berikut

Kontrak Supermax Akan Diberikan ke Para Pemain NBA Berikut

Kontrak Supermax Akan Diberikan ke Para Pemain NBA Berikut – National Basketball Association ( Asosiasi Bola Basket Nasional) atau dikenal dengan singkatan NBA adalah liga bola basket pria di Amerika Serikat dan merupakan liga basket paling bergengsi di dunia. NBA didirikan di New York City pada 6 Juni 1946 dengan nama Basketball Association of America (BAA).

Pada saat ini, di kompetisi NBA, terdapat 30 klub yang masing-masing berpusat di satu kota, kecuali Los Angeles yang mempunyai dua tim, yaitu Los Angeles Lakers dan Los Angeles Clippers. NBA merupakan liga bola basket terbesar di dunia. Hal ini membuat para pemainnya pun dibayar sangat mahal.

Namun, untuk mendapatkan bayaran besar tersebut, mereka harus menampilkan penampilan luar biasa di tiap pertandingan.  Setidaknya, mereka bisa membawa timnya menjadi kandidat juara. Jika mereka bisa melakukannya, klub akan memberikan kontrak supermax. Musim ini banyak pemain muda yang mendapatkan kontrak tersebut, namun ada juga nama veteran yang masih sanggup memberi penampilan terbaiknya.

1. Shai Gilgeous-Alexander – Oklahoma City Thunder
9 Pemain NBA yang Mendapatkan Kontrak Supermax Musim Ini

Shai Gilgeous-Alexander menjalani musim terbaiknya musim lalu bersama Oklahoma City Thunder. Pemain asal Kanada ini sukses mencetak 23,7 poin, 4,7 rebound, dan 5,9 assist per game. Catatan itu membuatnya menjadi tulang punggung timnya sepanjang musim lalu.

Namun, karena rekannya banyak yang masih muda dan kurang berpengalaman, musim lalu Thunder hanya menempati peringkat ke-14 di wilayah barat. Penampilan briliannya membuat Thunder menyodorkan kontrak sebesar Rp2,4 triliun untuk mengikatnya selama 5 musim.

2. Julius Randle – New York Knicks
9 Pemain NBA yang Mendapatkan Kontrak Supermax Musim Ini

Tak ada yang menyangka New York Knicks akan berada pada peringkat ke-4 wilayah timur musim lalu. Padahal, pada beberapa musim sebelumnya mereka tak mampu masuk ke babak playoff. Hasil tersebut tak lepas dari peran Julius Randle yang sukses mencatatkan 24,1 poin, 10,2 rebound, dan 6 assist per game.

Berkat catatan itu, untuk pertama kalinya ia masuk all star dan dianugerahi gelar Most Improve Player of Ther Year. Knicks pun dengan cepat menawarkan kontrak berdurasi 4 musim dengan nilai Rp1,6 triliun agar ia tak pergi ke tim lain. Akankah musim depan ia mampu membuktikan bahwa ia layak dibayar semahal itu?

3. Michael Porter Jr – Denver Nuggets
9 Pemain NBA yang Mendapatkan Kontrak Supermax Musim Ini

Denver Nuggets baru saja memberikan kontrak supermax dengan nilai Rp2,4 triliun berdurasi lima musim kepada Michael Porter Jr. untuk menahannya di Denver. Bukan tanpa alasan Nuggets memberikan kontrak tersebut. Ia tampil impresif dengan catatan 19,1 poin, 7,3 rebound, dan 1,1 assist.

Ia berhasil menjadi pengganti yang sepadan ketika Jamal Murray harus absen akibat cedera. Kombinasinya dengan Nikola Jokic sukses membawa Nuggets menempati peringkat ke-4 wilayah barat. Sayang mereka harus tersisih pada babak semifinal wilayah barat dari Phoenix Suns.

4. Trae Young – Atlanta Hawks
9 Pemain NBA yang Mendapatkan Kontrak Supermax Musim Ini

Trae Young tampil luar biasa bersama Atlanta Hawks musim lalu. Ia merupakan pemain kunci timnya yang sukses mencapai partai final wilayah timur. Trae mencatatkan 25,2 poin per game selama musim reguler. Catatan itu semakin meningkat ke 28,8 poin per game selama babak playoff.

Satu hal yang tak dapat dilupakan adalah ketika ia membuat seluruh penonton di Madison Square Garden terdiam begitu membawa Hawks menang melawan New York Knicks. Atlanta pun tak ragu memberinya kontrak berjangka waktu 5 musim senilai Rp2,4 triliun.

5. Jimmy Butler – Miami Heat
9 Pemain NBA yang Mendapatkan Kontrak Supermax Musim Ini

Jimmy Butler merupakan pemain paling penting bagi Miami Heat sejak kedatangannya pada tahun 2019 lalu. Pada musim pertamanya, ia bahkan membawa Heat masuk ke final setelah menumbangkan banyak tim kuat di wilayah timur. Sayang, musim lalu langkah Heat tak sampai sejauh itu.

Meski begitu, penampilan Jimmy tak pernah mengecewakan. Ia masih mampu mencatatkan 21,5 poin, 6,9 rebound, dan 7,1 assist per game. Tak mau kehilangan pemain bintangnya, Heat pun mengikatnya selama 3 musim dengan nilai kontrak mencapai Rp1,9 triliun.

6. Joel Embiid – Philadelphia 76ers
9 Pemain NBA yang Mendapatkan Kontrak Supermax Musim Ini

Joel Embiid sebenarnya bisa meraih gelar MVP musim lalu jika ia tak sering absen akibat cedera. Meski begitu, ia masih mampu membawa Philadelphia 76ers menjadi pemuncak wilayah timur musim lalu. Embiid juga mencatatkan 28,5 poin dan 10,6 rebound per game.

Sayang, ketika memasuki babak playoff, timnya hanya mampu mencapai babak semifinal wilayah timur. 76ers kala itu harus mengakui keunggulan Atlanta Hawks dalam tujuh game. Namun, itu tak membuat 76ers ragu untuk menyodorinya kontrak dengan durasi 4 musim senilai Rp2,8 triliun.

7. Luka Doncic – Dallas Mavericks
9 Pemain NBA yang Mendapatkan Kontrak Supermax Musim Ini

Luka Doncic memang sudah menjadi sensasi sejak kedatangannya di NBA pada musim 2018 lalu. Ia mampu membuat Dallas Mavericks selalu masuk babak playoff dalam dua musim terakhir. Musim lalu, meski kalah, ia mampu memaksa Los Angeles Clippers yang diperkuat Kawhi Leonard dan Paul George hingga memainkan game ke-7.

Dalam game tersebut, Doncic tampil luar biasa dengan menorehkan 35,7 poin, 7,9 rebound, dan 10,3 assist. Mavericks pun tanpa ragu langsung memberinya kontrak dengan nilai Rp2,9 triliun. Kesepakatan itu akan membuatnya bertahan di Dallas untuk 5 musim ke depan.

8. Stephen Curry – Golden States Warriors
9 Pemain NBA yang Mendapatkan Kontrak Supermax Musim Ini

Stephen Curry mengalami musim yang berat dalam dua musim terakhir setelah ditinggal Kevin Durant ke Brooklyn Nets dan cederanya Klay Thompson. Bahkan, Golden States Warriors tak mampu mencapai babak playoff, padahal sebelumnya mereka langganan masuk final.

Meski begitu, performanya musim lalu masih luar biasa. Curry sukses mencetak 32 poin, 5,5 rebound, dan 5,8 assist per game. Berkat penampilannya itu, ia meraih titel scoring champion. Warriors yang tak mau kehilangan dirinya pun memberi kontrak senilai Rp2,8 triliun berdurasi 3 musim.

9. Kevin Durant – Brooklyn Nets
9 Pemain NBA yang Mendapatkan Kontrak Supermax Musim Ini

Meski baru pulih dari cedera yang membuat absen selama satu musim penuh, siapa sangka performanya masih sangat baik musim lalu. Bersama Brooklyn Nets, Durant mencatatkan 26,9 poin per game pada musim reguler dan pada babak playoff ia meningkatkannya menjadi 34,3 poin per game.

Andai saja James Harden dan Kyrie Irving tak mengalami cedera pada tengah musim, bukan tak mungkin Nets yang akan juara musim lalu. Nets pun menawarkan kontrak berdurasi 4 musim senilai Rp2,7 triliun kepadanya. Kini dengan mewahnya skuad Nets, akankah mereka bisa menjadi juara?

Menerima kontrak supermax menjadi prestasi tersendiri bagi seorang pemain sebab mereka dianggap sebagai pemain penting dan bisa membawa gelar juara. Selain itu, tim pun tak mau kehilangan bintang mereka.

Sebelum masuk musim reguler, setiap tim memulai training camps (kamp pelatihan) pada akhir November. Kamp pelatihan ini diadakan oleh staf pelatih untuk mengevaluasi para pemainnya (terutama yang rookie), meneliti kekuatan tim dan kelemahannya, serta menentukan dua belas pemain utama yang akan berlaga di musim reguler. Setelah kamp pelatihan, ada sejumlah pertandingan persahabatan dengan sesama tim NBA. Akhir Oktober, musim reguler digelar.

NBA menggelar musim reguler dengan setiap tim sebanyak bertanding 82 kali melawan klub-klub lain, dengan masing-masing 41 pertandingan kandang dan tandang. Rincian jadwalnya, setiap tim memainkan empat pertandingan melawan tim yang satu divisi, empat pertandingan melawan enam tim dari dua divisi yang lain, dan sisanya (empat tim) dimainkan sebanyak tiga pertandingan.

Terakhir, setiap tim bertanding dengan semua tim dari wilayah yang berbeda, masing-masing dua pertandingan. Pada Hari Natal, di mana kompetisi atau liga lain berlibur, NBA tetap menggelar pertandingan (berlangsung sejak tahun 1947).