KOI Siapkan Dana Dengan Total Rp854 Juta Untuk Seluruh Atlet

KOI Siapkan Dana Dengan Total Rp854 Juta Untuk Seluruh Atlet

KOI Siapkan Dana Dengan Total Rp854 Juta Untuk Seluruh Atlet – Komite Olimpiade Indonesia (disingkat KOI) adalah komite olimpiade nasional  (national olympic committee) Indonesia. KOI melaksanakan keikutsertaan Indonesia dalam pekan olahraga internasional seperti Olimpiade, Asian Games, SEA Games, dan lain-lain.

Fungsi ini sebelumnya merupakan bagian dari fungsi Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) dan dipisahkan dari KONI sesuai dengan Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2005 tentang Sistem Keolahragaan Nasional dan Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2007 tentang Penyelenggaraan Pekan dan Kejuaraan Olahraga. KOI diterima menjadi anggota Komite Olimpiade Internasional (IOC) pada tanggal 11 Maret 1952

Komite Olimpiade Indonesia (KOI) menyiapkan idn poker app dana hibah dengan total 59 ribu dolar AS atau sekitar Rp854 juta untuk seluruh atlet dan ofisial yang akan berangkat ke Olimpiade Tokyo 2020. Dana tersebut bakal digunakan kontingen Indonesia sepanjang keikutsertaan di Olimpiade.

1. Tiap atlet dijamin didukung KOI
Kontingen Indonesia di Olimpiade Tokyo Diguyur Rp854 Juta

Ferry menjelaskan tiap atlet akan menerima support grant dari KOI. Menurut dia, yang akan menerima support grant adalah para atlet yang masuk lapangan atau turun bertanding.

“Saat mereka masuk lapangan, kami akan berikan 1.500 dolar AS per orang sebagai bentuk dukungan hibah dari program Olympic Solidarity,” ujar Ferry.

Artinya, tiap atlet yang turun bertanding akan menerima sekitar Rp22 juta.

2. Pelatih juga dapat perlakuan sama
Kontingen Indonesia di Olimpiade Tokyo Diguyur Rp854 Juta

Tak hanya atlet, para pelatih yang anak asuhnya turun ke lapangan di Olimpiade Tokyo 2020 juga akan menerima support grant dari KOI.

“Pelatih akan mendapatkan 1.000 dolar bagi yang atletnya masuk lapangan,” ujar Ferry.

Artinya para pelatih akan menerima lebih kurang Rp14,5 juta. Support grant bagi para atlet dan pelatih akan diberikan secara tunai oleh KOI.

3. KOI sudah salurkan dana jelang Olimpiade
Kontingen Indonesia di Olimpiade Tokyo Diguyur Rp854 Juta

Ferry menjelaskan, ini bukan kali pertama KOI menyalurkan dana untuk persiapan Olimpiade Tokyo 2020. Sebelumnya, 11 cabang olahraga telah menerima bantuan bernilai 2.000 dolar AS.

“Subsidi di akhir tahun lalu 2.000 dolar untuk 11 cabang olahraga. Totalnya 22.000 dolar untuk penundaan kualifikasi Olimpiade,” ujar Ferry.

Kesebelas cabang olahraga yang menerima bantuan tersebut adalah atletik, angkat besi, bulu tangkis, basket (3×3), balap sepeda, karate, menembak, panahan, renang, selancar ombang, dan sport climbing.

KONI menyelenggarakan Musornas Luar Biasa (Musornaslub) pada 30 Juli yang membentuk Komite Olimpiade Indonesia (KOI) dan menyerahkan fungsi sebagai NOC Indonesia dari KONI kepada KOI kembali. Nama KONI tetap dipertahankan dan tidak diubah menjadi KON.