Kesalahan yang Merusak Latihan Olahraga Jadi Tidak Sehat

Kesalahan yang Merusak Latihan Olahraga Jadi Tidak Sehat

Kesalahan yang Merusak Latihan Olahraga Jadi Tidak Sehat – Olahraga adalah gerak badan untuk menguatkan dan menyehatkan tubuh, seperti contohnya sepak bola, berenang, dan lempar lembing. Olahraga memberikan banyak manfaat bagi fisik maupun mental. Karena alasan ini, banyak orang yang memasukkan olahraga ke dalam rutinitas harian mereka.

Olahraga juga bisa diartikan sebagai aktivitas yang melibatkan fisik dan keterampilan dari individu atau tim, dilakukan untuk hiburan. Yang mungkin tidak banyak orang sadari adalah beberapa kesalahan ternyata dapat memengaruhi kesehatan, bahkan membuat olahraga jadi berbahaya.

Berikut adalah beberapa kesalahan yang merusak latihan dan mungkin berkontribusi pada terjadinya plateau. Juga, apa yang seharusnya kamu lakukan untuk mencapai tujuan olahraga.

1. Tidak melakukan peregangan
5 Kesalahan Ini Bikin Olahraga jadi Tidak Sehat, Hati-hati!  

Peregangan adalah hal yang wajib dilakukan sebelum olahraga, tetapi kebanyakan orang justru melewatkannya. Peregangan memberikan otot-otot pemanasan yang dibutuhkan, memperbaiki postur, dan meningkatkan fleksibilitas. Tanpa peregangan, ini menempatkan otot pada risiko kontraksi, menjadi padat, tidak seimbang, bahkan kejang.

WebMD merekomendasikan untuk melakukan peregangan pada setiap kelompok otot utama selama 60 detik per latihan. Jadi, pilihlah peregangan berdasarkan latihan yang kamu lakukan dan area mana yang kamu targetkan.

2. Mengangkat beban yang terlalu berat  
5 Kesalahan Ini Bikin Olahraga jadi Tidak Sehat, Hati-hati!  

Kamu mungkin berniat meningkatkan level latihan dengan mengangkat beban yang lebih berat. Namun, apa yang kamu rasakan kemudian? Otot menjadi sangat sakit bukan? Nah, ini bisa jadi karena kamu sudah melampaui batas kapasitasmu.

Aaptive menjelaskan bahwa mendorong diri terlalu keras dan tidak memberi tubuh cukup waktu untuk pulih, dapat menyebabkan kelelahan, kehilangan otot, dan cedera. Jadi, untuk melatih kekuatan, mulailah dengan dumbel yang ringan. Kemudian, pindah ke jumlah berat sedang dengan cara yang terkontrol.

3. Tidak cukup minum  
5 Kesalahan Ini Bikin Olahraga jadi Tidak Sehat, Hati-hati!  

Dikutip dari laman Precor, dehidrasi adalah masalah utama yang rentan dialami para olahragawan dan mereka yang terlibat dalam latihan yang menantang. Saat berkeringat, tubuh membuang racun dan mendinginkan diri melalui keringat.

Sebagian besar komposisi tubuh manusia terdiri dari air, dan saat kita gagal mengisi kembali cairan tubuh, kamu berisiko mengalami kelesuan, haus, pusing, dan kecelakaan. Karena alasan ini, penting bagi kamu untuk selalu membawa air saat berolahraga, di mana pun kamu berolahraga.

4. Melakukan rutinitas yang sama  
5 Kesalahan Ini Bikin Olahraga jadi Tidak Sehat, Hati-hati!  

Setelah akhirnya menemukan olahraga yang dirasa cocok, kebanyakan orang kemudian menjadikannya rutinitas. Setelah dijalani beberapa saat, kebiasaan ini kemudian terasa membosankan. Untuk itu, jangan jatuh ke dalam kebiasaan kebugaran.

Olahraga melibatkan mencoba hal-hal baru dan memberi tubuh cara-cara baru untuk menantang dirinya sendiri dan meningkatkan diri. Melakukan hal yang sama dari hari ke hari hanya akan membuat tubuh mencapai keadaan plateau.

Menurut Women’s Health, idealnya kamu mengganti latihan setiap empat hingga enam minggu. Ini memberi tubuh waktu untuk mengidentifikasi aktivitas yang kamu sukai dan apa yang perlu kamu tingkatkan.

5. Nutrisi buruk  
5 Kesalahan Ini Bikin Olahraga jadi Tidak Sehat, Hati-hati!  

Ketika tubuh tidak mendapatkan nutrisi yang cukup dari makanan utuh, latihan yang kamu lakukan tidak akan bermanfaat. Jika kamu hanya makan karbohidrat sederhana dan makanan olahan, maka kamu tidak akan melihat banyak peningkatan meskipun sudah berlatih keras.

Laman Aaptiv menyarankan makan makanan utuh, seperti sayuran, buah-buahan, dan biji-bijian, untuk melihat peningkatan tonus otot, pertumbuhan, dan kekuatan. Makan sehat dapat membantu menghindari perasaan lesu, perubahan suasana hati, bahkan kenaikan berat badan.